4 aset penting kampus yang harus diketahui | jejakdosen

4 aset penting kampus yang harus diketahui – Pada kolom opini kali ini saya akan membahas tentang aset di perguruan tinggi. ketika berbicara aset pasti mindset pertama kali yang dipikirkan adalah uang, tanah atau kendaraan. pengertian aset sendiri adalah sebuah kekayaan atau sumber daya yang dimikiki oleh suatu entitas. dan dikampus pasti memiliki aset yang penting untuk menunjang keberadaan dan bertahannya sebuah kampus.

4 aset penting kampus yang harus diketahui
aset penting kampus yang harus diketahui

4 aset penting kampus yang harus diketahui

Ketika berbicara tentang kampus dan perguruan tinggi, banyak hal yang bisa diangkat untuk ditulis disebuah postingan seperti tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. tentang tri dharma perguruan tinggi sudah banyak yang menjelaskan secara detil. hal yang menurut saya penting selain hal tersebut adalah mengetahui tentang aset yang ada dikampus atau perguruan tinggi.

Ada 4 aset penting kampus yang harus diketahui dan akan saya menurut kacamata dan perspektif saya sendiri, antara satu dan yang lain pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda, tepatlah kiranya ini di sebut kolom opini :

4 aset penting kampus yang harus diketahui :

1. Dosen

4 aset penting kampus yang harus diketahui
Dosen

Subjektif sepertinya ketika menyebutkan aset terpenting adalah dosen, ya mungkin seperti itu. karena backgraud dan profesi saya saat ini adalah seorang pendidik dan pengajar mahasiswa alias dosen.

Definisi dosen menurut undang-undang no 14 tahun 2005 adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dosen dan Kampus merupakan 2 objek yang saling bersinergi untuk menjalankan visi dan misi sebuah perguruan tinggi. karena pada dua objek tersebut memiliki simbiosis mutualisme yaitu simbiosis yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

misalnya : seorang dosen yang melanjutkan studi ke jenjang tertinggi ketika selesai kuliah, bukan hanya dosen saja di untungkan dengan hal tersebut tetapi juga kampus itu sendiri. dapat di cek pada saat proses penyusunan borang akreditasi fakultas ataupun program studi rasio dosen dengan mahasiswa, ataupun paramater yang lain seperti jenjang akademik ataupun gelar ke sarjanaan yang mendapat poin tinggi di borang.

Selain itu pada forlap.dikti.go.id rasio dosen dengan mahasiswa tercatat dan merupakan hal penting. untuk rasio sendiri 1:(antara 17 s/d 23) untuk prodi eksak dan 1: (antara 26 s/d 34) untuk prodi sosial. dan hal lain misalnya pengajuan penelitian ke direktorat riset dan teknologi dan pengabdian kepada masyarakat, seorang dosen akan bergantung kepada kampus tempat homebase dosen tersebut.

4 aset penting kampus yang harus diketahui
Jumlah Rasio Dosen di Forlap

Sehingga hal tersebut antara dosen dan kampus dapat dikatakan partner, aneh rasanya jika seorang dosen di perlakukan sebagai pekerja bukan partner.

2. Mahasiswa

4 aset penting kampus yang harus diketahui
Mahasiswa Aset Kampus (source pic : pixabay.com)

Jelas, mahasiswa merupakan salah satu aset dari sebuah kampus, tidak terbayang jika ada kampus dengan infrastruktur yang megah dan banyak dosen yang wah tetapi tidak ada mahasiswanya. apa yang akan terjadi. keberadaan kampus baik di Indonesia ataupun indonesia adalah untuk mendidik serta mentransformasikan ke ilmuan kepada mahasiswa.

Parameter mahasiswa merupakan aset adalah kembali lagi pada proses borang akreditasi. disana terdapat poin-poin membahas tentang mahasiswa. contoh : jumlah mahasiswa aktif, DO atau konversi. atau tentang kegiatan mahasiswa di kampus.

3. Alumni

4 aset penting kampus yang harus diketahui
Alumni

Alumni merupakan aset ketiga menurut saya, peran alumni sangat penting untuk kampus. sebagai objek feedback untuk kampus yang sudah terjundi masyarakat. Bahkan ada di banyak kampus, para alumni berperan memajukan dan membangun kampus. dari hal berbagi pengalaman tentang dunia kerja ataupun langsung memberikan materi demi keberjalanan kampus dan dapat tumbuh secara sehat.

Di Borang akreditasi pun, ada beberapa poin pembahasan tentang alumni, yang dapat mendongkrak nilai akreditasi sebuah program studi

4. Sarana dan Prasarana

4 aset penting kampus yang harus diketahui
Sarana dan Prasarana pendukung

 

Poin terakhir adalah Sarana dan Prasarana, dengan perkembangan teknologi saat ini yang bisa di katakan murah, kampus harus dapat menyediakan sarana dan infrastruktur untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar. contohnya saja internet. banyak mahasiswa yang ngomel ketika “Internet dikampusnya mulai lemot” entah karena sedang mengerjakan tugas ataupun mengerjakan hal lain.

hal yang lain keberadaan lab. komputer di sebuah kampus yang memiliki fakultas komputer, keberadaan lab komputer sangat penting yang salah satu sebagai sarana praktek dan penerapan ke ilmuan yang ada disana. sama halnya seperti kita membuka sekolah sepak bola (SSB) tetapi tidak memiliki lapangan sepak bola itu sendiri.

Demikianlah artikel kolom opini kali ini, apabila ada salah pada tulisan 4 aset penting kampus yang harus diketahui tolong dikoreksi. sekali lagi ini hanya opini dan mungkin memiliki banyak perbedaan dengan yang lain.

Be Sociable, Share!

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *