Cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka

Cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka – Traveloka salah satu perusahaan berbasis aplikasi yang menyediakan jasa layanan penjualan tiket online. anda dapat membeli tiket pesawat ataupun tiket kereta serta tiket penginapan dengan menggunakan traveloka. dengan memiliki banyak fitur, tentunya bagi seorang traveller dengan adanya traveloka sangat membantu sekali.

Cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka

Untuk meng-akses atau membeli/memesan tiket di traveloka ada dua cara yaitu :

1. Dengan langsung mengunjungi website resminya di www.traveloka.com

atau

2. Dengan mendownload aplikasi berbasis mobile di PlayStore Traveloka atau Appstore Traveloka

Salah satu fitur yang baru saya gunakan adalah fitur reschedule atau ubah jadwal tiket pesawat. pada saat saya liburan ke Bali, satu minggunya saya sudah membeli tiket pulang dari Jakarta ke Bandar Lampung melalui traveloka, waktu keberangkatan yang saya pilih yaitu pukul 20.00 WIB dari jakarta dengan menggunakan maskapai penerbangan Lion Air.

Pada saat itu, tiket sudah di bayar dan kode booking sudah saya terima. Satu hari sebelum pulang dari Bali, saya berpikir alangkah lebih baik saya dari Jakarta ke Bandar Lampung saya mengambil Pesawat Pagi, sekitar jam 06.30. memang saya sebelumnya tidak mengetahui bahwa ada fitur reschedule atau ubah jadwal ini di Traveloka.

Saya bertanya dengan beberapa teman, dan beberapa jawaban juga yang saya terima, ada yang bilang harus 2 atau 3 hari sebelum keberangkatan baru bisa di reschedule atau ubah jadwal, ada yang bilang satu hari saja bisa. akhirnya saya putuskan untuk mencari informasi tersebut di Google, akhirnya saya temukan cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka.

Berikut Cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka melalui website Traveloka :

1. Masukkan alamat https://www.traveloka.com anda bisa pilih bahasa di sana

2. Kemudian Login ke Traveloka

3. Kemudian pilih menu Pesanan saya atau My Booking di Menu atas dan akan tampil seperti gambar di bawah ini

Cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka
Menu My Booking

4. Selanjutnya pilih Jadwal penerbang yang ingin anda ubah jadwal atau reschedule di dalam menu My Booking, sebagai contoh seperti Gambar di Bawah ini :

Cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka

5. Selanjutnya anda dapat meng-klik Menu E-Ticket issued pada history booking tiket anda :

Cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka

6. Dan Akan Tampil Data-data Anda, dibawahnya anda dapat meng-klik tombol Refund/Reshedule, dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka

7. Kemudian anda pilih Reschedule dan anda akan di arahkan ke menu pencarian penerbangan (caranya sama pada saat kita pertama kali membeli tiket dengan memilih Maskapai penerbangan dan waktu keberangkatan)

8. Jika Sudah selesai, anda akan dibebankan kembali biaya tambahan untuk mengubah jadwal anda

9. Selanjutnya anda tinggal melakukan pembayaran sisanya saja yang tampil di sistem dengan menggunakan metode pembayaran yang disediakan Traveloka.

10. Tunggu sekitar 10 menit, E-ticket baru anda akan dikirim via Email ataupun SMS, selamat Jadwal anda sudah berubah.

Note :

a. Mohon Maaf untuk poin 7-10 saya tidak menyertakan gambar, karena saya lupa meng-capture gambar pada saat Reschedule atau ubah jadwal.

b. Untuk biaya tambahan, sepertinya sistem yang menentukan, saya tidak tahu pasti berapa persentase yang ditambahkan, untuk pengalaman saya beban biaya yang ditambahkan sebesar 50%

Selain fitur Reschedule atau ubah jadwal pada menu traveloka pun ada menu refund (atau Pembatalan tiket dengan pengembalian uang) dengan alasan tertentu, seperti yang saya kutip di traveloka.com alasan refund adalah sebagai berikut :

a. Alasan Pribadi

b. Alasan Sakit

c. Alasan Kehamilan

d. Kematian Penumpang

e. Perubahan Jadwal Maskapai atau force major

f. Pembelian Tiket Ganda

Untuk saat ini saya belum pernah melakukan proses refund di traveloka, dari beberapa teman ada potongan dan biaya pada proses refund ini.

Demikianlah artikel singkat saya tentang Cara ubah jadwal atau reschedule tiket pesawat di traveloka, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

 

Be Sociable, Share!

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *