Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti | jejakdosen.com

Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti – Log book penelitian adalah salah satu menu yang ada di website resmi simlibtabmas ristek dikti yang berfungsi untuk mencatat laporan harian kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Setiap tahunnya kementrian riset dan teknologi (RISTEK DIKTI) secara rutin memberikan dana penelitian dan PKM kepada para dosen yang memenuhi kualifikasi.

Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti

Pada saat sudah mendapatkan dana penelitian atau pengabdian masyarakat, ada waktunya seorang dosen tersebut harus mengisi laporan hariannya biasanya sering disebut dengan log book. log book atau catatan/laporan terdiri dari dua (2) laporan yaitu laporan kegiatan penelitian dan laporan keuangan.

Dengan membuat laporan secara daring atau online, para dosen pun masih bingung (termasuk saya) dengan menggunakan aplikasi tersebut, karena dari pengalaman saya pribadi, saya tidak menemukan panduan khusus untuk mengisi catatan harian atau log book ini. sehingga kita hanya menebak-nebak harus mengisi apa dan bagaimana.

Bahkan saya pernah memasukan angka yang salah pada laporan harian tersebut, sehingga saya tidak bisa melakukan apa-apa lagi dan saya segera menghubungi admin dari simlibtabmas tersebut. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi atau sharing bagaimana Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti  atau catatan laporan harian penelitian atau Pengabdian kepada masyarakat (PKM)

Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti :

1. Langkah pertama anda harus memiliki akun di Sistem Informasi Penelitian atau Pengabdian kepada masyarakat (SIMLIBTABMAS), akun username dan password anda bisa dapatkan di Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) kampus anda / bagian yang menjadi operator perguruan tinggi.

Bagaimana jika di kampus / perguruan tinggi saya tidak memiliki LPPM atau operator perguruan tinggi di simlibtamas ?

Anda dapat menghubungi kontak Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi :

Alamat Ditjen Penguatan Riset dan pengembangan kementrian riset teknologi pendidikan tinggi

Gedung D Lantai 4, Pintu I Senayan Jalan. Jenderal Sudirman Jakarta Selatan Jakarta 10270 Nomor Telp : (021) 57946100 Ext. 0447, 0448 Nomor Fax : (021) 5731846 alamat E-mail : simlitabmas@ristekdikti.go.id

atau 

Gedung 2 BPPT Lt.19-20 Jalan. MH. Thamrin No. 8 Jakarta 10340 Telp : (021)-3169702  Fax : (021)-3101728

2. Selanjutnya jika anda sudah memiliki akun anda dapat log ini di website SIMLIBTABMAS 

3. Akan tampil menu login seperti gambar di bawah ini, anda masukkan username (NIDN) dan Password

Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti
Menu Login Simlibtabmas

4. Selanjutnya, Pada menu utama Website SIMLIBTABMAS anda pilih menu Pelaksanaan > Catatan Harian

Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti
Menu utama setelah melakukan login di SIMLIBTABMAS

5. Akan tampil judul penelitian yang di biayai kemudian klik tombol Edit (Ubah) untuk memasukan data catatan harian.

6. Klik Tombol Tambah Catatan Jika ingin memasukan data Log Book

Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti
Menu Tampilan Tambah Catatan Harian

7. Masukkan Tanggal Kegiatan pada kolom yang disediakan

8. Selanjutnya Masukkan Uraian Kegiatan : Tahap-tahap yang sedang dilakukan dalam proses penelitian

9. Masukkan Presentase Kegiatan dalam persen, misalnya kegiatan pada tanggal tersebut capaiannya sudah selesai maka capaiannya 100% dan seterusnya

10. Kemudian Upload atau Unggah Berkas kegiatan. Misalnya Foto pada saat observasi data dan seterusnya. jika berkas/dokumen lebih dari satu maka anda bisa meng-upload kembali berkas-berkas yang berhubungan dengan penelitian tersebut.

Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti
Menu Catatan Harian dan Uploan Berkas Kegiatan

Catatan :

Log book merupakan catatan harian sebaiknya di upload setiap hari jika ada kegiatan penelitian agar pada saat laporan akhir, kita tidak bingung untuk proses upload catatan harian tersebut.

Demikianlah artikel saya mengenai Cara mengisi log book penelitian di web ristekdikti semoga bermanfaat, jika ada tahap-tahap yang masih salah, mohon dikoreksi agar bisa saya perbaiki.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin