Cara mengatasi NIK Tidak Sesuai di aplikasi antrian paspor

Cara mengatasi NIK Tidak Sesuai di aplikasi antrian paspor – Beberapa waktu yang lalu pihak imigrasi mengeluarkan aplikasi berbasis mobile serta berbasis web untuk meningkatkan pelayanan pembuatan paspor di seluruh Indonesia. Tetapi informasi dan sosialisasi mungkin agak sedikit kurang, dan banyak informasi yang masih belum dapat diketahui oleh masyarakat banyak.

Cara mengatasi NIK Tidak Sesuai di aplikasi antrian paspor

Dengan kemajuan Teknologi dan Komunikasi, saat ini banyak pengurusan dokumen-dokumen dilakukan dengan cara digital atau menggunakan aplikasi mobile (via HP) dan Berbasis website. Mau tidak mau sebagai masyarakat, kita harus melek teknologi.

Salah satu yang menggunakan cara digital adalah Pihak Imigrasi untuk antrian pembuatan paspor. jadi, jika anda ingin membuat paspor baru atau pergantian, saat ini anda tidak akan dilayani apabila anda datang langsung untuk mengantri pembuat paspor.

Yang anda harus lakukan adalah mendaftar secara online melalui aplikasi mobile layanan Paspor Online (Background Merah) jika anda pernah menginstall aplikasi antian paspor berwarna hijau iconnya itu tidak dapat digunakan. yang ada dapat download di Playstore dan Juga anda dapat mengakses di website : https://antrian.imigrasi.go.id/

Setelah anda mengunduh aplikasi layanan paspor online atau anda sudah mengunjungi website https://antrian.imigrasi.go.id/ maka anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. dengan mengisi beberapa informasi yang anda miliki. yang terpenting adalah anda harus mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada E-KTP anda.

tetapi kita saya mendaftar ada keterangan NIK Tidak Sesuai pada saat menekan tombol submit, saya berpikir apakah aplikasi layanan paspor online ini sedang error, dan saya beralih kehalaman website. dan ternyata pesan error tetap sama saja. contoh seperti gambar di bawah ini :

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara perhitungan poin dan bonus driver gojek, mau tau?
Cara mengatasi NIK Tidak Sesuai di aplikasi antrian paspor
Tampilan Error saat mendaftar antrian online paspor

saya penasaran dengan mencari informasi serta membaca komen-komen pada aplikasi di playstore saya mendapat jawabannya.

Solusi jika ada keterangan NIK Tidak Sesuai pada saat mendaftar pada aplikasi antrian paspor adalah :

Anda Pastikan Tanggal Lahir yang anda pilih sesuai dengan Tanggal Lahir yang ada pada Nomor Induk Kependudukan.

Contoh :

Nomor Induk kependudukan (NIK) Kita standartnya ada 16 Digit. sebagai contoh : 18710 2230787 0001 untuk angka yang saya bold merupakan tanggal lahir dari anda sebagai contoh.

Kemudian anda pastikan pada saat penulisan tanggal, karena aplikasi tersebut menggunakan tools date time picker pada tanggal, kita harus pastikan ketika sudah di pilih tanggal lahir sama pada form. perhatikan kembali tanggal, bulan dan tahun. (lihat gambar diatas)

Jika sudah sama anda silahkan submit, dan ada keterangan anda berhasil untuk mendaftar dan langsung login. mudah kan

Demikian artikel singkat saya mengenai Cara mengatasi NIK Tidak Sesuai di aplikasi antrian paspor Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

One thought on “Cara mengatasi NIK Tidak Sesuai di aplikasi antrian paspor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.