13 Cara Membuat Password Sulit di Hack dan di Tebak

13 Cara Membuat Password Sulit di Hack dan di Tebak – Password adalah kata sandi atau kata kunci pada sebuah akun penting yang dimiliki seseorang. contohnya ketika membuat email, kita diminta untuk membuat kata sandi atau password, dengan berpikir agar mudah di ingat biasanya password dibuat dengan hal-hal yang ada di atribut seseorang sehari-hari. sehingga orang dapat mudah untuk menebak password yang kita miliki.

Cara Membuat Password Sulit di Hack dan di Tebak
13 Cara Membuat Password Sulit di Hack dan di Tebak

13 Cara Membuat Password Sulit di Hack dan di Tebak

Sebagai Dosen IT, saya beberapa kali mendapatkan pertanyaan, dari mahasiswa. Pak, Facebook saya di Hack? Bagaimana Cara mengembalikan Akun Facebook saya? dan saya bertanya yang nge hack siapa? Mantan pacar saya? (Jedotin kepala ke tembok). Emangnya password kamu apa, Tanggal lahir saya Pak? itu bukan di hack nak, itu main tebak saja. Dari dialog tersebut saya terkadang geli sendiri dengan kata-kata Hack. Mungkin kita sering mendengar kata-kata BBM Status saya di Hack, Status facebook saya di Hack dan Lain-lain. ­čśŤ ┬áHack atau hacker adalah Seseorang yang masuk ke dalam suatu jaringan komputer dengan memiliki tahap menganalisa, memodifikasi dengan tools serta menerobos sistem keamanan di Komputer. Jadi Kalau Status Kamu di Hack sama temannya, itu bukan Hack atau Dia disebut Hacker tetapi Kecerobohan kamu. Inget Ceroboh hehe

Dan selanjutnya, Bagaimana Membuat Password yang sulit di hack dan di Tebak, ada 13 cara yang harus kita lakukan :

1. Buat Passsword Minimal karakter 8 (paling sedikit)

Pada saat ini Ketika kita ingin mendaftar membuat Email atau yang lainnya, pasti kita di haruskan membuat minimal 8 karakter, Kenapa? Mungkin, peluang ketika memodifikasi password lebih sulit dibandingkan dengan 4 atau 6 karakter. ingat pelajaran Matematika ketikas sekolah, pada Bab Peluang.┬á ­čśŤ

2. Jangan Membuat Password dengan Tanggal Kelahiran

Sampai hari ini, jika kita survey banyak yang membuat password menggunakan Tanggal kelahiran, Alasannya adalah agar mudah di Ingat, tetapi bagi orang lain password tersebut mudah di Tebak. jangan heran ketika orang lain ingin masuk ke email anda, yang pertama mereka pikirkan untuk password anda adalah Tanggal Lahir.

3. Gunakan Variasi atau kombinasi Simbol dan Angka pada password anda

Hal ini menjadi penting dan password anda akan menjadi lebih sulit ditebak, jangan kan orang lain anda pun akan susah menghafalkannya. ­čść contoh tanda (@#$%%^^&)

4. Jangan Membuat password dengan kata-kata yang berhubungan dengan kamu

Misalnya password : nama ayah, nama ibu, nama adik, nama pacar, tanggal jadian dll. karena setelah tanggal lahir orang lain pasti berpikir denga orang-orang terdekat kamu.

5. Jangan Sekali-kali menyuruh orang lain membuat akun anda

Kebiasaan, karena menggap email tidak terlalu penting, mungkin dari beberapa orang lain menyuruh temannya membuat akun dan password. itu tidak di rekomendasikan.

6. Jangan menulis password di tempat atau alat yang sering di gunakan orang lain

misalnya anda menulis di komputer tempat kerja atau di meja kerja serta tempat-tempat yang lainnya.

7. Jangan Sering Login di Device atau komputer umum

Hal tersebut harus diantisipasi, kemungkinan ada malware atau software keylogger di komputer tersebut.

8. Jangan Beritahu Password akun kamu ke orang lain

Jika sudah terlanjur, segera ganti password lama kamu menjadi password baru.

9. Hindari membuat password akun kamu dengan angka berurutan

contoh : 12345678

10. Hindari membuat password dengan teknik pengetikan yang mudah ditebak

contoh : qwertyui

11. Jika membuat password di suatu akun, ikuti petunjuk dan rekomendasi akun tersebut.

12. Gantilah Password secara berkala, misalnya sebulan sekali

13. Jika Smartphone atau laptop anda ingin dijual, pastikan semua data di hapus atau di install ulang

Kesimpulan dari artikel 13 Cara Membuat Password Sulit di Hack dan di Tebak adalah Password merupakan suatu yang sangat penting, kita belum bisa merasakan apabila akun sudah disalah gunakan, apa salahnya mencegah terlebih dahulu di bandingkan mengobati. Mulai Sekarang, hati-hati dengan penggunaan password, untuk menghindari kejahatan. Kalau kata bang napi kejahatan itu di Mulai dari adanya kesempatan..

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin