Cara cek akreditasi perguruan tinggi di Indonesia terbaru

Cara cek akreditasi perguruan tinggi di Indonesia terbaru – Pernah dengar kata akreditasi, jika anda ingin mencari sekolah ataupun kampus, salah satu variabel yang menjadi bahan pertimbangan anda adalah akreditasi. akreditasi merupakan pengakuan dari pemerintah atau lembaga independent terhadap suatu lembaga yang memiliki banyak variabel penilaian.

Cara cek akreditasi perguruan tinggi di Indonesia terbaru

Lembaga yang berwenang dalam proses akreditasi perguruan tinggi khususnya yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Saat ini selain Program Studi (PS) atau jurusan yang di akreditasi oleh Ban-PT adalah Perguruan tinggi atau sering disebut Akreditasi perguruan tinggi (AIPT) wajib dilakukan.

Menurut Peraturan yang dikeluakan oleh kementrian pendidikan nasional jika setelah tahun 2012 jika ada program studi yang tidak terakreditasi, maka program studi dari perguruan tinggi tersebut tidak diperbolehkan mengeluarkan ijasah.

Jika hal tersebut terjadi, siapakah yang dirugikan, ya tentunya pasti mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi tersebut.

Dan pada tulisan kali ini, saya akan memberikan tips bagaimanaCara cek akreditasi perguruan tinggi di Indonesia terbaru sebelum kamu mendaftar di sebuah perguruan tinggi tertentu di Indonesia. Tentunya cara ini di lakukan secara online atau daring.

Berikut Bagaimana Cara cek akreditasi perguruan tinggi di Indonesia terbaru :

1. Buka browser dan koneksikan internet anda dan masukan alamat web : Ban-PT kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara cek akreditasi perguruan tinggi di Indonesia terbaru
Direktori pencarian hasil akreditasi Institusi

2. Pada Tampil website pencarian akreditasi ban-pt tersebut ada beberapa menu atau settingan yang dapat anda lakukan :

a. Kolom perguruan tinggi : Silahkan anda mengetik nama perguruan tinggi yang ingin anda cari nilai akreditasinya

b. Kolom peringkat : Menu yang anda dapat gunakan untuk mem-filter perguruan tinggi berdasarkan nilai akreditasinya yaitu A, B dan C

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar

c. Kolom SK : Menu filter berdasarkan nomor SK Akreditasi

d. Kolom Tahun : Menu filter berdasarkan nomor Tahun Akreditasi Akreditasi

e. Kolom Wilyah : Anda dapat memilih wilayah perguruan tinggi sesuai dengan area koperti yaitu dari Kopertis I – XIV

f. tanggal status dan kadaluarsa : fitur filter untuk mencari berdasarkan tanggal status dan kadaluarsa.

3. Sebagai contoh saya mencari perguruan tinggi yaitu Universitas Indonesia, kemudian saya mendapatkan informasi mengenai akreditasi perguruan tinggi tersebut, seperti gambar di bawah ini :

4. Dari hasil tersebut saya mendapatkan informasi mengenai nilai akreditasi, nomor SK sampai dengan tanggal kadaluarsa akreditasi tersebut.

Selain itu pada link tersebut anda juga dapat memperoleh informasi mengenai peraturan atau layanan akreditasi perguruan tinggi.

Anda juga dapat menonton video Cara cek akreditasi perguruan tinggi di Indonesia terbaru di Bawah ini :

 

Demikianlah artikel informasi kampus kali ini semoga bermanfaaat untuk para pembaca

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin