Cara Cek Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia

Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia, bisa dibilang penting ga penting. calon mahasiswa ada yang ingin masuk ke perguruan tinggi yang berperingkat 10 besar di Indonesia atau peringkat tidak penting bagi mereka, yang penting mereka enjoy kuliah. well, sebenarnya pemeringkatan atau rangkin sebuah perguruan tinggi didukung banyak variabel dan parameter. misalnya pada website pemeringkatan dunia http://www.webometrics.info/ yang pada dasarnya adalah aktivitas perguruan tinggi pada website atau media lain yang berbasis internet. seperti, yang dikutip admin jejakdosen.com ada 4 indikator yang harus dimiliki perguruan tinggi agar ranking bisa naik di webometrics. setelah membahas indikator apa saja yang ada di webometrics, saya akan menjelaskan Bagaimana Cara Cek Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia.

Cara Cek Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia

Sambung pada paragrap 1, yaitu 4 Indikator pada webometrics yang di kutip dihalaman website resmi adalah sebagai berikut :

1.Size (S)           : Banyak halaman/Jumlah Halaman yang terindeks di mesin pencari seperti google, yahoo dan Bing

2.Visibility (V) : Jumlah Link Eksternal yang mengakses Website perguruan Tinggi tersebut

3.Rich File (R) : File disini adalah file yang berformat Docx, Pdf, Ppt yang ada di mesin pencari baik google, yahoo dan Bing yang berhubungan dengan kegiatan Akademik atau Penelitian.

4.Scholar (S)     : Merupakan kombinasi dari beberapa Item yang terindeks di google Scholar dan Scimago.

Dari 4 indikator tersebut data diolah oleh webometrics dan di rangking kan dapat menurut skala dunia, atau pun benua.

Balik Ke Judul, Di Indonesia ada juga cara untuk pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia, Ristek Dikti yang merupakan pemangku kebijakan telah membuat teknik peringkat di perguruan tinggi di Indonesia. pada pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia oleh Ristek Dikti ini memiliki 4 komponen atau Indikator yaitu :

1.Sumber Daya Manusia (SDM)

2.Kemahasiswaan

3.Akreditasi

4. Penelitian dan Publikasi

Untuk kita yang ingin mengetahui peringkat perguruan tingginya atau bagaimana Cara Cek Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia, tinggal akses aja ke website Ristek DIKTI dengan cara sebagai berikut :

1.Klik Link berikut ini http://pemeringkatan.ristekdikti.go.id/index.php akan tempil seperti gambar dibawah ini :

Cara Cek Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia
Cara Cek Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia (klik Gambar untuk memperbesar)

 2. Kemudian ketik/masukan kode perguruan tinggi anda, kalau tidak tahu coba tanyakan kepada pihak kampus atau search di google, sebagai contoh saya masukan kode Universitas gajah mada yaitu Kode perguruan tinggi 001001. dan akan tampil hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Cek Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia
Hasil dari Pencarian perguruan tinggi di Indonesia (Klik Gambar untuk memperbesar)

3. Cek pada kolom peringkat umum, untuk UGM tertera nomor 2, berarti menurut perhitungan ristek dikti UGM berada pada peringkat 2 pada tahun 2016, Menurut kamu siapa ya perguruan Tinggi peringkat pertama di Indonesia.???  yups benar, kalau kamu jawab ITB hehehe

Demikian artikel Cara Cek Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia, semoga bermanfaat dan memotivasi perguruan tinggi kita untuk meningkatkan kualitas kampusnya, kalau perguruan tinggi tempat saya mengabdi masih di posisi 183, jauh banget mau ngejer ITB, UGM dan UI. semoga kedepannya akan mendekati kampus-kampus besar di Indonesia tersebut. Aminn

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

2 thoughts on “Cara Cek Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin