Cara mencari niche blog banyak visitor untuk blogger pemula

Cara mencari niche blog banyak visitor untuk blogger pemula – Ngeblog, Buat blog pertama kali, apa yang harus saya lakukan. hal tersebut yang sering menjadi pertanyaan bagi para blogger pemula, termasuk saya saat itu. dari pertanyaan tersebut dan bingung mau tanya sama siapa dan semakin bingung membaca artikel di internet yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan.

Cara mencari niche blog banyak visitor untuk blogger pemula
Menentukan Niche blog : (source gambar : https://www.flickr.com/photos/kuribo/137951057)

Cara mencari niche blog banyak visitor untuk blogger pemula

Menurut saya dua hal yang akan saya bahas ketika anda pertama kali ingin membuat blog sebelum masuk ke masalah teknis yang lain :

1. Menentukan Content Management System (CMS)

2. Menentukan niche dari blog tersebut

A. Menentukan Content Management System (CMS)

Minimal anda harus mengetahui tentang CMS yang ingin anda jadikan sebagai kanvas untuk menampung semua tulisan anda, dengan keuntungan dan kekurangan yang di miliki, berikut adalah contoh CMS yang ada saat ini :

1. Blogger atau Blogspot.com

Merupakan CMS gratisan yang disediakan oleh Google, dan anda harus memiliki pengetahuan sedikit tentang coding HTML ataupun CSS.

2. WordPress

Ada yang gratisan dan ada yang berbayar. penggunaannya user friendly dan tidak perlu memiliki pengetahuan coding juga ga masalah

3. Weebly

4. Joomla

B. Menentukan niche dari blog yang ingin anda buat

Niche blog adalah merupakan topik tertentu dalam sebuah blog dan biasanya blog tersebut hanya memiliki satu topik saja.

Niche blog memiliki 4 jenis menurut Jhon james robinson yang ada di dalam ebooksnya yang berjudul The Authority Site Adsense Guide. yang saya kutip dari blog (sumber: jefferlysuperclub.com)

1. Jenis Whole-niche

Yaitu jenis niche blog yang membahas keseluruhan topik. jika anda ingin membuat niche blog teknologi, dengan jenis niche ini semua hal yang berhubungan dengan teknologi harus anda bahas. komputer, gadget, internet, blog dan semua yang berhubungan dengan teknologi.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara publish postingan terjadwal di blog wordpress

2. Broad niche

Yaitu jenis niche yang hanya membahas sebagain niche atau topik saja. misalkan anda memilih niche teknologi anda cukup membahas tentang komputer, cara kerja, review hardware ataupun software saja, handphone.

3. Themed niche

Yaitu jenis topik yang hanya membahas satu niche, misalkan anda membahas topik blog anda tentang handphone ya anda cukup membahas tentang handphone saja.

4. Micro niche

Yaitu jenis topik yang membahas niche dengan cakupan sangat sempit dan detail. jika anda membahas niche tentang windows, anda membahas niche ya tentang windows tetapi mendalam.

Sekarang, anda sudah mengetahui tentang niche, pertanyaan topik/ niche apa yang banyak di kunjungi oleh visitor ?

Kalau untuk masalah niche yang banyak dikunjungi merupakan hal subjektif yang saya berikan, karena banyak faktor yang mempengaruhi visitor untuk mengunjungi blog anda.

Baca Juga : Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog anda

1. Jenis niche Kesehatan

2. Jenis niche teknologi

3. Jenis niche hiburan

4. Jenid niche berita atau life style

5. dan banyak lagi niche yang lain.

Tetapi jenis niche-niche diatas sangat banyak sekali yang ada di mesin pencari, dan anda harus bekerja ektra keras agar blog anda ada di top rank. dan ngeblog merupakan suatu pekerjaan yang harus di seriusi dan di fokuskan, karena pesaing blog sangat banyak, dan tiap harinya milyaran artikel masuk ke mesin pencari.

Dan Terakhir ngeblog bukan hanya uang semata, tetapai bagaimana melakukan pekerjaan yang membuat anda senang dan nyaman.

Demikianlah artikel nge-blog saya tentang Cara mencari niche blog banyak visitor untuk blogger pemula semoga bermanfaat.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.