781 views

Aplikasi untuk membuat grafik yang bagus selain excel

Aplikasi untuk membuat grafik yang bagus selain excel – Bagi anda yang sering berkutat dengan pekerjaan membuat grafik, baik itu untuk membuat laporan persentasi, ataupun membuat tulisan yang memang membutuhkan grafik di dalamnya.

Aplikasi untuk membuat grafik yang bagus selain excel

Aplikasi yang banyak di gunakan untuk membuat grafik bagi orang awam menurut saya yaitu Ms. Word ataupun Ms. Excel. selain kedua aplikasi tersebut pada dasarnya anda dapat menemukan aplikasi yang berfungsi untuk membuat grafik.

Setiap aplikasi karena buatan manusia memiliki plus minus tersendiri, salah satu aplikasi yang saya akan review adalah aplikasi pembuat grafik yaitu aplikasi OriginPro.

Oke mari kita review Aplikasi untuk membuat grafik yang bagus selain excel yaitu OriginPro

1. Aplikasi originpro ini anda dapat dowload di website resminya di https://www.originlab.com/

2. Aplikasi ini bukan aplikasi open source, tetapi aplikasi berbayar, tetapi pihak origin membuat beberapa kategori untuk harga dari aplikasi ini yaitu :

a. Untuk Bidang Pemerintahan harga : $925 s/d $ 1.525

b. Bidang pemerintahan / non profit harga aplikasi ini $925 s/d $ 1.525

c. Untuk Perusahaan komersil kisaran harga aplikasi ini dari terendah $225 – $1900 tergantung dari fitur yang disediakan

d. Untuk kampus, sekolah atau bidang akademik kisaran harganya $165 – $1.999 tergantung fitur apa saja yang anda pilih

e. Untuk student atau mahasiswa dan pelajar anda diberikan 1 tahun lisensi untuk di pakai secara free

sumber : (https://store.originlab.com/store/Default.aspx?CategoryID=0)

3.  Aplikasi originpro ini digunakan untuk meng-analisis data dan membuat grafik yang baik, dan aplikasi ini sangat mudah digunakan.

4. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh 150.000 ilmuan dan perusahaan tersebut sudah berusia lebih dari 20 tahun.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara Cek Jadwal keberangkatan Haji Tahun ini secara Online

Berikut tampilan aplikasi originpro 2016 yang saya miliki :

Aplikasi untuk membuat grafik yang bagus selain excel

Fitur-fitur analisis data seperti aplikasi statistik lainnya seperti SPSS atau lainnya. untuk import data aplikasi ini memiliki banyak format yang anda dapat lakukan untuk meng-import data seperti : ASCII, Excel, Matlab dan format lain

Untuk membuat Grafik anda hanya melakukan import data kemudian tinggal pilih jenis grafik yang anda inginkan. misalnya seperti contoh di bawah ini :


Aplikasi untuk membuat grafik yang bagus selain excel

Saya memiliki beberapa data yang saya ambil dari file excel, kemudia saya ingin membuat grafik dengan menggunakan aplikasi origin ini. kemudian pada menu pilihan grafik, saya hanya memilih jenis grafik apa saja yang ingin saya gunakan, hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Aplikasi untuk membuat grafik yang bagus selain excel

Contoh diatas merupakan hasil grafik, yang saya buat dengan data sekedarnya. anda dengan mudah untuk meng-edit judul dan data-data dari grafik tersebut dengan menggunakan aplikasi originpro 2016 ini. caranya lebih mudah di bandingkan di word atau excel, baik membuat grafik aatupun meng-editnya.

Aplikasi Originpro ini sangat cocok buat anda seorang dosen ataupun peneliti yang sedang membuat paper atau jurnal untuk publikasi penelitian anda.

Penasaran? anda dapat mencoba aplikasi ini, dengan mendownload di website resmi.

Demikianlah artikel singkat saya mengenai Aplikasi untuk membuat grafik yang bagus selain excel semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.