Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak | jejakdosen.com

Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak – Laptop atau komputer jinjing saat ini merupakan alat yang banyak di gunakan, misalnya untuk bekerja, belajar ataupun hanya hiburan semata. semua orang diberbagai kalangan memiliki laptop dengan tipe tertentu sesuai kebutuhan.

Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak
Sumber gambar : https://pixabay.com/en/office-freelancer-computer-business-625892/

Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak

Pada masa saya kuliah sekitar 17 tahun yang lalu, laptop merupakan barang mewah karena tidak semua orang dapat memiliki. kenapa hal tersebut terjadi karena harga laptop harganya sangat mahal, laptop biasa-biasa saja dapat di bandrol dengan harga di atas 10 juta rupiah.

Jika dibandingkan saat ini, dengan budget 10 juta anda akan mendapatkan laptop dengan spesifikasi tinggi di pasaran, baik laptop bermerk asus, acer, lenovo ataupun merek yang lainnya. Banyak orang yang bilang bahwa laptop memiliki umur yang lebih rendah di bandingkan dengan Personal komputer (PC). menurut saya pendapat tersebut tidak 100 benar, kenapa? tergantung bagaimana anda merawat laptop yang anda miliki.

Dari hal tersebut diatas dan sesuai pengalaman saya, kali ini saya akan membahas bagaimana cara merawat laptop agar tidak cepat rusak ?

1. Jangan Gunakan Laptop anda 24 Jam, Istirahatkan beberapa jam dalam sehari

Laptop memang merupakan alat atau benda, yang dapat anda hidupkan kapan saja dan selama apapun, tetapi yang harus anda ketahui adalah laptop harus di istirahatkan juga, agar tidak terjadi panas berlebihan atau overhead pada laptop anda. jika laptop anda overhead, hal tersebut akan menyerang komponen fisik anda misalnya motherboard ataupun prosesor.

Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak
Sumber Gambar : https://pixabay.com/en/laptop-apple-macbook-computer-2562339/

2. Jangan Gunakan Laptop di Kasur ataupun tempat yang sirkulasi udaranya tidak bagus

Saya banyak melihat orang-orang menggunakan laptopnya di atas kasur, secara tidak langsung laptop tersebut mengalami sirkulasi udara yang tidak bagus dan hasilnya adalah panas tidak keluar sepenuhnya, sehingga laptop cepat panas.

3. Gunakan Cooling Fan / Kipas pendingin

Apabila anda akan menggunakan laptop dengan waktu yang cukup lama, sebaiknya anda gunakan Cooling Fan / Kipas pendingin tambahan, walaupun di laptop ada fan yang dapat membantu mengurangi panas, tetapi alangkah baiknya anda menambahkan kipas pendingin, harganya cukup terjangkau kok

4. Hati-hati Jika membawa laptop di motor

Laptop merupakan komputer yang sangat riskan dengan guncangan, ini sering di abaikan ketika anda membawa laptop di motor, sering terjadi guncangan itu akan mempengaruhi hardware di laptop anda seperti harddisk. sebaikanya anda menggunakan tas laptop yang memiliki tali pengait agar tidak terjadi guncangan dan dapat meredamkan guncangan tersebut.

5. Install Sistem operasi original

Kelemahan di Indonesia, khususnya Sistem operasi windows. masih banyak pengguna yang menggunakan Sistem operasi windows bajakan. jika anda menggunakan windows ori anda akan dapat mengupdate pembaharuan langsung ke website resmi microsoft dan meningkatkan keamanan pada virus-virus terbaru. jika anda tidak ingin menggunakan sistem operasi bajakan dan tidak mau membeli juga saya sarankan anda menggunakan Sistem operasi linux.

6. Install aplikasi yang digunakan saja

Sebaiknya pada laptop anda, anda install aplikasi atau software yang akan anda gunakan saja, karena banyak dan saya mengalami sendiri banyak aplikasi di laptop yang tidak saya gunakan tetapi memakan ruang ram.

7. Rutin membersihkan debu pada laptop

Permasalahan lain pada laptop adalah kotoran atau debu, kita terkadang tidak tahu debu tersebut datang dari mana, yang berbahaya apa bila debu tersebut banyak menempel di fan di dalam laptop, apa yang akan terjadi menyebabkan gerak kipas pendingin menjadi lambat, dan berakibat akan cepat panasnya laptop anda.

8. Jangan Matikan Laptop dengan cara paksa

Biasakan matikan laptop dengan menggunakan perintah shut down pada sistem operasi, tidak langsung menekan tombol power pada laptop terkecuali apabila di butuhkan dan ketika shut down sebaiknya anda tidak langsung menutup laptop anda, kenapa ? agar sirkulasi udara di dalam laptop akan keluar sebelum di tutup.

9. Jangan meng-charger laptop terlalu lama

Biasanya jika baterai laptop masih baik, anda hanya cukup meng-charger laptop anda sekitar 2-2,5 Jam saja, apa yang terjadi jika terlalu lama meng-charger? baterai anda akan bocor dan tidak dapat menyimpan listrik lagi.

10. Jangan meng-charger laptop apabila baterai belum benar-benar habis

11 Hati-hati meletakan air minum atau benda cair lainnya

Karena laptop merupakan barang elektronik pastinya laptop sangat anti air alias anti sama air, jadi jika anda minum sebaiknya letakan gelas jauh dari laptop.

12. Install aplikasi asli dan Antivirus Asli

Demikianlah beberapa Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak, laptop memang tidak terlalu kuat dari PC, tetapi umurnya akan tahan lama atau awet jika anda bisa merawat laptop tersebut. dan sesuai pengalaman saya, laptop yang saat ini saya memiliki sudah berumur 5 tahun dan keadaannya masih oke, mungkin yang tertinggal hanya hardwarenya saja

Demikianlah artikel saya tentang Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak  Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

One thought on “Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak | jejakdosen.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin