Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen

Pada postingan sebelumnya, saya menulis artikel tentang google classroom yang bermanfaat untuk mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dikelas dengan pembelajaran secara online (menggunakan internet). pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang aplikasi lagi tetapi berhubungan dengan persentasi antara mahasiswa dan dosen. aplikasi ini bernama Nearpod yaitu Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen. diera digital, zaman serba teknologi tidak bisa dielakan lagi bahwa pembelajaran atau kegiatan pembelajaran harus menggunakan teknologi. teaching technology menjadi istilah yang tidak asing lagi dalam dunia pendidikan.

Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen

Teaching techonolgy adalah metode yang digunakan untuk menyisipkan teknologi didalamnya, salah satu contohnya adalah aplikasi Nearpod. Aplikasi Nearpod ini saya pun baru beberapa bulan mengetahuinya dari seorang teman, beliau menceritakan konsep dari nearpod. dan setelah saya mendengar paparan panjang lebar teman tersebut, saya mengetahui nearpod adalah aplikasi hampir sama seperti powerpoint, tetapi harus diakses dengan menggunakan internet. jika biasa saya mengajar saya memerlukan persentasi powerpoint, Lcd Proyektor dan laptop. dengan nearpod kita bisa persentasi menggunakan laptop dan para peserta/mahasiswa dapat join persentasi saya dengan memasukan kode.

Apa sih nearpod, saya belum paham?

Langsung aja buka browser di laptop dan ketik situs resmi nearpod : https://nearpod.com/ akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen
Menu Utama Nearpod (Klik Gambar untuk memperbesar)

 Apakah harus mendaftar terlebih dahulu?

Tentu saja, kita harus mendaftar terlebih dahulu, cara mendaftarnya silahkan klik menu Create free teacher account, Jika kita sebagai dosen dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen
Daftar Ke Nearpod (Klik Gambar untuk memperbesar)

Keterangan :

I’m Teacher : Daftar Sebagai Dosen/Guru

I’m Student : Daftar Sebagai Mahasiswa/Siswa

Bisa Mendaftar dengan Email, atau Login google dan bisa juga dengan account Office 365. kemudian isi data yang diminta kemudian klik tombol sign up.

Login sebagai Teacher?

setelah mendaftar kemudian kita bisa login, dengan memasukan username : email dan password yang sudah dibuat.

Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen
Tampilan setelah login (Klik gambar untuk memperbesar)

Selanjutnya klik menu My library untuk mengupload dan membuat slide persentasi. untuk secara teknis pembuatan slide bisa search di google ya hehehe.

Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen
Tampilan Pengguna Nearpod laptop dan smartphone (klik gambar untuk memperbesar)

Pada Intinya, Aplikasi nearpod berfungsi untuk persentasi dengan menggunakan internet dan para peserta bisa join class/persentasi dengan kode yang diberikan oleh dosen melalui laptop atau smartphone yang mereka miliki. ketika dosen menggerak slide persentasi, secara otomatis pada device mahasiswa slidenya pun terganti. contoh gambar :

Setelah mencoba beberapa kali Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen, memiliki kelebihan dan kekurangan. (Menurut saya).

Kelebihan Nearpod :

  1. Penerapan Aplikasi yang menarik, dapat menarik perhatian mahasiswa/siswa
  2. Tidak Perlu memerlukan LCD Proyektor, karena peserta bisa melihat persentasi menggunakan laptop atau persentasinya
  3. Penerapan Teaching Technology
  4. pada aplikasi ini dapat dicek mahasiswa yang mingikuti class atau yang tidak

Kekurangan Nearpod :

  1. Aplikasi menggunakan koneksi internet, sehingga dibutuhkan internet yang tinggi
  2. Aplikasi Berbayar untuk menambah fitur. cek https://nearpod.com/pricing 
  3. Belum bisa di ukur apakah aplikasi down ketika digunakan oleh orang banyak
  4. Slide dibatasi ukurannya
  5. Jumlah user juga dibatasi

Dari pembahasan artikel diatas, Aplikasi berbagi persentasi nearpod untuk mengajar dosen mudah-mudahan menjadi referensi untuk bapak/ibu dosen, menjelaskan atau mempersentasikan materi ajar dengan nearpod. jujur kalau saya hanya baru mencoba secara pribadi belum saya diterapkan ke mahasiswa karena infrastruktur di kampus masih rada susah hehe. beruntung bapak/ibu dosen yang di kampus memiliki infrastruktur internet yang baik. apapun alat dan toolsnya, tujuan mengajar adalah bagaimana materi tersebut tersampaikan dan dimengerti mahasiswa. salam jejakdosen.com

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin