Alasan Dosen mengajar di kampus lain | jejakdosen.com

Alasan dosen mengajar di kampus lain – Selain melaksanakan penelitian serta Pengabdian Kepada Masyarakat, tugas pokok seorang dosen adalah Melaksanakan Pendidikan dan Pengajar. Tugas pokok tersebut sering di sebut dengan Tri dharma perguruan tinggi. seorang dosen pada dasarnya boleh mengajar di perguruan tinggi atau kampus lain.

Alasan Dosen mengajar di kampus lain

Alasan Dosen mengajar di kampus lain

Secara aturan pokok terhadap aturan Pemerintah tidak ada yang melarang seorang dosen untuk mengajar di kampus lain. di Borang akreditasi program studi pun ada poin jika sebuah prodi tersebut memiliki Dosen Luar Biasa atau LB.

Tetap selain tunduk kepada aturan pemerintah, seorang dosen pun tunduk dengan aturan serta kesepakatan terhadap yayasan kampus (jika dosen tersebut berada di home base perguruan tinggi swasta), karena tidak sedikit kampus memiliki aturan yang tidak memperbolehkan seorang dosen untuk mengajar di kampus lain.

Terkadang menjadi Ironi, ketika sebuah kampus menjadi Industri, tidak lagi menjalankan prinsip dasar yaitu sebagai tempat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. mungkin ada alasanya yang membuat hal tersebut terjadi, dan sebagai dosen anda dapat mencari informasi tentang alasan tersebut sendiri.

Pertanyaannya yang muncul adalah Apa sih alasan Dosen mengajar di Kampus, berikut pendapat saya pribadi mengapa dosen mengajar di kampus Lain.

Alasan Dosen mengajar di kampus lain :

1. Memiliki Banyak Waktu Luang

Jika Seorang Dosen yang tidak memiliki Jabatan struktural di kampus, tentunya ada beberapa slot waktu kosong. ada beberapa Dosen yang memanfaatkan slot waktu tersebut untuk mencari pekerjaan di luar, atau melakukan penelitian dan PKM tetapi tidak sedikit pula seorang dosen mengambil atau memilih untuk mengajar di kampus lain.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen

2. Tidak bisa diam, dan Selalu berkeinginan sharing knowledge

Di Kampus, saya sering melihat ada beberapa Dosen yang berpendidikan S3 atau Doktor bahkan sudah menjadi guru besar yang mengajar sebagai Dosen LB di Kampus. Kalau yang saya liat beliau memiliki waktu kosong yang sedikit, dan memiliki banyak pekerjaan di kampus asalnya. dan tidak sedikit mereka adalah pejabat.

Tetapi saya melihat, mereka memandang tidak hanya materi saya tetapi karakter dosen seperti ini adalah tidak dapat diam dan selalu ingin berbagi pengetahuan, dimana saja ia mengajar.

3. Ingin mendapatkan Pendapatan Lebih

Hal ini bukan menjadi rahasia umum, jika seorang dosen mengajar di kampus lain karena untuk mendapatkan penghasilan yang lebih daripada hanya mengajar di kampus sendiri. hal ini dimaklumi, karena saat ini menurut saya pendapatan seorang dosen atau guru masih dikatakan Minim, apalagi seorang dosen tersebut tidak menjabat struktural ataupun belum mendapatkan sertifikasi dosen (serdos).

4. Memperbanyak Relasi / Kenalan

Seperti katak dalam tempurung, jika seorang dosen hanya berkutat di kampusnya sendiri (seperti saya hehe), cara paling efektif menurut saya untuk mendapatkan relasi/kenalan minimal teman sejawat adalah mengajar di kampus lain. atau beberapa cara yaitu melakukan kerja sama antar perguruan tinggi, mengikuti pertemuan ilmiah atau mengikuti organisasi profesi

5. Melihat Dinamika Pendidikan di Kampus Lain

Pada point ini hampir sama intinya pada poin ke 4, seorang dosen harus tau dinamika pendidikan di Indonesia. minimal anda terlibat langsung dan melihat perubahan dinamika pendidikan tersebut. anda bisa bandingkan bagaimana perubahan dinamika pendidikan di kampus anda dan kampus lain.

6. Permintaan Kampus Lain Tersebut

Jika anda seorang dosen yang memiliki kamampuan lebih di bidang tertentu, tentunya tidak aneh jika kenalan atau teman sejawat anda pada kampus lain untuk meminta anda mengajar di kampus mereka. misalnya menjadi Dosen Tamu, ataupun memegang penuh mata kuliah.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar

Demikianlah artikel Dosen dan kampus kali ini tentang Alasan dosen mengajar di kampus lain apabila ada keliruan mohon di koreksi, dan semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.