Contoh Laporan keuangan penelitian ristek dikti dosen

Contoh Laporan keuangan penelitian ristek dikti dosen – Setiap tahunnya Kementrian Riset Teknologi dan pendidikan tinggi melalui direktoran penelitian dan pengabdian masyarakat mengeluarkan dana penelitian untuk para dosen di Indonesia. Dengan memiliki beberapa jenis Skim serta program dari tersentralisasi maupun desentralisasi yang bertujuan untuk meningkatkan publikasi para dosen dan peneliti di Indonesia.

Contoh Laporan keuangan penelitian ristek dikti dosen
Halaman website simlitabmas ristek dikti

Contoh Laporan keuangan penelitian ristek dikti dosen

Setiap kegiatan penelitian tersebut, baik laporan penelitian ataupun laporan keuangan dilakukan di website informasi penelitian dan pengabdian ristek dikti di alamat url : http://simlitabmas.ristekdikti.go.id sehingga banyak proses dilakukan secara online atau daring. kecuali jika ada desk evaluasi, monitoring evaluasi baik internal ataupun ekternal.

Selain melakukan penelitian dan membuat laporan penelitian, dosen atau peneliti disibukan untuk membuat laporan keuangan, dari mencatatkan ke log book setiap harinya, melaporkan pengguna anggaran serta membuat nota-nota penggunaan keuangan yang mengaju kepada peraturan mentri keuangan ( ­čÖä ), dan belum lagi dana datang terlambat dan tiba-tiba karena ada masalah teknis atau yang lainnya.

Dari hal tersebut di akhir tahun para dosen dan peneliti yang mendapatkan dana penelitian dari direktorat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat dikatakan terseok-seok untuk membuat laporan keuangan, bahkan banyak hal lagi yang harus di buat, misalnya di skim PDP harus membuat poster, artikel ilmiah dan lain-lain. belum lagi untuk mempersiapkan output penelitian. ­čś»

Acuan dasar untuk membuat Laporan keuangan penelitian ristek dikti dosen adalah Buku Panduan pelaksanaan dan penelitian kepada masyarakat Edisi XI tahun 2017, yang dapat di download di website simlibtabmas ristek dikti.

Saya memeliki beberapa file laporan keuangan penelitian dosen pemula yang berisi :

1. File Log Book Laporan harian keuangan

2. File Persentase keuangan yang terdiri dari :

a. Besaran Gaji atau upah

b. Bahan Habis pakai atau peralatan

c. Perjalanan

d. Penginapan atau hotel

Jika Bapak/Ibu berminat, silahkan email ke jejakdosen@gmail.com dan subjek : laporan keuangan penelitian, inshaa allah saya akan kirimkan via email bapak/ibu sebagai bahan referensi bukan untuk menggurui.

Selain laporan keuangan dengan banyak hal detailnya, yang harus kita ketahui sebagai peneliti adalah mengenai PAJAK. Berikut beberapa resume yang saya baca dari berbagai sumber :

1. Pajak apa saja yang terkait atau yang berhubungan dengan penelitian ini ?

a. Yang pertama adalah pajak pertambahan nilai (PPN)

Contohnya adalah pembelian bahan habis pakai (kertas, tinta dll), pembelian dan pembuatan aplikasi atau software, atau pembelian peralatan

b. Yang kedua adalah Pajak penghasilan yaitu PPH 23 (Penghasilan berupa sewa) dan PPH 21 (pajak penghasilan berupa honor, upah atau gaji yang diterima oleh wajib pajak pribadi) untuk lebih jelasnya bisa baca diwebsite resmi pajak : http://www.pajak.go.id/content/article/cara-penghitungan-pph-pasal-21-terbaru

2. Penggunaan Materai

Penggunaan Materai ini diperuntukan untuk dokumen misalnya : kwitansi atau kontrak perjanjian, dengan aturan sebagai berikut :

a. Dokumen yang nilai < Rp. 250.000 tidak menggunakan materai

b. Dokumen yang nilainya > Rp. 250.000 s/d < Rp.1.000.000 dikenakan materai Rp.3000

c. Dan Dokumen yang nilainya > Rp. 1.000.000 dikenakan materai Rp. 6000

Demikianlah gambar singkat tentang Contoh Laporan keuangan penelitian ristek dikti dosen, artikel yang saya buat sangat singkat, tetapi pelaksanaan untuk membuat laporan akhir keuangan penelitian ristek dikti dosen tidak sesingkat dan semudah itu, bahkan banyak hal juga yang saya sendiri masih belum paham, serta aturan-aturan yang berlaku.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin