Cara Cepat Translate atau menterjemahkan jurnal dengan Google Docs

Cara Cepat Translate atau menterjemahkan jurnal dengan Google Docs – Jurnal merupakan salah satu referensi untuk melakukan penelitian ilmiah atau Tugas akhir bagi mahasiswa. terkadang mahasiswa merasa alergi jika disajikan atau membaca jurnal atau buku-buku digital (ebook) yang berbahasa inggris. Pada Prinsipnya ada Kemauan pasti ada jalan. jika tidak terlalu bisa berbahasa inggris banyak cara yang kita bisa lakukan.

Cara Cepat Translate atau menterjemahkan jurnal dengan Google Docs
Tips Translate Jurnal dengan Mudah

Cara Cepat Translate atau menterjemahkan jurnal dengan Google Docs

Dahulu, Sebelum ada salah satu produk google saya menggunakan aplikasi transtool yang wajib ada di komputer atau laptop saya. atau membeli kamus bahasa inggris yang tebal, 1 milyar kata dan lain-lain. kemudian dengan ada produk google yaitu google translate kita dapat mudah men-translate atau menterjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Indonesia atau kebahasa yang support oleh google. permasalahan terjadi, di google translate kita harus meng-copy setiap kata dan kalimat ke kolom translate. sebenarnya ada Cara Cepat Translate jurnal dengan Google Docs. yang akan saya bahas di paragraph selanjutnya.

Google Docs adalah salah satu fitur atau aplikasi yang disediakan oleh google.com untuk menyimpan file dokumen atau mengeditnya. seperti kita menggunakan aplikasi Microsoft Office Word di Windows atau Open Office. merupakan editor teks dan format teks. data-data yang disimpan di Google docs otomatis masuk ke server cloud google atau masuk google drive. sehingga tidak perlu khawatir file hilang atau terkena virus, yang perlu di khawatirkan hanyalah koneksi internet, apabila tidak ada koneksi internet kita tidak dapat mendownload kembali file yang tersimpan.

Pertama-tama yang harus dipersiapkan untuk translate jurnal dengan google docs adalah file Jurnal / File materi berformat Doc atau Docx yang ingin di translate atau di terjemahkan. sebenarnya dokumen atau file ini tidak harus jurnal, materi apapun bisa kita translate atau terjemahkan.

Tahap-Tahap Translate Jurnal dengan Google Docs :

1. Yang Pertama persiapkan file Ms. Word yang mau di Translate.

2. Kemudian Login ke account Gmail anda dan Masuk Ke Google Drive 

3. Upload File Dokumen anda ke Google Drive terlebih dahulu, perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Cepat Translate atau menterjemahkan jurnal dengan Google Docs
Menu Upload File Dokumen Ke Google Drive

4. Klik Tombol New > Pilih File Upload (untuk upload file) atau Folder Upload (untuk upload folder)

5. Sebagai contoh saya upload dalam bentuk file.

6. Kemudian Tunggu Beberapa saat proses upload.

7. Kemudian Setelah File terupload, buka File dengan menggunakan Google Docs. Caranya Klik Kanan file Dokumen yang ada di Google Drive, Klik Open With Kemudian Klik Google Docs.

Cara Cepat Translate atau menterjemahkan jurnal dengan Google Docs
Tampilan Menu Open With file ke Google Docs

8. Kemudian Akan Tampil Seperti Gambar di Bawah ini :

Cara Cepat Translate atau menterjemahkan jurnal dengan Google Docs
Tampilan Halaman di Google Docs

9. Selanjutnya, setelah tampil seperti gambar diatas, kemudian klik Menu Bar > Pilih Tools > Translate Document

10. Keterangan Pada Menu Translate Document :

New Title Document : Untuk Membuat Judul Baru file Dokumen anda

Translate Into : Pilih Bahasa yang ingin anda terjemahkan untuk dokumen. Misalnya : English

11. Kemudian Klik Tombol Translate. tunggu beberapa saat. dan Treenggg file dokumen anda sudah di Translate.

Kesimpulan Artikel ini adalah Tools dari Google Docs ini hanya alat bantu kita saja, dan beberapa kata atau paragrap yang sudah di translate harus kita cek dan ricek. karena proses menterjemahkannya melalui google translate jadi tergantung bahasa indonesia yang kita ketik, tidak dipungkiri lagi jika kita mengetik atau menulis artikel/penelitian bahasa indonesia kita ada beberapa yang tidak baku. sehingga ketika di translate pun menjadi kacau dan acak-acakan. Cara Cepat Translate atau menterjemahkan jurnal dengan Google Docs bisa digunakan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia atau sebaliknya. dan juga bisa translate ke bahasa yang didukung google.

Demikian Artikel ini semoga bermanfaat. jika masih bingung. coret-coret di kolom komentar. salam jejakdosen.com

Be Sociable, Share!

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *