8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen

8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen – Seorang dosen memiliki tugas yaitu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan dan pengajaran, Penelitian serta Pengabdian kepada masyarakat (PKM). dari Tridharma tersebut jangan sampai seorang dosen tidak mengetahui informasi-informasi yang diberikan oleh Kementrian Ristek Dikti yang menaungi para dosen di Indonesia

8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen

Di Era digital informasi saat ini, informasi tentang dosen dan lainnya di sebarkan oleh media yang bernama Website. dengan memiliki akses internet seorang dosen dapat mengetahui semua informasi mengenai dinamika profesinya. dan pada artikel kali ini kami akan membahas tentang 8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen.

1. ristek.dikti.go.id

8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen

Website resmi kementrian riset dan teknologi pendidikan tinggi ini sangat penting di ketahui oleh seorang dosen. isi dari website ini merupakan informasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kementrian ristek dikti. serta berita-berita terbaru tentang informasi pendidikan di Indonesia.

2. forlap.dikti.go.id

8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen

Website ini merupakan pangkalan data / pusat data yang terintegrasi, di website ini seorang dosen dapat melihat profil dirinya serta profil mahasiswa, program studi , fakultas serta Kampusnya. untuk profil dosen sendiri seperti jenjang akademik dan track record mengajar nya.

3. serdos.dikti.go.id

8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen

Website ini sangat penting untuk seorang dosen yang sedang mengajukan sertifikasi dosen. pada website ini bila seorang dosen sudah mendapatkan panggilan serdos, maka ia akan mengisis CV, Deskripsi diri dan persepsi di website ini. bagi kamu seorang dosen yang sudah tersertifikasi, pasti tidak asing lagi dengan website ini.

4. simlitabmas.dikti.go.id

8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen

Simlitabmas merupakan website yang disediakan oleh kementrian ristek dikti untuk pengajuan dana dan proposal penelitian. pada website ini seorang dosen dapat mengupload proposal penelitian serta membaca informasi tentang penelitian dan pengabdian keapda masyarakat.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara mendaftar portal sinta ristek dikti untuk dosen dan peneliti

5. http://sinta2.ristekdikti.go.id

Sinta merupakan singkatan dari science dan techonology index, merupakan website yang mencatat semua citasi penelitian seorang dosen. sumber data yang di ambil hasil citasi itu dari google scholar dan indexing scopus. jadi jika anda seorang dosen belum mendaftar silahkan mendaftar, tetapi pendaftaran tidak dapat di lakukan setiap saat. menunggu di buka oleh admin sinta.

6. http://arjuna.ristekdikti.go.id/

Arjuna merupakan singkatan dari akreditasi jurnal nasional. pada website ini berisi tentang bagaimana tata cara, syarat dan jurnal-jurnal yang terakreditasi oleh ditjen dikti.

7. http://garuda.ristekdikti.go.id/

Garuda atau gerbang rujukan digital merupakan sumber untuk mencari jurnal bagi para dosen dan peneliti. saat ini artikel yang ada di databases garuda sebanyak 560.000 dan 5000 jenis jurnal

8. Kopertis

Website kopertis atau koordinator perguruan tinggi swasta merupakan website informasi bagi para dosen yang ada di perguruan tinggi swasta. saat ini di Indonesia ada 14 kopertis yang menyebar di Indonesia. dari Kopertis 1 sampai dengan Kopertis 14.

Demikianlah artikel singkat kami mengenai 8 Website dikti yang harus di ketahui oleh seorang dosen semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.