Cara Transfer domain website ke Hosting lain | Jejakdosen.com

Cara Transfer domain website ke Hosting lain – Bagi Pemilik Website atau Blog mungkin tidak asing lagi dengan istilah di ini yaitu domain dan hosting. penjelasan hosting dan domain pernah saya bahas di artikel sebelumnya. dan kali ini saya akan membahas tentang transfer domain, bukan transfer uang yah.

Cara Transfer domain website ke Hosting lain

Cara Transfer domain website ke Hosting lain
Cara Transfer Domain
Baca Juga : Perbedaan Hosting dan Domain Di Blog

Beberapa yang lalu bersama teman saya disuruh untuk mentransfer domain sebuah website/blog milik orang lain. Transfer domain adalah memindahkan tempat pengelolaan domain dari perusahaan penyedia jasa yang satu dengan penyedia jasa domain yang lain. misalnya saya memiliki blog jejakdosen.com , domainnya saya beli di perusahaan A, kemudian karena satu hal saya ingin memindahkan ke perusahaan B, contoh tersebut adalah istilah dari transfer domain.

Apakah bisa Transfer domain dari tempat satu ke tempat yang lain ?

Jawabannya Bisa Sekali, seperti yang saya jelaskan sebelumnnya

Apa Alasan Pemilik Website memindahkan domainnya atau Transfer Domain ?

a. Alasan yang utama adalah Layanan dari penyedia Hosting dan domain yang kurang memuaskan, sebagai pemilik website atau blog apalagi yang websitenya bergerak dibidang jual beli online. apabila ada permasalahan pada website, si pemilik pasti merasa panik dan segera menghubungi penyedia jasa hosting dan domain tersebut. bayangkan apabila penyedia jasa layanan tersebut tidak cepat merespon permasalah dari pemilik website tersebut.

b. Pada saat sebelumnya, si pemilik membeli domain untuk websitenya di Perusahaan Luar Negeri

Apa Saja Syarat dan Cara Transfer domain website ke Hosting lain ?

1. Domain yang anda miliki tidak Expired (Kadaluarsa) minimal 1 bulan sebelum expired

2. Kebijakan Whois Domain harus dimatikan atau disable

3. Umur Domain Minimal sudah 2 bulan atau 60 hari

4. Domain anda tidak di Kunci (lock) dan Theft Protection harus dimatikan

5. Pada saat pendaftaran domain yang pertama, pastikan mendaftar dengan alamat Email anda, karena ada proses konfirmasi via email (agar proses lebih cepat)

Bagaimana Cara Proses Transfer Domain ?

Pada dasarnya Transfer domain tergantung pada kebijakan penyedia jasa domain, tetapi setelah saya pelajari tidak banyak perbedaan untuk proses transfer domain, prosesnya sebagai berikut :

1. Cek data-data domain anda whois website anda. whois adalah prosedur untuk mendapatkan informasi mengenai domain sebuah website. contoh website whois adalah www.whois.com , www.whois.net

2. Meminta Kode EPP (Extensible Provisioning Protocol) pada penyedia jasa domain sebelumnya, kode EPP adalah kode pengamanan pada saat transfer domain.

3. Kemudian melakukan pendaftaran transfer domain di penyedia jasa domain seperti www.idwebost.com atau www.domainesia.com atau tempat penyedia jasa domain yang lain.

4. Buka Email anda saat registrasi, karena nanti akan dikirimkan ke emali link konfirmasi

5. Kemudian tinggal menunggu persetujuan dari penyedia jasa domain sebelumnya

6.Jika sudah disetujui dan domain berhasil di transfer maka penyedia jasa domain yang baru akan memberitahukan kepada anda (waktu yang dibutuhkan biasanya 7 hari)

Demikian artikel saya tentang Cara Transfer domain website ke Hosting lain semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin