Cara membuat daftar pustaka dan citasi otomatis di word

Cara membuat daftar pustaka dan citasi otomatis di word – Sebagai salah satu dosen pembimbing di kampus, kadang saya merasa heran ketika mahasiswa tingkat akhir membuat citasi dan daftar pustaka tidak konsisten. bahasanya agak berat, sebelum masuk ke judul artikel saya akan menjelaskan dulu apa itu citasi / sitasi dan daftar pustaka.

Cara membuat daftar pustaka dan citasi otomatis di word

Citasi atau sitasi adalah daftar pustaka atau isi pada sebuah dokumen baik secara seluruh atau sebagian yang di kutip oleh seorang peneliti guna menjadi rujukan pada penelitian yang iya lakukan.

Daftar pustaka adalah Suatu informasi atau tulisan yang biasanya disusun di akhir penulisan penelitian yang biasanya terdiri nama penulis, penerbit, judul, tahun dan lain-lain.

Pada penelitian kita harus berhati-hati untuk membuat citasi dan daftar pustaka, kenapa jika dari kedua hal tersebut tidak konsisten, maksudnya adalah jika ada citasi tetapi di daftar pustaka tidak ada maka di anggap anda seorang plagiat (mohon di koreksi jika saya salah).

Hal tersebut saya pernah alami ketika pada saat mengurus kenaikan pangkat, salah satu artikel yang dimuat di jurnal tidak konsisten, maka jurnal tersebut di anggap plagiat dan tidak dapat diterima untuk di hitung jumlah nilai kumnya, sangat sayang sekali.

Padahal di Microsoft word 2007 keatas memiliki fitur untuk membuat citasi / sitasi dan daftar pustaka secara otomatis.

Berikut Cara membuat daftar pustaka dan citasi otomatis di word, kali ini saya menggunakan Microsoft word 2016, tetapi caranya sama saja dengan Ms. Word 2007, 2010 dan 2013.

1. Buka aplikasi Ms. Word 2016 atau yang lain anda

2. Kemudian pada lembar kerja dokumen anda, anda tulis citasi atau kutipan yang ingin anda buat, misalnya anda ingin mengutip dari sebuah buku. sebagai contoh berikut adalah teks yang ingin saya kutip :

Cara membuat daftar pustaka dan citasi otomatis di word
Buat teks yang ingin anda citasi

3. Langkah Selanjutnya, anda letakkan kursor di akhir teks atau paragrap citasi anda.

4. Kemudian klik menu References > Insert Citation > add new Source seperti gambar di bawah ini :

Cara membuat daftar pustaka dan citasi otomatis di word
Menu references

5. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara membuat daftar pustaka dan citasi otomatis di word
Isi informasi buku, untuk daftar pustaka

6. Pada menu Type of Source anda dapat memilih jenis dokumen/sumber kutipan anda misalnya buku, jurnal, web dan lain-lain.

7. Untuk contoh saya menggunakan Type of Source dan kemudian isi semua informasi yang dibutuhkan seperti Author/pengarang, Title, Year dan lain-lain. contoh seperti gambar di bawah ini :

8. Kemudian klik OK, dan pada paragrap terakhir anda, akan tampil nama dan tahun yang anda buat. ulangi langkah diatas untuk memasukan semua sitasi anda.

9. Jika sudah selesai, saatnya membuat daftar pustaka, sebagai contoh saya meletakan di bawah citasi dokumen saya tadi.

10. Kemudian anda klik menu References > Bibliography > pilih menu References

11. Dan daftar pustaka otomatis anda akan tampil, jika banyak citasi maka di daftar pustaka akan banyak juga.

12. Anda dapat memilih jenis Sytle Bibliography, ada beberapa yang anda dapat pilih : APA, Chicago, harvard, IEEE dan lain-lain.

Dan Cara membuat daftar pustaka dan citasi otomatis di word ini anda bisa lihat video dibawah ini juga, dan jika berkenan untuk meng-Subscribe Youtube Channel : jejakdosen.com

 

Demikanlah artikel singkat saat tentang Cara membuat daftar pustaka dan citasi otomatis di word semoga bermanfaat.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin