455 views

Apa Itu File CHK dan Bagaimana cara kembalikan file CHK

Apa Itu File CHK dan Bagaimana cara kembalikan file CHK – Beberapa waktu lalu seorang teman meminta bantuan untuk mengecek usb flashdisk miliknya. Banyak File yang didalam FD tersebut tidak dapat dilihat dan di buka. ok saya coba membuka fd tersebut ke Laptop saya dengan menggunakan sistem operating system windows.

Apa Itu File CHK dan Bagaimana cara kembalikan file CHK

Ketika saya cek hanya beberapa folder yang ada di Flashdisk tersebut yaitu folder Autorun.inf, FOUND.000 dan Folder System Volume Information. Hal pertama yang saya lakukan yaitu menggunakan perintah attrib –r –s –h /S /D yang digunakan untuk menampilkan file yang di hidden oleh virus.

Berikut cara menampilkan File yang terhidden oleh virus dengan perintah attrib :

1. Ketik CMD di menu RUN windows anda

2. Kemudian arahkan partisi tampilan di command prompt ke arah partisi Flasdisk anda, dengan cara mengetik : F: (Jika di drive F) atau lainnya.

3. Langkah selanjutnya anda ketikan attrib –r –s –h /S /D tekan enter dan tunggu beberapa saat. seperti gambar di bawah ini :

Apa Itu File CHK dan Bagaimana cara kembalikan file CHK

Tetapi setelah menunggu beberapa saat, tidak ada hasil apa-apa. yang membuat saya merasa aneh FD tersebut kapasistasnya 8 GB dan terisi atau kapasitas yang digunakan hampir 7 GB.

Kemudian saya buka FOLDER.000 kemudian dalam folder tersebut banyak file yang berekstensi .CHK. kemudian saya coba mencari tahu apa ini file .CHK

File CHK adalah File yang sengaja dibuat oleh windows untuk menggantikan file-file dalam flashdisk anda dengan alasan bahwa FD anda sudah mengalami BAD Sector atau hal tersebut terjadi karena anda tidak  Remove Safely USB ketika mencabut FD di Laptop atau PC. atau juga FD anda sudah tua dan saatnya sudah di ganti. hehe

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Bagaimana cara membuat website di wordpress | jejakdosen.com

Kemudian pertanyaannya Bagaimana cara kembalikan file CHK menjadi File Asli anda, berikut tahap dan langkah untuk mengembalikan file asli tersebut :

1. Download aplikasi UNCHK yang dapat anda download DISINI

2. Kemudian aplikasi UNCHK tersebut anda Copy ke FD anda ke Folder FOUND.000

3. Kemudian Klik aplikasi Unchk

4. Kemudian apabila ada warning error yang kira-kira tulisannnya are missing MSVBVM50 anda bisa Download dan Install filenya DISINI

5. Kemudian selanjutnya anda arahkan ke drive Flasdish anda dan klik Folder FOUND.000

6. Langkah selanjutnya file Hard drive untuk menyimpan data anda

7. Kemudian anda dapat tunggu proses dan lama proses tersebut tergantung berapa besar file yang ada di FD anda, seperti gambar di bawah ini :

Apa Itu File CHK dan Bagaimana cara kembalikan file CHK

Sebaiknya anda menunggu proses recovery sampai selesai, karena jika anda ulang maka proses recovery di mulai dari 0 % kembali. dan saya sudah berhasil mengembalikan file-file yang ada di FD tersebut. karena filenya banyak jadi harus bersabar untuk menunggunya.

Demikianlah artikel singkat kami kali ini tentang Apa Itu File CHK dan Bagaimana cara kembalikan file CHK semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.