Cara Install CMS WordPress di Cpanel Hosting sendiri

Cara Install CMS WordPress di Cpanel Hosting sendiri – Untuk memulai nge-blog dan terlihat profesional, seorang blogger harus memiliki Domain dan memiliki Hosting sendiri. tetapi untuk memiliki tempat hosting sendiri dibutuhkan biaya yang cukup tinggi dengan kebutuhan yang banyak, misalnya tempat, jaringan internet yang stabil dan aliran listrik yang tidak putus.

Cara Install CMS WordPress di Cpanel Hosting sendiri

Tetapi jangan khawatir bagi para pemula, tidak harus memiliki hosting sendiri, saat ini banyak sekali penyedia jasa hosting yang harganya bervariasi. misalnya Idwebhost ,Domainesia, Rumah web dan masih banyak lagi. ada tinggal search di google, tinggal bandingkan harga yang termurah menurut anda. menurut saya penyewaan hosting dan domain kalau dihitung relatif murah. jika harga pertahunnya domain dan hosting Rp. 300.000 / tahun, maka biaya tersebut jika kita bagi 12 bulan, hanya sebesar Rp. 25.000.

Baca Juga : Perbedaan Domain dan Hosting

Selanjut jika kamu tidak bisa membuat website, anda tinggal menggunakan Content Management System (CMS) yang Gratis alias free. salah satunya adalah wordpress. pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang Keuntungan menggunakan wordpress.

Baca Juga : 13 Keuntungan menggunakan CMS WordPress

Lanjut ke topik, Bagaimana Cara Install CMS WordPress di Cpanel Hosting sendiri, penyedia hosting memiliki metode dan pelayanan yang berbeda-beda. ada yang langsung dapat meng-install cms wordpress tanpa harus pemilik blog atau ada yang memang meminta untuk si-empunya blog yang menginstall CMS wordpressnya sendiri.

 

Cara Install CMS WordPress di Cpanel Hosting sendiri ?

1. Setelah anda menyelesaikan pembayaran untuk pembelian anda akan diberikan user dan password serta alamat Cpanel ke hosting anda.

2. Kemudian anda silahkan login ke Cpanel anda dengan memasukan user dan password

Cara Install CMS WordPress di Cpanel Hosting sendiri
Menu Utama Cpanel

3. Kemudian Setelah Login Berhasil, anda akan di arahkan ke Menu Cpanel, selanjutnya anda cari Menu Softaculous Apps Installer (sampe keseleo lidah saya  😆 )

Cara Install CMS WordPress di Cpanel Hosting sendiri
Menu Softaculous Apps Installer di CPanel

4. Ada banyak pilih CMS disana, anda pilih WordPress

5. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini, dihalam tersebut pastikan Space available (tersedia) lebih besar dari space required, untuk tempat meng-install.

Cara Install CMS WordPress di Cpanel Hosting sendiri
Tampilan WordPress di Cpanel

6. Selanjutnya Jika Space terpenuhi, klik tombol Install Now

7. Kemudian isikan data-data yang di minta dan sesuaikan dengan deskripsi atau informasi blog anda

=> Software Setup

a. Isikan alamat protokol SSL anda jika ada di  Choose Protocol

b. Isikan Nama domain anda (biasanya langsung tampil pada kotak isian) Choose Domain

c. Hapus kata WP jika kita ingin meng-install di folder utama yaitu public_html di menu In Directory

=> Site Setting

a. Isi Nama Website anda di Kotak isian Site Name

b. Isi Deskripsi Website di Site Description

=> Admin account

a. Isi nama user admin untuk login

b. isi password admin untuk login

c. isikan alamat email anda di kotak isian admin email

=> Langkah selanjutnya ada plih template yang ada kemudian klik tombol Install

8. Tunggu Proses Beberapa Saat dan Jika ada keterangan seperti gambar di bawah ini, maka WordPress anda berhasil di Install

Demikianlah artikel saya kali ini tentang Cara Install CMS WordPress di Cpanel Hosting sendiri, semoga bermanfaat untuk para pembaca semua. saran dan kritik bisa langsung coret-coret kolom komentar yang tersedia

Be Sociable, Share!

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin