Bagaimana cara mendaftar SBMPTN tahun ini dan cara bayar Pendaftaran

Bagaimana Cara mendaftar SBMPTN tahun ini dan cara Bayar Pendaftaran hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu Secara Online. SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. bagi kamu yang sekarang duduk di kelas XII atau kelas 3 SMA/SMK pasti bergegas untuk melamar ke perguruan tinggi negeri favorit kamu. dari Institute Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM) serta perguruan tinggi besar lainnya yang ada di Indonesia.

Banyak dari calon mahasiswa yang mencoba peruntungannya melalui proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN 2017), tidak hanya mencoba-coba bahkan ada banyak calon mahasiswa yang mengambil kelas kursus khusus untuk mematangkan ilmu yang sudah di dapat di sekolah serta mengulang kembali, disamping itu dengan proses pendaftaran secara digital, beberapa calon mahasiswa tidak tahu tentang Bagaimana Cara mendaftar SBMPTN tahun ini dan cara Bayar Pendaftaran.

Bagaimana cara mendaftar SBMPTN tahun ini dan cara bayar Pendaftaran
Halaman Website Resmi SBMPTN 2017

Bagaimana Cara mendaftar SBMPTN tahun ini dan cara Bayar Pendaftaran ?

Pengalaman Saya pada saat mau kuliah, cara mendaftar SBMPTN masih dengan cara manual, saya mengantri berjam-jam untuk mengambil formulir pendaftaran begitu juga cara bayar pendaftaran saya harus antri lagi di loket kasir. memang butuh perjuangan pada saat itu (baru pendaftaran), pada tahun ini Informasi di dapat dari media Internet, bagi yang mau tahu Bagaimana Cara mendaftar SBMPTN tahun ini dan cara Bayar Pendaftaran tinggal mengakses via internet situs resmi SBMPTN di https://sbmptn.ac.id/ 

Baca JugaBagaimana Memilih Jurusan dan Kampus yang tepat

Belum lagi pengalaman menentukan yaitu Hasil dari seleksi, saya harus dari shubuh menunggu koran yang harganya tiba-tiba naik secara drastis, untuk mencari apakah nama saya ada di pengumuman tersebut. dan sekarang cukup akses internet, kesitus resmi SBMPTN, tinggal masukan nomor dan treng hasilnya didapat. kendalanya apabila traffic situs tersebut ramai, sehingga halaman Web Sulit untuk diakses, bahkan sampai tidak tampil halaman utamanya.

Pada tahun ini Tes SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri diadakan serentak seluruh indonesia pada tahun pada tanggal 16 – 18 Mei 2017. dengan ketentuan tes meliputi :

1.Ujian Tertulis yaitu ujian dengan metode PBT (Paper Based testing) atau menggunakan Kertas atau dapat menggunaka metode Computer Based Testing (CBT).

2. Ujian Keterampilan

Bagaimana Cara mendaftar SBMPTN tahun ini?

1. Cara mendaftar dilakukan secara daring atau Online Prosedur Pendaftaran SBMPTN tahun ini dapat di cek http://pendaftaran.sbmptn.ac.id

2. Kemudian Kamu bisa mendownload tata cara pengisian formulir pedaftaran di website resmi dari tanggal 7 april 2017  http://download.sbmptn.ac.id

3. Pendaftaran secara Online berakhir pada tanggal 05 mei 2017 pukul 22.00

Biaya pada SBMPTN pada tahun ini sebesar Rp. 200.000 (dua ratu ribu rupiah) yang dapat di transfer melalui Bank Mandiri atau Bank BNI atau Bank BTN.

Bagaimana Cara membayar seleksi SBMPTN di Bank Mandiri ?

1. Masukkan 6 Digit PIN ATM Mandiri anda

2.Kemudian Pilih Menu Bayar atau Beli, Selanjutnya Pilih Menu Pendidikan.

3. Masukkan Kode Perusahaan/Institusi : Kode SBMPTN 2017 : 10000

4. Masukkan Kode Bayar 11 Digit yang di dapat ketika melakukan/mengisi Form pendaftaran http://pendaftaran.sbmptn.ac.id

5.Pilih Item Pembayaran SBMPT 2017, Klik Nomor Urut disamping kiri, jika benar klik Ya

6. Cek Kembali hasilnya di Monitor ATM kemudian Klik YA jika sudah slesai.

7. Ambil Struk/slip untuk sebagai bukti pembayaran

Untuk Informasi Selengkapanya mengenai pembayaran Biaya SBMPTN 2017 di website resmi : Tes SBMPTB 2017

Bagi saya, Mencoba masuk Perguruan Tinggi Negeri harus dilakukan, dibandingkan berdiam diri. tetapi jangan sampai ngoyo dan memaksakan diri untuk masuk PTN, karena pada saat ini pemerataan perguruan tinggi berarti status dan level antara perguruan tinggi negeri dan swasta sama. ambil program studi sesuai minat bakat kamu, jangan ambil karena peminatnya sedikit demi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri.

 

Be Sociable, Share!

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin