Cara cari video berlisensi creative commons di youtube

Cara cari video berlisensi creative commons di youtubeYoutube saat ini merupakan gudang video terbesar di dunia dan banyak yang akses di seluruh dunia. Youtube merupakan salah satu produk google, yang dimana seorang user yang sudah memiliki akun google/gmail dapat langsung login ke akun Youtube.

Cara cari video berlisensi creative commons di youtube

Cara cari video berlisensi creative commons di youtube

Kenapa Youtube memiliki banyak video disana dan kenapa orang banyak berlomba-lomba untuk meng-upload video di Youtube, salah satu alasannya menurut saya adalah Google adsense di Youtube, kalau mendengar google adsense pasti berbicara earning atau uang.

Ya dengan era digital marketing dan internet marketing, banyak website-website yang dapat memberikan uang tambahan atau uang primer dalam bentuk iklan seperti google adsense ataupun amazone. permasalahan yang terjadi adalah bagaimana caranya agar google adsense ada di video youtube anda.

Baca Juga : cara mendaftar google adsense di Youtube 

Yang pertama anda harus mendaftar, seperti artikel di atas kemudian pastikan video anda memiliki viewer 10000 minimal. hiks sangat sulit jika kita bukan orang terkenal.

Saya juga bertanya kepada diri saya sendiri, saya ingin membuat atau meng-upload video Youtube tetapi memiliki kemampuan editing video rendah, alat atau toolsnya seadanya ataupun tidak kreatif?

Jangan khawatir, video youtube semuanya berlisensi, tetapi ada satu jenis lisensi yaitu creative commons, Creative Commons lisensi adalah suatu lisensi video yang memperbolehkan user lain untuk mengupload video ataupun di edit dan modifikasi kemudian di upload kembali ke Youtube.

Nah hal ini menjadi angin segar, buat para Youtubers pemula untuk menggunakan video yang berlisensi Creative Commons untuk menggunakan video atau mengedit video di Youtube, tetapi saran saya nanti jika sudah mulai expert sebaiknya gunakan video yang anda buat sendiri atau video original.

Video di Youtube Banyak sekali dan Bagaimana Cara cari video berlisensi creative commons di youtube? berikut tahap-tahapnyanya :

1. Masuk ke akun Youtube anda

2. Kemudian Selanjutnya cari video seperti biasa, ketik keyword video yang ingin anda cari

3. Ketik video yang anda cari tampil, disebelah kanan anda simbol filter atau anda cari icon filter (di mobile agak sedikit berbeda) seperti gambar di bawah ini :

Cara cari video berlisensi creative commons di youtube
Menu Filter pada Youtube

4. Ada beberapa setting yang anda bisa gunakan :

a. Upload data => waktu upload video

b. Type => Jenis video

c. Duration => Waktu video yang akan di cari

d. Features => Anda pilih Creative Commons 

e. Sort By => mem-filter berdasarkan apa

4. Seperti yang dijelakan diatas, untuk mencari video berlisensi Creative Commons , anda klik feature Creative Commons 

5. dan video akan tampil dan anda bisa edit dan memodifikasinya.

6. Kemudian anda bisa meng-upload lagi

7. Catatan biar aman, anda dapat memberikan link sumber di deskripsi video

Demikianlah artikel singkat saya mengenai Cara cari video berlisensi creative commons di youtube semoga bermanfaat.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin