Cara Cek Rekening Penipu Transaksi Belanja Online via Cekrekening id

Cara Cek Rekening Penipu Transaksi Belanja Online via Cekrekening id– Maraknya Transaksi Belanja Online di era digital membuat konsumen yang suka berbelanja online harus berhati-hati untuk mentransferkan uangnya kepada pihak lain. beberapa cara yang dilakukan adalah membeli disitus-situs jual beli yang terpercaya, misalnya Bukalapak.com dengan fitur mengirimkan uang ke penjual setelah barang yang dikonfirmasi sampai kepada pembeli. atau di JD.id yaitu Website jual beli yang salah satu fiturnya adalah barang dibayar pada saat diantar istilahnya COD atau Cash on Delivery.

Cara Cek Rekening Penipu Transaksi Belanja Online via Cekrekening id

Pada dasarnya, banyak cara untuk antisipasi, tetapi si penipu memiliki banyak cara yang lebih dari si pembeli, sehingga. salah satu cara agar tidak tertipu untuk berbelanja online adalah mengecek nomor rekening penjual ke website www.cekrekening.id, cek rekening id adalah website yang diterbitkan atau dibuat oleh kementrian komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang bertujuan untuk sebagai portal/website untuk menggumpulkan data-data nomor rekening yang diduga pernah melakukan penipuan.

contohnya, misalkan saya pernah ketipu dengan penjual A dan saya memiliki nomor rekening si penipu tersebut, saya bisa melaporkan nomor rekening tersebut ke website cekrekening.id sehingga secara otomatis nomor rekening tersebut di banned oleh pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informatika. atau contoh lain untuk mengantisipasi apabila kita ingin berbelanja online, apakah nomor rekening si penjual sudah di blacklist atau belum oleh website cekrekening.id, kita bisa mengecek dengan cara memasukan nomor rekening tersebut ke website.

Jenis Rekening bagaimana yang bisa di laporkan ke website cekrekening.id

1. Jenis Rekening yang melakukan Penipuan dalam bentuk apapun

2. Jenis Rekening yang melakukan Investasi palsu, menanamkan sejumlah uang ke rekening tertentu

3. Jenis Rekening yang digunakan untuk proses transaksi narkoba dan obat-obat terlarang

4. Jenis Rekening yang digunakan mengumpulkan dana untuk kegiatan terorisme

5 Dan Jenis Rekening yang digunakan untuk kejahatan lainnya.

Bagaimana Cara Cek Rekening Penipu Transaksi Belanja Online via Cekrekening id ?

1. Buka Browser anda dan klik atau ketik alamat : https://cekrekening.id/ akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara Cek Rekening Penipu Transaksi Belanja Online via Cekrekening id
Menu Cek Rekening

2. Pilih Bank Asal nomor rekening yang ingin di Cek : contoh Bank Mandiri

3. Kemudian Masukkan Nomor Rekening mau di Cek.

4. Selanjutnya, Klik Tombol Periksa Rekening. dan akan tampil keterangan seperti gambar di bawah ini :

Cara Cek Rekening Penipu Transaksi Belanja Online via Cekrekening id
Laporan Berdasarkan Cek Rekening

5. Dari Gambar diatas, bahwa rekening yang saya masukan belum pernah di laporkan oleh siapa-siapa secara garis besar belum ada Blacklist dari website tersebut.

6. Jika Rekening Tersebut ingin dilaporkan, Klik Tombol Laporan Rekening ini (di Mohonkan tidak iseng menggunakan Nomor Rekening Teman atau Saudaranya)

Pada dasarnya Cara Cek Rekening Penipu Transaksi Belanja Online via Cekrekening id merupakan tindakan mencegah dan berhati-hati untuk transaksi online dan belanja online, serta memberikan informasi kepada pembeli yang lain dengan melaporkan bahwa nomor rekening tersebut pernah menipu anda, sehingga anda dapat membantu pihak lain untuk tidak tertipu. dan cara ini juga merupakan bentuk usaha dari pemerintah, yang pada tahun-tahun ini banyak dan marak penipuan online.

Kesimpulan, Bahwa Transaksi onlie atau belanja online tidak semuanya menawarkan penipuan, tetapi sebagai pembeli kita harus berhati-hati terhadap penjual, salah satunya adalah mengecek nomor rekening penjual ke website cekrekening.id yang diterbitkan oleh kementrian Komunikasi dan Infomatika Republik Indonesia, ingat website ini hanya bentuk mencegah.

Be Sociable, Share!

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *