Cara cek generasi prosesor intel komputer anda, ini tipsnya

Cara cek generasi prosesor intel komputer – Beberapa waktu yang lalu ada mahasiswa saya bertanya kepada saya, si mahasiswa ingin upgrade ram dengan menambahkan ram 8 gb di slot kedua, sebelumnya ram di slot yang pertama sudah memiliki kapasitas 4 Gb. tapi pas di coba, komputer blank, dan tidak menampilkan sistem operasinya, jawabanya salah satunya adalah tidak support-nya prosesor tersebut atau ada batas maksimal ram dari setiap jenis dan generasi prosesor.

Cara cek generasi prosesor intel komputer
Ilustrasi dan Gambaran Generasi Prosesor Intel

Cara cek generasi prosesor intel komputer

Misalnya, pada laptop saya yang memiliki prosesor berjenis intel core i3 yang mungkin generasi I, maksimal saya coba hanya mampu menambah ram dari awal kapasitas 2 Gb menjadi 4 Gb. dan berbicara tentang prosesor kita akan mengenal tentang prosesor intel dan cara membedakan atau cek generasi prosesor intek di komputer kita. Yang Pertama, Prosesor adalah Otak dari sebuah komputer dan merupakan rangkaian utama dari komputer, sama seperti manusia komputer juga membutuhkan otak untuk berpikir, mengolah atau memproses data.

selanjutnya kalau mendengar kata intel, selain intel polisi dan Indomie Telor¬† ūüėÄ pasti berpikir tentang prosesor dari sebuah komputer. intel adalah nama perusahaan yang membuat prosesor, selain intel ada pula amd. kemudian ada yang bertanya ke saya juga, kok saya beli laptop dengan spesifikasi yang sama dengan teman harganya berbeda?¬†Mungkin Generasi Prosesor yang anda beli dengan teman anda berbeda. Generasi pada sebuah prosesor intel adalah merupakan penambahan fitur-fitur dari generasi sebelumnya, seperti yang sering kita dengar prosesor intel generasi ke 1, generasi ke 2, generasi ke 3,¬†generasi ke 4,¬†generasi ke 5,¬†generasi ke 6, dan sampai prosesor generasi ke 7. dan Bagaimana Cara cek generasi prosesor intel komputer anda, berikut langkah-langkahnya :

Cara cek generasi prosesor intel komputer :

1. Cek Jenis Prosesor anda melalui sistem operasi anda, contoh saya menggunakan Windows 10.

2. Klik Kanan di MyComputer / This PC kemudian klik menu Properties. akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Cara cek generasi prosesor intel komputer
Menu properties untuk melihat jenis prosesor di Windows 10

3. Cek Gambar diatas (Jika terlihat kecil) klik gambar, kemudian lihat jenis prosesor yang saya miliki di laptop yaitu Intel(R) Core(Tm) i7-6498DU

4. Kemudian setelah mengetahui jenis prosesor yang anda miliki di laptop, kita akan beda masing-masing kode prosesor intel tersebut.

Intel(R) Core(Tm) : Merupakan Merek dagang

i7                  : Jenis Permodifikasi merek

6-498-DU : Angka 6 di digit awal merupakan generasi prosesor intel laptop anda, dan 3 digit selanjutnya merupakan digit angka SKU. dan 2 Huruf terakhir merupakan Jenis Lini Produk.

Dengan melihat pengkodean tersebut sekarang kita dapat mengetahui perbedaan atau jenis prosesor yang anda miliki dilaptop, berbeda generasi mungkin bisa berbeda juga harga yang anda bayarkan. dan secara detail bisa cek website resmi intel http://www.intel.co.id/content/www/id/id/processors/processor-numbers.html

Kesimpulan jika kamu ingin membeli laptop atau pc sesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan dan budget, dan tidak ada salahnya juga untuk memperhatikan jenis ram, jenis harddisk serta jenis prosesor dan generasinya, karena dengan mengetahui hal tersebut kamu dapat mengetahui apakah prosesor kamu bisa di upgrade ram nya atau masalah lainnya. demekian artikel bagaimana Cara cek generasi prosesor intel komputer semoga bermanfaat.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin