Cara urus usulan jenjang jabatan akademik dosen online

Cara urus usulan jenjang jabatan akademik dosen online – Dengan terus berkembangnya teknologi, semua bidang yang dapat menerapakan teknologi tersebut mulai berkemas. penerapan tersebut dilakukan juga di Bidang pendidikan, salah satu penerapannya adalah pengusulan jenjang jabatan akademik secara online.

Cara urus usulan jenjang jabatan akademik dosen online

Sistem online usulan jenjang jabatan akademik (JJA) dosen secara online ini diberi nama Sistem informasi jabatan fungsional Go Online (SiJaGo). dengan tujuan meningkatkan pelayanan usulan jja di setiap kopertis yang ada di Indonesia.

Aplikasi JJA Online ini yang saya pantau masih ada di kopertis VI, saya belum mengetahui aplikasi ini apakah di buat atas ide dari kopertis VI tersebut ataupun memang aplikasi tersebut bersumber dari satu sumber yaitu Kementrian Ristek Dikti

Jika itu merupakan ide dari kopertis wilayah VI, ide ini atau aplikasi ini harus ditiru oleh kopertis lain, khususnya kopertis wilayah 2 tempat saya bernaung. jika meng-ingat-ingat untuk mengurus jenjang akademik atau jja, berkas yang di kumpul mungkin menghabiskan beberapa rim kertas.

Belum lagi proses penilaian yang membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan adanya sistem seperti SiJaGo ini minimal dapat memangkas waktu untuk pengecekan berkas, penilaian dan intinya meminimalkan penggunaan kertas.

Coba kita lihat aplikasi sijago yang sudah diterapkan di Kopertis Wilayah VI :

1. Untuk informasi mengenai usulan jenjang jabatan akademik (jja) anda dapat melihat di website resmi Kopertis VI

2. Aplikasi ini dibagi menjadi 2 berdasarkan penggunanya

3. Untuk Dosen anda dapat mengakses http://sistem.kopertis6.or.id/dosen/ dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Cara urus usulan jenjang jabatan akademik dosen online
Menu Utama Sistem SIJAGO untuk dosen

3. Untuk Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta anda dapat mengakses http://sistem.kopertis6.or.id/view/ dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  10 Hal yang dilakukan seorang dosen ketika libur kuliah
Cara urus usulan jenjang jabatan akademik dosen online
Menu Utama Sistem SIJAGO untuk pimpinan PTS

 4. Seperti yang saya baca di website resmi, untuk pemberian username Dosen di berikan oleh bagian kepegawaian atau operator PDP yang berada di Perguruan tinggi yang bersangkutan.

Pada kesempatan kali ini, saya belum dapat untuk memberikan informasi bagaimana cara penggunaannya, karena saya terhadang dengan username dan password pada aplikasi tersebut. dan saya berusaha mencoba mendownload user guide yang ada di web, ternyata tidak dapat di blok

Harapan saya secara pribadi dengan adanya aplikasi secara online dapat memudahkan seorang dosen untuk mengurus JJA nya dari asisten ahli, lektor, lektor kepala sampai dengan guru besar ini merupakan hal yang positif.

Tetapi yang menjadi kekurangan Ristek Dikti banyak mengeluarkan aplikasi yang dibuat secara terpisah, misalnya Sinta, arjuna, dan masih banyak yang lain, karena terpisah membuat banyak dosen merasa kebingungan.

Demikianlah artikel informasi kampus tentang Cara urus usulan jenjang jabatan akademik dosen online semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin