Cara mencari gambar gratis di google untuk blog | Jejakdosen.com

Cara mencari gambar gratis di google untuk blog – Saat ini google merupakan mesin pencari yang banyak di gunakan pengguna internet di dunia. dengan tampilan yang sederhana, tidak terlalu berat dan memiliki algoritma yang sangat bagus, google menjadi pilihan untuk menjadi mesin pencarian terbaik. selain google saat ini ada beberapa mesin pencari yaitu BING, Yandex, ataupun Yahoo.

Cara mencari gambar gratis di google untuk blog
Cara mencari gambar gratis di google untuk blog (sumber gambar : commons.wikimedia.org)

Cara mencari gambar gratis di google untuk blog

Bagi seorang yang memiliki blog, pasti seorang blogger ingin menyempurnakan setiap postingannya, dengan cara pada setiap postingan terdapat content yang baik, ada gambar dan juga ada gambar video agar para pembaca melihat seriusnya isi dan blog yang anda buat.

Permasalahan yang terjadi, ketika ingin memasukan gambar untuk menunjang postingan blog, gambar yang berhubungan dengan postingan tersebut anda tidak memiliki. ingin ambil di google, takut bahwa gambar tersebut memiliki copyright atau hak cipta.

Copyright atau hak cipta adalah hak khusus yang diberikan oleh pencipta atau pemilik gagasan baik produk, gambar, design, aplikasi atau informasi atau gagasan. apabila suatu produk memiliki hak cipta tidak sembarang orang yang dapat menggunakan produk tersebut terkecuali mendapatkan izin dari pemilik hak cipta tersebut.

Dalam hal Copyright atau hak cipta ini google saya concern untuk itu. pengalaman saya ketika saya membuat aplikasi berbasis android sekitar beberapa bulan yang lalu, saya membuat aplikasi untuk informasi perhitungan angka kredit JJA, pada saat design saya memasukan gambar atau logo ristekdikti,ketika upload di playstore aplikasi tersebut ditolak dikarena ada hak cipta di gambar tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut ada Cara mencari gambar gratis di google untuk blog ataupun aplikasi yang anda ingin publish di playstore.

Berikut ini Cara mencari gambar gratis di google untuk blog :

1. Buka Situs Google : www.google.co.id

2. Untuk Mencari Gambar : klik Image

Cara mencari gambar gratis di google untuk blog
Menu Setting pada Google Image

3. Pada Tampilan diatas, klik menu Setting di sudut kanan bawah dan Klik Advanced Search.  akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara mencari gambar gratis di google untuk blog
Menu advanced search pada google

4. Kemudian pada tampilan menu advanced search, ada beberapa settingan yang harus dilakukan :

a. Pada menu Find Pages With anda hanya cukup setting pada bagian : all these word : anda ketik nama/judul gambar yang ingin anda cari

b. Pada menu Then narrow your result of anda hanya cukup setting usage rights : pilih free to use or share

c. untuk menu yang lain anda tinggal sesuaikan dengan kebutuhan saja, yang terpenting dua (2) settingan tersebut diatas.

5. Selanjutnya klik tombol advanced search dan tunggu beberapa saat. akan tampil gambar free/gratis yang dapat digunakan.

Cara mencari gambar gratis di google untuk blog
Tampilan Gambar hasil pencarian di Menu Advaced search

Demikian artikel singkat mengenai bagaimana Cara mencari gambar gratis di google untuk blog, saran saya cara ini digunakan apabila kita tidak mempunyai stok gambar lagi untuk postingan diblog. gunakan pada saat mendesak atau urgent saja. karena dengan memposting gambar sendiri manandakan bahwa anda benar-benar serius dengan isi postingan di blog anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat…

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin