Berapakah biaya untuk mengurus Jenjang akademik atau JA dosen

Berapakah biaya untuk mengurus Jenjang akademik atau JA dosen – Setiap dosen memiliki jenjang akademik atau pangkat baik dosen yang berada diperguruan tinggi negeri dan juga perguruan tinggi swasta. Jenjang akademik pada dosen memiliki 4 tingkatan yaitu Asisten Ahli (AA), Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar.

Berapakah biaya untuk mengurus Jenjang akademik atau JA dosen

Berapakah biaya untuk mengurus Jenjang akademik atau JA dosen

Mengurus Jenjang akademik atau JA seorang dosen paling cepat 2 tahun dan berkas Jenjang akademik yang dikumpulin meliputi Tridharma perguruan tinggi dan satu unsur penunjang yaitu : Semua Dokumen terkait pendidikan dan pengajaran, Dokumen terkait dengan penelitian, Dokumen terkait Pengabdian masyarakat dan Unsur pendukung atau penunjang diluar terkait dengan tridharma.

Usulan JJA tersebut di kirim ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) dimasing-masing wilayah dulu namanya adalah Kopertis (Koordinator perguruan tinggi swasta). dan Dokumen diterima dan akan dicek oleh staff di L2Dikti jika oke dokumen tersebut akan dikirim ke asesor dan akan di buatkan Surat keputusannya oleh Kepala L2DIKTI.

Kemudian ada pertanyaan apakah mengurus jenjang akademik (JJA) itu mengeluarkan biaya? jika iya Berapakah biaya untuk mengurus Jenjang akademik atau dosen. 

Mungkin ada yang mengeluarkan uang dan ada juga yang tidak mengeluarkan biaya.

Dari aturan kementrian ristek dikti atau melalui Lembaga layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) tidak ada biaya yang dipungut untuk setiap dosen. Tetapi sesuai dengan pengalaman beberapa teman ada biaya tambahan atau biaya tips untuk penjagaan dokumen dan pengecekan oleh pihak-pihak tertentu, biaya lain yaitu biaya fotocopy dan berkas-berkas yang lainnya yang diminta. itupun tergantung anda apakah mau urus sendiri atau memfotocopy sendiri semua dokumen yang akan diperbanyak.

Dan bagi seorang dosen, dosen merupakan profesi karier yang dilihat perkembangannya atau produktifitasnya dari kepangkatan dan jenjang akademik. dan alangkah baiknya dosen untuk mengurus dan mempersiapkan JJA setiap dua tahun sekali. agar tidak terlalu banyak untuk mengumpulkan berkas-berkas serta dokumen yang diperlukan

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Upload Proposal Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi | PDUPT

Demikianlah artikel singkat saya mengenai Berapakah biaya untuk mengurus Jenjang akademik atau JA dosen semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.