Cara membuat subdomain di cpanel hosting web anda

Cara membuat subdomain di cpanel hosting web anda – Subdomain adalah merupakan pembagian tempat atau area disebuah main domain. ada kalanya ketika anda mendevelop sebuah blog atau website, sebelum anda implementasikan ke hosting dan domain sendiri, anda ingin mencoba website tersebut di sebuah domain yang anda miliki.

Cara membuat subdomain di cpanel hosting web anda

Cara yang paling mudah anda dapat membuat subdomain baru di cpanel hostingan anda, jumlah subdomain yang dapat dibuat tergantung penyedia jasa layanan hosting itu sendiri, ada yang unlimited atau ada yang menawarkan jumlah tertentu dan saya menyewa hosting di www.domainesia.com.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara membuat subdomain, alangkah baiknya kita mengetahui istilah yang sering anda dengar di penyedia jasa layanan hosting dan domain.

1. Domain Utama atau Main Domain

Domain utama atau main domain merupakan domain yang diberikan ketika anda membeli atau menyewa sebuah tempat atau hosting di penyedia jasa layanan internet. paket sebuah hosting tidak akan berfungsi jika anda tidak memiliki main domain.

2. Domain Tambahan

Ada kalinya sebagai orang yang berkecimpung di dunia blog atau website, anda membutuhkan 2 atau 3 blog yang berasal dari 1 hosting yang sama, dan menambahkan blog atau website tersebut disebut dengan domain tambahan.

Domain tambahan ada 2 jenis yaitu :

a. Park domain atau parking domain

Park domain merupakan domain tambahan yang ditambahkan pada main domain, secara ilustrasi seperti ini : jika main domain blog saya ini adalah : www.jejakdosen.com dan saya membuat parking domain  : www.tapakdosen.com, maka ketika user membuka www.tapakdosen.com maka akan diarahkan ke website www.jejakdosen.com

Dengan katalain antara www.jejakdosen.com = www.tapakdosen.com dan park domain tidak dapat mengarahkan ke website yang independent atau website yang lain.

b. Add on domain

Add on domain adalah domain tambahan yang ditambahkan di main domain dari paket hosting yang anda miliki. dan jenis domain ini anda dapat kembangkan menjadi website yang independent.

ilustrasi :

Jika anda memiliki main domain : www.jejakdosen.com  dan anda menambahkan add on domain www.tapakdosen.com, maka kedua domain tersebut merupakan website tersendiri dan berbeda.

tetapi untuk resource yang di gunakan sama pada hostingan anda, baik CPU, Ram ataupun Disk Space. jika anda membuat add on domain, berarti kedua website tersebut mengambil resource yang sama pada hostingan anda.

contoh : jika website 1 anda menggunakan 90 % CPU, 90% ram dan 90 % Disk, maka sisanya yang 10% di distribusikan untuk website yang kedua

Kembali ke topik,Cara membuat subdomain di cpanel hosting web anda ikuti langkah-langka berikut ini :

1. Login ke Cpanel hostingan anda, masukan username dan password

2. Jika berhasil akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara membuat subdomain di cpanel hosting web anda
Menu Utama di Cpanel Hosting

3. Kemudian pilih menu domains > subdomains dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara membuat subdomain di cpanel hosting web anda
Form membuat subdomains

4. Kemudian isi :

a. subdomains : nama subdomain yang anda ingin buat

b. domains : pilih main domain anda (jika anda memiliki lebih dari satu)

c. Document root : jika anda ingin mengarahkan rootnya, jika tidak kosongkan saja

5. Selanjutnya klik Tombol Create dan tunggu beberapa saat.

6. Kemudian anda tinggal meng-upload file website yang ingin anda jadikan subdomain di cpanel. caranya seperti cara back up file di cpanel.

6. Jika berhasil anda dapat mencoba membukanya di browser, misalkan saya membuat subdomainnya : www.blog.jejakdosen.com , maka akan tampil file website yang anda letakkan di domain tersebut.

Demikianlah artikel informasi kali ini semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan ketik di kolom komentar dibawah ini

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin