11 Hal yang tidak perlu kamu bagikan di akun media sosial

11 Hal yang tidak perlu kamu bagikan di akun media sosial – Media sosial yang saat ini beredar di tengah-tengah masyarakat cukup banyak. mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Path atau media yang lain. setiap orang yang mempunyai smartphone minimal ada 2 akun sosial media yang aktif.

11 Hal yang tidak perlu kamu bagikan di akun media sosial
Hal yang tidak perlu anda lakukan. (source pic : www.pixabay.com)

11 Hal yang tidak perlu kamu bagikan di akun media sosial

Tetapi beda orang beda juga penggunaan sosial media, memang apapun yang di upload dan di share si pemilik media sosial itu adalah hak si pemilik, tetapi pengguna yang bijak harus memilah dan memilih hal apa saja yang harus di upload dan tidak di upload di sosial media.

Berikut Hal yang tidak perlu kamu bagikan di akun media sosial :

1. Share barang-barang baru

Sengaja atau tidak ketika anda meng-upload barang-barang baru yang anda miliki akan menjadi konflik sosial di media sosial. memang terkadang banyak orang yang tidak melakukan hal frontal untuk mengkritik anda di sosial media, tetapi mereka berpikir bahwa anda seorang yang suka pamer, tanpa harus bertanya ke anda terlebih dahulu.

2. Share prestasi diri sendiri 

Kadang jika kita memiliki sesuatu yang menurut kita sendiri itu berprestasi, secara sadar atau tidak anda ingin saja meng-share prestasi anda tersebut, ada teman yang turut bangga dan mendoakan hal baik, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa yang anda lakukan adalah “mencari perhatian saja”.

Menurut saya, untuk masalah prestasi sebaiknya biar orang lain yang mem-publikasikan (jika ada), jangan diri anda sendiri dan apalagi meng-share di sosial media rencana yang belum terealisasi. terkadang ada teman yang iseng untuk menagih rencana anda tersebut.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  11 Alasan orang ingin menjadi pegawai negeri sipil atau PNS

3. Share Barang mewah

Memiliki barang mewah bagi kebanyakan orang merupakan suatu kebanggaan, tetapi dengan culture ekonomi yang berbeda-beda, hal ini jangan atau tidak perlu anda lakukan karena akan banyak menilai bahwa anda adalah orang yang suka pamer, dan yang paling berbahaya para teman anda di sosial media anda mulai “kepo” mencari pembalasan argumen tentang postingan anda tersebut.

Misalnya : “Alah Mobil-nya di beliin Bokapnya aja, Bangga”  😆 

4. Share Uang banyak

Memiliki uang banyak memiliki kebanggaan sendiri, apalagi dengan hasil kerja keras sendiri. tetapi jika anda share foto uang anda atau foto rekening bank anda. akan menjadi masalah, apalagi orang jahat. akan membuat rencana atau modus untuk mencuri uang anda. maka berhati-hatilah

5. Share Keburukan orang lain

Sosial media menjadi tempat berbagi yang salah satunya adalah menampilkan keburukan orang lain. terkadang tukang share tersebut tidak mengetahui apa keburukan dia sendiri. padahal suatu kebaikan dan keburukan yang menilai itu adalah orang lain. dan bercerminlah..

6. Share sedang liburan

Jika anda sedang liburan, jangan share foto-foto saat anda liburan. sebaiknya anda share 1-2 minggu setelah anda liburan. kenapa seperti itu? hal tersebut akan menjadi blunder apabila anda mengambil cuti dengan izin acara keluarga, tetapi di sosial media nyatanya anda terlihat sedang liburan di lombok atau di bali. kena deh!!!

Selain itu menjadi pengaruh buruk bagi teman anda di kantor, mereka tidak akan fokus bekerja ketika anda share foto liburan anda.

7. Share sedang makan di restoran mewah

Sering lihat foto ada orang makan di tempat-tempat mewah, ya pada dasarnya gak apa-apa sih, tetapi ketika orang yang melihat ada yang berpendapat bahwa kamu ingin di bilang orang yang berada. padahal jika orang berada kan tidak harus share di tempat mewah juga kan.  😆

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  9 Alasan untuk menjawab telepon dari sales kartu kredit

8. Share lokasi

Banyak kasus di televisi, seseorang di culik atau di curi barang-barangnya. salah satu faktornya adalah pada setiap postingan anda menyertakan lokasi. setiap orang mengetahui posisi anda pada saat itu, tetapi akan menjadi bahaya untuk keselamatan anda sendiri. karena kejahatan terjadi tidak hanya dari niat pelaku tetapi ada kesempatan waspadalah..waspadalah

9. Share identitas pribadi

Dan berhati-hatilah anda ketika anda pernah share identitas pribadi, seperti nomor ktp atau nomor kartu keluarga. serta nomor telepon dan hal-hal pribadi yang lainnya. kenapa? bisa saja data tersebut dapat di gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. dan jika terjadi akan merugikan anda tentunya.

10. Share Mengeluh dan Menghina

Banyak orang yang berada di sosial media mem-posting keluhannya. tahu kah anda, sebagain besar orang hanya akan like dan koment sabar ya.. dan tidak memberikan solusi dengan permasalah kamu, jadi rasanya ga penting untuk mem-posting hal tersebut.

Menghina, apalagi. sebaiknya hal ini dimana pun dan kapan pun jangan anda lakukan.

11. Share Berdoa dan Berterima kasih kepada tuhan

Dan share terakhir adalah anda berdoa, berterimakasih dan bersyukur kepada tuhan. ntah memang niat anda baik atau sengaja bahwa anda ingin menunjukan ahli ibadah. hal ini akan berdampak negatif untuk anda. biarkanlah aib dan ibadah mu kamu sendiri yang tahu.

Demikianlah artikel opini kami kali ini tentang 11 Hal yang tidak perlu kamu bagikan di akun media sosial. semoga bermanfaat bagi pembaca dan beberapa referensi saya ambil dari artikel di website www.tipspintar.com

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.