7 Alasan mahasiswa mengambil jurusan di perguruan tinggi

Alasan mahasiswa mengambil jurusan di perguruan tinggi – Penerimaan mahasiswa baru beberapa bulan lagi akan di buka, dengan banyak pilihan universitas ataupun perguruan tinggi, serta jurusan-jurusan yang ada, membuat calon mahasiswa baru bingung untuk menentukan pilihan jurusan yang akan mereka ambil. dan jangan sampai ada alasan kami salah jurusan di Universitas.

Alasan mahasiswa mengambil jurusan di perguruan tinggi
7 Alasan mahasiswa mengambil jurusan di perguruan tinggi

Alasan mahasiswa mengambil jurusan di perguruan tinggi

Pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa alasan mahasiswa mengambil sebuah jurusan di perguruan tinggi atau universitas :

1. Karena alasan Cita-cita

Karena alasan cita-cita seorang calon mahasiswa baru akan lebih selektif dalam memilih jurusan atau program studi yang ada di kampus. bahkan ketika mereka masih duduk di bangku sma/smk mereka sudah mempersiapkan dengan mengikuti les ataupun kursus-kursus.

Misalnya : jika ada calon mahasiswa yang ingin menjadi Dokter maka ia harus mengambil jurusan kedokteran. atau yang bercita-cita berkerja di dunia IT, pasti mengambil jurusan komputer.

2. Karena alasan saingan di Universitas Negeri

Jika calon mahasiswa mendaftar ke universitas negeri baik melalui jalur SMBPTN atau jalur undangan, pasti berpikir tentang saingan pada suatu jurusan. dan yang mengetahui kapasitas dan kemampuannya pasti memilih jurusan yang tidak lazim di ambil.

Misalnya : anak tersebut tidak suka olah raga mengambil jurusan olah raga atau tidak mau menjadi guru tetapi mengambil jurusan FKIP karena mungkin peluang di terima besar mereka mengabaikan jurusan apa yang mereka ambil.

3. Karena alasan orang tua

Alasan orang tua merupakan salah satu penentu seorang mahasiswa mengambil jurusan, karena background pekerjaan orang tua ataupun si orang tua meng-underestimate kemampuan ananknya, maka orang tua memberikan perintah agar si anak masuk ke jurusan yang mereka inginkan.

Dan karena biar dianggap anak baik, si calon mahasiswa nurut saja kata orang tua, tetapi ada yang bisa berhasil ada juga yang kuliahnya berantakan.

4. Karena alasan ada Program Beasiswa

Saat ini banyak program beasiswa yang disediakan oleh perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta. diperguruan tinggi swasta biasanya memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa ke beberapa jurusan yang biasanya jurusan tersebut tidak banyak calon mahasiswa yang mau memilih, tetapi karena alasan “Beasiswa” si mahasiswa ikut saja.

5.Karena alasan Ikut-ikutan Teman

Biasanya pada saat di bangku sekolah calon mahasiswa memiliki “Genk” atau beberapa teman dekat. sebelum ujian akhir berlangsung, anak “Genk” ini membuat kesepakatan untuk masuk universitas ataupun jurusan yang sama. walaupun tidak sesuai minat bakatnya, dengan nama persahabatan mereka ikut dalam kesepakatan tersebut.

6. Karena alasan Ikut Gebetan

Hal seperti ini pernah saya temui, ga pernting jurusan nya apa, yang penting selalu ikut dengan gebetan atau pacarnya. sehingga jurusan apapun ga masalah

7. Karena alasan Jurusan tersebut mudah dan cepat lulus

Banyak informasi mengenai jurusan dari beberapa orang yang salah kaprah, informasi tersebut misalnya adalah ada beberapa jurusan di perguruan tinggi mudah lulusnya, padahal tidak sama sekali.

Demikianlah ulasan dan opini tentang Alasan mahasiswa mengambil jurusan di perguruan tinggi, meskipun ada banyak alasan, 7 hal ini yang saya jadikan point penting.

Pada dasarnya semua jurusan di Universitas itu baik, sebaiknya calon mahasiswa memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakatnya, dan bisa berkoneksi untuk mencapai cita-cita serta jurusan tersebut memiliki program beasiswa.

Demikianlah artikel kampus kali ini, kita jumpa lagi di artikel yang menarik lainnya.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin