Cara membuat daftar isi otomatis di Ms. Word terbaru

Cara membuat daftar isi otomatis di Ms. Word terbaru – Saat mengerjakan penulisan ilmiah atau membuat buku, agar mempermudah pencarian halaman topik atau tema bahkan isi kita harus mempersiapakan dan menyediakan daftar isi. Di Ms. Word 2016 ini anda dapat membuat daftar isi secara otomatis.

Cara membuat daftar isi otomatis di Ms. Word terbaru

Untuk membuat daftar isi secara manual, anda sangat kesulitan untuk meng-scroll dari form daftar isi lalu melihat halaman topik. saat ini ms. word 2016 sudah memiliki fitur daftar isi otomatis.

Berikut cara dan langkah-langkahnya cara membuat daftar isi otomatis di ms. word terbaru :

1.Buka Ms. Word 2016 kemudian klik menu Home > Style , pertama yang harus diatur adalah Menu Style, yaitu saya akan mengedit untuk Heading 1 sebagai judul utama (BAB), Heading 2 untuk Sub Bab dan Style normal untuk isi dari tulisan.

2. Berikut langkah-langkah pengaturan Heading 1, Heading 2, Normal

3. Klik Heading 1 pada menu Styles dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara membuat daftar isi otomatis di Ms. Word terbaru

4. Kemudian klik Modify dan akan tampil seperti gambar dibawah ini :

5. Ubah properties sesuai dengan kebutuhan anda seperti Name, Jenis huruf, font size, bold, italic, underline dan warna huruf. Serta anda dapat mengubah pada menu format disudut kiri bawah

6. Berikut contoh pengaturan yang saya buat untuk Heading 1, Heading 2 dan Normal :

Pengaturan Heading 1

Pada pengaturan diatas yang saya ubah untuk BAB adalah Jenis huruf = Times New Roman, Font size = 16 Bold, warna font = hitam serta perataan teks tengah.

pengaturan Heading 2

Pada pengaturandiatas yang diubah untuk sub bab adalah sebagai berikut :Jenis huruf = Times New Roman, Font Size = 14 , Bold, Warna Font = Hitam Serta perataan teks tengah

Pengaturan normal

7.Kemudian langkah selanjutnya, anda mengetik Bab terlebih dahulu kemudian seleksi bab tersebut kemudian klik Heading 1.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Download Aplikasi Youtube go di saat kuota menipis


8.Kemduian langkah selanjutnya, anda mengetik Sub Bab terlebih dahulu kemudian seleksi bab tersebut kemudian klik Heading 2

9.langkah selanjutnya, anda mengetik isi penulisan terlebih dahulu kemudian seleksi bab tersebut kemudian klik Normal dan akan tampil seperti gambar dibawah ini :

10.Ulangi langkah 7, 8, 9 sampai dengan ketikan anda selesai.


11.Langkah selanjutnya menampilkan halaman daftar isi, tetapi terlebih dahulu anda untuk menyisipkan nomor halaman.


12.Kemudian untuk menyisipkan daftar isi langkah selanjutnya adalah klik reference > table content dan akan tampil gambar disamping ini :

13.Kemudian pilih template daftar isi yang sudah disediakan seperti gambar dibawah ini :

14. Dan akan tampil seperti gambar di bawah ini ketika sudah selesai :

Demikianlah artikel singkat saya mengenai Cara membuat daftar isi otomatis di Ms. Word terbaru apabila anda masih kebingungan untuk mengikuti langkah-langkanya nya, anda dapat menontonnya di Youtube Channerl saya : robbyyuliendra dibawah ini :

 

 

 

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.