13 Pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa sambil kuliah

13 Pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa sambil kuliah – Selain di tugaskan sebagai pelajar dan pembelajar, mahasiswa juga dituntut untuk mandiri dalam segala hal. bahkan banyak mahasiswa yang memenuhi kebutuhan pribadinya seperti jajan, isi pulsa dan kuota dari hasil mereka bekerja, lah kok bisa? mahasiswa bisa kuliah dan bekerja?

13 Pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa sambil kuliah
13 Pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa sambil kuliah (sumber gambar : www.pixabay.com)

13 Pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa sambil kuliah

Tentu saja bisa, tetapi carilah pekerjaan yang bisa dilakukan part time atau paruh waktu serta dapat menyesuaikan dengan jadwal kuliah. berikut beberapa pekerjaan yang saya temui oleh mahasiswa saya, walaupun bekerja mereka tetap bisa menjalankan kuliah seperti biasa.

13 Pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa sambil kuliah :

1. Asisten Dosen

Untuk point pertama ini yang memungkin kan kamu bekerja tanpa harus meninggalkan kuliah, karena sebagai asisten dosen jadwal antara kamu sebagai mahasiswa yang harus masuk ke kelas akan di sesuaikan dengan jadwal pekerjaan kamu, dan dosen kamu pasti memaklumi nya.

2. Magang di Unit/Biro di Kampus

Di kampus tempat saya mengajar dan mengabdi, menyediakan pekerjaan part time untuk mahasiswa, istilahnya magang tetapi bukan asisten dosen. biasanya mahasiswa dipekerjakan di Biro-biro atau unit-unit yang ada di kampus, sekali lafi waktunya sangat fleksibel untuk jadwal kuliah kamu

3. Blogger atau Youtubers

Point ke tiga ini sebenarnya bukan mahasiswa, dosen seperti saya pun dapat melakukannya. di luar pekerjaan saya dapat membuat 1 atau 2 postingan blog saya, serta membuat video tutorial di Youtube Channel saya. apalagi mahasiswa yang berlimpah ruah waktu kosongnya, anda dapat manfaatkan itu.

4. Penulis Content Blog atau website

Salah satu pekerjaan yang ada bisa lakukan bersamaan adalah penulis content. pekerjaan ini biasanya dibuka lowongannya salah satunya adalah para blogger yang memang sudah berpenghasil. dengan target postingan yang banyak per hari nya dan tidak mungkin mereka cover sendiri, sehingga mereka membayar orang untuk mengisi content blog mereka.

5. Driver Ojol (Ojek Online)

Pekerjaan yang dapat part time untuk mahasiswa, dan menurut saya pekerjaan ini menjadi trend di daerah saya karena saja beberapa bulan yang lalu masuk gojek, grab dan uber di daerah saya. tidak hanya mahasiswa, dosen dan profesi lainnya dapat “nyambi” melakukan pekerjaan ini. yang penting hal dan tidak malu yah..

6. Jasa service laptop dan komputer

Khususnya kamu mahasiswa IT, kamu dapat membuka jasa service laptop atau komputer. dengan tarif yang tidak terlalu mahal. kamu dapat promosikan khususnya di wilayah kampus seperti teman-teman, dosen ataupun karyawan di kampus. dan kamu dapat berbagi juga informasi lewat sosial media dan broadcast di chat messanger

7. Guru Private

Jika kamu memiliki kemampuan lebih dalam satu atau dua mata kuliah atau pelajara, tidak salah kalau kamu menjadi guru private, karena waktunya fleksibel biasanya malam. makan pekerjaan kamu ini dapat mendukung kuliah kamu. dan pastinya kamu akan memeliki penghasilan sendiri.

8.  Fotografer

Bagi kamu yang memiliki bakat mem-foto dan memiliki kamera yang mumpuni, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi fotografer dari event-event kecil.

9. EO atau event Oraganizer

Mahasiswa yang memiliki bakat EO atau Event organizer tidak salahnya kamu mencoba salah satu pekerjaan ini, biasanya pekerjaan ini menyita waktu tetapi kamu dapat membuat tim dari teman-teman kampus kamu, jika acara sukses tentunya kepuasaan akan mendatangi mu

10. Penerjemah atau translator

Khususnya bagi kamu mahasiswa di Prodi bahasa inggris, kamu dapat menjadi penerjemah ataupun guide di tempat-tempat wisata yang banyak bule atau orang asingnya. kamu dapat nyambi di waktu-waktu kamu tidak ada jadwal kuliah

11. Jualan Online

Pekerjaan satu ini yang tidak akan mengganggu kamu dalam perkuliah, kamu dapat menjadi resseler online atau menjual kembali produk orang lain. dengan berkembang subur market place online saat ini memungkinkan untuk kamu untuk mendapatkan penghasilan.

12. Design Grafis

Bagi yang jago gambar, baik manual ataupun dengan komputer, pekerjaan ini sangat cocok buat kamu sambil berkuliah. anda dapat membuatkan design undangan, banner, foto karikatur, foto vektor dan lainnya. dan kamu dapat menjualnya. sarana promosi sangat banyak, salah satunya melalui Instagram

13. MC dan Wedding Singer

Bagi kamu yang berbakat menjadi MC atau Pembawa acara, kamu dapat memilih pekerjaan ini sambil kuliah serta yang memiliki suara bagus dan hobi bernyanyi tidak salahnya menjadikan hobi menjadi pekerjaan, dan terpenting tidak menggangu kuliah kamu.

Demikianlah artikel mahasiswa dan kampus kali ini tentang 13 Pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa sambil kuliah, tetapi tetap kuliah menjadi prioritas. semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin