Berkas atau Dokumen yang wajib di urus setelah menikah

Berkas atau Dokumen yang wajib di urus setelah menikah – Saat sebelum malaksanakan pernikahan, sepasang calon pengantin sibuk untuk mengurus dokumen-dokumen yang digunakan untuk mengurus pernikan tersebut. dari mempersiapkan kartu keluarga (KK), Kartu Tanda penduduk (KTP), Surat Rekomendasi dari KUA, Surat N1, N2, N3 dan seterusnya dari kelurahan.

Berkas atau Dokumen yang wajib di urus setelah menikah

Berkas atau Dokumen yang wajib di urus setelah menikah

Kemudian Setelah sibuk melakukan Proses pengurusan administrasi dengan mengumpulkan dokumen-dokumen sebelum menikah, kembali anda akan disibukan dengan proses-proses pengurusan dokumen-dokumen setelah menikah.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi tentang berkas atau dokumen yang wajib diurus setelah menikah.

1.Kartu Tanda Penduduk (E-KTP)

Kartu tanda penduduk (E-KTP) merupakan identitas yang sangat penting untuk anda. karena semua proses administrasi yang ada di negara ini menggunakan E-KTP sebagai dasarnya. misalnya anda ingin membuat rekening di sebuah Bank, yang di minta pasti pertama kali adalah E-KTP. atau anda ingin memperpanjang Surat izin Mengemudi (SIM) anda akan di minta untuk E-KTP

Jika ada pertanyaan, kenapa harus mengganti E-KTP setelah menikah? yang paling kentara adalah menganti Status pada E-KTP. yaitu pada kolom status dari Belum Kawin menjadi Kawin.

Apabila anda menunda mengurus E-KTP setelah menikah nantinya anda akan kerepotan sendiri, misalnya anda ingin check in ke hotel dengan istri anda, bayangkan ketika KTP anda belum di ganti statusnya.

2. Kartu Keluarga (KK)

Kartu keluarga (KK) menjadi dasar untuk membuat E-KTP, nah sebelum anda menganti E-KTP anda. anda harus merubah kartu keluarga anda. dan anda beserta pasangan harus menentukan alamat baru mana yang anda mau pakai. jika ada pertanyaan, saya belum punya rumah? anda dapat menggunakan alamat orang tua anda sementara. tetapi kartu keluarga (KK) anda harus sudah terpisah dengan orang tua anda.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Call centre untuk mengetahui mobil sim keliling polda lampung

Dan dokumen yang anda harus urus dalam mengurus Kartu Keluarga (KK) Baru adalah :

a. Foto Copy Buku Nikah

b. Foto Copy E-KTP Suami dan Istri

c. Surat keterangan pindah rumah

d. Surat pengantar RT

f. Fotocopy PBB tahun berjalan (di Bandar Lampung)

g. Mengisi Blanko perubahan data / blanko pembuatan data baru, serta di cap dan tanda tangan Ketua RT dan Lurah.

3. Mengurus Data BPJS

Setelah menikah, alangkah baiknya anda menambahkan istri anda ke BPJS Kesehatan untuk menjaga-jaga. atau nanti jika melahirkan anda dapat menggunakan BPJS untuk melahirkan. dengan catatan anda sudah mempunyai KTP dan Kartu Keluarga Baru

4. Mengurus NPWP

Setelah menikah, anda harus mempertimbangkan untuk menggabungkan NPWP Suami dan Istri, untuk mempermudah pembayaran pajak.

5. Mengurus data-data di Perbankan atau yang lainnya

Hal ini menjadi penting, jika anda memiliki rekening di bank, dan anda mengalami perubahan data. sebaiknya segera di urus. dengan catatan anda memiliki Kartu Keluarga dan KTP baru.

Data lain, mungkin perubahan data paspor di kantor imigrasi dan lainnya.

Demikianlah artikel informasi saya mengenai Berkas atau Dokumen yang wajib di urus setelah menikah semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.