Cara Export Import Databases di PhpMyadmin Xampp

Cara Export Import Databases di PhpMyadmin Xampp – Untuk yang baru belajar bahasa pemograman berbasis web baik dengan menggunakan bahasa pemograman HTML ataupun Bahasa Pomograman Php yang berbasis open source sering mendengar dengan aplikasi Xampp. Xampp adalah aplikasi yang memiliki 5 program yang terdapat di satu aplikasi. Xampp bersifat open source atau gratis. aplikasi ini mendukung berbagai macam sistem operasi baik windows, linux  dan OS X. yang anda bisa download di website resmi https://www.apachefriends.org/index.html

Cara Export Import Databases di PhpMyadmin Xampp
Ilustrasi mem-back up Databases

Cara Export Import Databases di PhpMyadmin Xampp

Pada Xampp terdapat program server Apache, Mysql, FileZilla, Mercury dan Tomcat. dan bahasa pemograman yang didukung yaitu Php dan Perl, masing-masing aplikasi tersebut memiliki fungsi masing-masing yaitu :

1. Apache merupakan web server. ibaratnya adalah jembatan yang menghubungkan antara jalan satu dengan jalan yang lain.

2. MySql adalah Aplikasi basis data yang mendukung sistem manajemen basis data yang berelasi. aplikasi ini bersifat gratis dan tidak diperbolehkan untuk hal yang bersifat komersil.

3. FileZilla adalah Aplikasi File Transfer Protocol yang bersifat gratis. bagi blogger yang menghosting data blognya di webhosting pasti pernah menggunakan filezilla untuk mengambil data blognya. Prosesnya terlihat seperti mendownload tetapi kecepatannya lebih cepat dari mendownload. bingung ga kata-katanya  😀

4. Mercury adalah merupakan aplikasi server mail yang bisanya digunakan untuk membuat server mail sendiri. mercury ini bukan bahan kimia yang dibuat untuk kosmetik-kosmetik yang merusak wajah ya gaes  🙄

5. Tomcat adalah Secara dasar tomcat hampir sama dengan apache, yaitu sama-sama webserver.

Itu pengenalan aja ya alias intro dari artikel ini, kemudian saya lanjutkan sesuai tema. pada dasarnya ketika kita mengerjakan apapun di komputer, kita harus melakukan Back up. kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan komputer kita kedepannya. apakah hardisknya rusak, laptop dicuri atau hal-hal yang lain tidak di inginkan. sebagai programmer atau databases administrator kata back up tidak asing lagi ditelinga mereka. tetapi bagi pemula kata back up terkadang dianggap remeh atau dicuekin.Bagi yang baru belajar dengan databases dan menggunakan aplikasi Xampp, saya akan membahas Bagaimana Cara Export Import Databases di PhpMyadmin Xampp :

Ada beberapa cara back up databases di PhpMyadmin Xampp :

1. Back up manual dengan cara meng copy folder databases yang ada di folder C://Xampp > MySql > Data > Nama Databases anda. kemudian simpan di media simpan anda. jika menggunakan cara ini yang harus diperhatikan adalah Apache dan MySql nya harus di stop terlebih dahulu.

2. Back up databases dengan Cara Export Import Databases di PhpMyadmin Xampp, cara ini back up dengan menggunakan Phpmy Admin, Simak Tahap-tahapnya sebagai berikut :

a. Klik aplikasi Xampp anda Kemudian Aktifkan Apache dan MySql anda. Seperti Gambar di bawah ini :

Cara Export Import Databases di PhpMyadmin Xampp
Tampilan Xampp di Windows

b. Kemudian Klik Browser anda kemudian ketik localhost atau 127.1.1.1 di URL address

c. Kemudian Klik PhpMyadmin

d. Selanjutnya Klik Databases yang ingin anda Export atau Import. Seperti gambar dibawah ini :

Cara Export Import Databases di PhpMyadmin Xampp
Tampilan Databases di PhpMyAdmin

Cara Export databases Databases di PhpMyadmin Xampp :

1. Setelah dipilih databases yang ingin di export kemudian klik Menu Export

2. Kemudian Pilih Format databases yang mau di Export contohnya anda bisa memilih Format SQL atau CSV Excel

3. Kemudian Klik Tombol GO. dan file Databases akan terdownload.

Selanjutnya  Import Databases di PhpMyadmin Xampp :

1. Setelah melakukan proses export, selanjutnya kita lanjutkan dengan proses import

2. masih sama dengan cara yang pertama, di sebelah menu export, klik menu Import

3. Kemudian pada menu File to Import klik tombol Choose file. pilih file databases anda max ukuran 2 MB

4. Selanjutnya pada Menu Format pilih SQL

5. Kemudian klik GO, tunggu sampai ada keterangan sukses import databases.

6. Selesai

Kesimpulan proses Import dan Export di PhpMyAdmin sangat mudah caranya, Proses Export adalah mengunduh file databases dari localhost ke komputer kita kemudian Proses Import adalah proses upload databases dari Komputer ke localhost. Yang terpenting diperhatikan adalah tahap-tahap import atau export databases diatas yang ada di artikel diatas. yang terpenting anda harus rajin-rajin membackup untuk menghindari kehilangan data. semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk pembaca. jika ada saran dan komentar coret-coret di kolom komentar.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin