Berapakah Uang Tunjangan Sertifikasi Dosen, Mau Tau?

Berapakah Uang Tunjangan Sertifikasi Dosen, Mau Tau? – Sertifikasi Dosen atau serdos merupakan tunjangan yang diberikan oleh pemerintah yang ditandai telah memiliki sertifikat pendidik. dengan melalui beberapa syarat dan test serta mengupload cv dan deskripsi diri dengan menerangkan atau menilai pribadi masing-masing dosen, Deskripsi pasti bersifat unik.

Berapakah Uang Tunjangan Sertifikasi Dosen
Tunjangan Sertifikasi dosen

Berapakah Uang Tunjangan Sertifikasi Dosen

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas apa saja syarat mengajukan sertifikasi dosen atau serdos. sertifikasi ini merupakan tunjangan yang diberikan bisa satu bulan sekali, tiga bulan sekali atau 6 bulan sekali. karena saya mengalami pengiriman dana serdos dengan tiga cara sebelumnnya. ada pertanyaan baik saya sendiri atau dosen-dosen yang belum mendapatkan sertifikasi dosen, pertanyaannya adalah Berapakah Uang Tunjangan Sertifikasi Dosen? dan dasarnya apa, karena antara dosen satu dengan yang lainnya besaran uang sertifikasi dosen berbeda-beda.

Baca Juga : syarat mengajukan usulan serdos 

Mari Kita beda, dari mana kira-kira besaran dan berapakah uang tunjangan sertifikasi dosen. ketika mengajukan sertifikasi dosen syaratnya adalah memiliki jenjang akademik, Ya jenjang akademik ada 4 yaitu : Yang paling Bawah Asisten Ahli, Kemudian Lektor (LK 200 dan LK 300), Lektor Kepala serta Guru Besar. Bagi dosen yang bukan pegawai negeri sipil (PNS), jenjang akademik yang mereka miliki di Inpassingkan, Inpassing adalah penyetaraan atau penyama rataan jabatan fungsional dosen Pegawai Negeri Sipil dengan Dosen Non Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dosen yang bukan PNS, Misalnya berjenjang akademik Asisten Ahli dengan ketentuan dan latar belakang gelar bersifat linear memiliki Golongan kepangkatan sama dengan III/B, atau Dosen yang memiliki jenjang akademik Lektor (300) yang linear memiliki Golongan kepangkatan III/D. yang berbeda adalah kalau dosen PNS memiliki Gaji Pokok dan Tunjangan, kalau dosen yang di Inpassing kan hanya memiliki Golongan kepangkatan saja. hehe

Jadi Berapakah Uang Tunjangan Sertifikasi Dosen? menurut saya Besaran tunjangan Sertifikasi Dosen (Serdos) itu didasarkan oleh SK Inpassing atau Golongan Kepangkatan seorang dosen. seperti yang saya kutip disitus BeritaPNS.com Gaji Seorang PNS didasarkan pada Golongan/Pangkat dan lama masa kerja. Jika saya pada saat ini seorang dosen dengan Golongan/Kepangkatan IIIB dengan Lama Kerja dengan Lama kerja 0 tahun maka Tunjangan Sertifikasi Dosen saya, yang saya dapat di Tabel penghitungan PNS di website beritapns.com sebesar Rp.2.560.600. Berbeda Sedikit dengan yang saya terima perbulan sekitar Rp. 2.432.570 Mungkin perbedaan atau selisihnya terkena potong pajak atau yang lain.

Sebenarnya ini masih analisa awal saya saja, karena Berapakah Uang Tunjangan Sertifikasi Dosen belum pernah dijelaskan secara Gamblang dari pihak Ristek Dikti atau pun Pihak Kopertis yang menaungi dosen diseluruh Indonesia atau saya secara pribadi yang kurang update alias kudet (mohon maaf). yang kita ketahui bahwa uang tersebut sudah mampir ke rekening yang sudah kami berikan. berapa pun besarnya, bagi saya khususnya sebagai dosen non pns, ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan dari pemerintah akan pentingnya profesi seorang dosen atau guru. mudah-mudah untuk rekan-rekan sejawat yang sedang berjuang untuk mendapatkan Tunjangan Serdos, saya hanya bisa bilang selamat berjuang.

Kesimpulan, Bahwa besaran uang sertifikasi dosen (serdos) pada saat ini disesuaikan dengan gaji Pegawai Negeri Sipil dan lama kerja. sering pantau website serdos.dikti.go.id di website tersebut banyak informasi tentang sertikasi dosen serta jadwal-jadwal penting, karena pengalaman saya membutuhkan waktu hampir 6 bulan dari Jenjang akademik saya keluar, sinkronisasi di forlap.dikti.go.id sampai dengan di validasi nama saya di proses D1, D3, dan D4.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin