Deadline Laporan akhir penelitian dosen kementrian ristek dikti

Deadline Laporan akhir penelitian dosen kementrian ristek dikti – Hampir seminggu ini banyak email masuk ke email blog ini tentang postingan blog saya yang berjudul contoh laporan keuangan penelitian ristek dikti , tulisan tersebut saya tulis lebih dari sebulan yang lalu. dalam tulisan di postingan tersebut saya menjabarkan poin-poin bagaimana membuat laporan keuangan untuk penelitian, sesuai dengan pengalaman saja.

Deadline Laporan akhir penelitian dosen kementrian ristek dikti

Rupanya responnya cukup banyak untuk meminta contoh laporan keuangan tersebut, sekali lagi contoh tersebut merupakan contoh yang saya kombinasi dari pedoman buku panduan penelitian, aturan mentri keuangan dan beberapa referensi yang lain. walaupun jujur saya tidak mengetahui apakah laporan tersebut benar atau salah.

Berikut Screen Shoot beberapa email yang masuk ke email saya :

Deadline Laporan akhir penelitian dosen kementrian ristek dikti
Beberapa SC Email yang masuk

Bulan Desember ini para peneliti atau dosen yang melakukan penelitian sedang di sibukan untuk melaporkan hasil penelitian dan laporan pertanggung jawaban keuangan yang di danai oleh pemerintah melalui kementrian ristek dikti.

Pada saat menulis ini kebetulan tahun ini saya tidak mendapatkan pendanaan penelitian atau pengabdian masyarakat (PKM), jadi biar agak sibuk saya membuat postingan ini.¬† ūüėé

Tujuan utama atau hasil akhir (Luaran) yang di butuhkan ketika anda melakukan penelitian dosen yang di danai oleh pemerintah adalah Publikasi/Produk/atau yang lainnya yang ada di Panduan buku penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Skim penelitian masing-masing.

Tetapi dalam prosesnya cukup banyak yang harus dipersiapkan serta di laporakan oleh seorang dosen peneliti yang saya klasifikasikan menjadi 2 yaitu :

1. Laporan Penelitian dan Keuangan 70%

Jika anda mendapatkan pendanaan penelitian dosen pemula (PDP) yang waktunya hanya 1 tahun dan Tidak multi years di bulan september atau oktober anda harus mempersiapkan Laporan Penelitian dan Keuangan yang progressnya sudah 70 %.

Laporan penelitian 70% tahap penyelesainnya kisaran bab V yaitu Hasil yang ingin di capai, Kemudian untuk laporan keuangan anda sudah membuat pertanggung jawabanya penggunaan pendanaan sebesar 70% dari total pendanaan yang anda terima.

Tahap selanjutnya anda harus meng-upload semuanya di sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat (SIMLITABMAS) khususnya buat anda sebagai seorang ketua penelitian.

Apa saja file yang harus anda input dan upload di SIMLIBTABMAS pada saat laporan 70% adalah sebagai berikut :

1. Anda login ke akun simlitabmas sebagai ketua

a. Pilih menu Rancangan Pelaksanaan, isi data-data yang di perlukan selanjutnya file tersebut anda cetak ke file pdf dan selanjutnya anda tanda tangani, kemudian scan kembali dan langkah terakhir anda upload filenya kembali ke sistem. contoh seperti gambar di bawah ini :

b. Kemudian anda mengisi catatan harian atau log book penelitian.

Pada catatan harian ini anda mengisi tetang rekaman kegiatan anda melakukan penelitian setiap harinya. yang harus diisi adalah Tanggal Kegiatan, Uraian kegiatan dan Presentase kegiatan. Uraian kegiatan berisi kan kegiatan apa saja yang anda lakukan pada saat hari itu, misalnya contoh anda sedang melakukan kegiatan pengumpulan data dan lain-lain.

c. Upload Laporan kemajuan penelitian :

Pada tahap ini saatnya anda meng-upload file laporan penelitian yang 70%, dan jangan lupa anda harus mencetak terlebih dahulu lembaran pengesahan untuk di upload kembali ke sistem.

d. Penggunaan Anggaran

Sampai saat saya menulis postingan ini, menu Penggunaan anggaran belum atau tidak dapat digunakan.

2. Laporan penelitian dan keuangan 100 %

Pada Bulan November atau Bulan Desember anda akan di sibukan untuk melaporkan hasil penelitian dan keuangan 100 % yang mencakup hal sebagai berikut :

a. Masih pada Menu Pelaksanaan Kegiatan di SIMLITABMAS pada poin selanjutnya anda di haruskan untuk meng-upload file Surat Tanggung jawaban belanja. anda cukup mengisi data-data informasi yang ada di sistem sesuai dengan pelaksanaan penelitian.

Ada 5 Uraian atau jumlah dana yang harus anda isi :

1. Honorarium

2. Peralatan Penunjang

3. Bahan Habis Pakai

4. Perjalanan

5. Lain-lain

Kemudian setelah anda isi, anda cetak surat pernyataan tersebut kemudian anda upload kembali ke sistem

b. Anda melakukan Seminar Hasil yang di jadwalkan oleh LPPM dan Kemudian meng-Upload berkas seminar hasil penelitian.

Berkas Seminar Hasil Penelitian yang di butuhkan antara lain :

1. File Evaluasi Capaian Luaran kegiatan yang anda isi di sistem, kemudian anda tanda tangani dan selanjutnya anda upload kembali ke sistem. contoh file laporan capaian kegiatan

2. Kemudian anda meng-upload Artikel Ilmiah. berikut saya lampirkan contoh Artikel ilmiah penelitian

3. Kemudian Upload Poster

4. Kemudian Upload Profil

5. Dan Jangan lupa memuat Xbanner penelitian yang akan saya upload file XBanner JPG dan Xbanner PNG, anda tinggal edit saja.

Dan terakhir saran saya adalah untuk membantuk mengerjakan laporan penelitian dan laporan keuangan anda dapat menggunakan Software Nitro Pdf.

Ternyata setelah di rinci banyak juga ya yang harus dikerjakan pada saat Deadline Laporan akhir penelitian dosen kementrian ristek dikti.

Selain fokus kepada isi penelitian dan luaran, Dosen peneliti juga di hadapkan dengan laporan keuangan beserta nota-notanya, Design poster, membuat artikel ilmiah, Borang capaian dan lain-lain. Ya memang, uang yang digunakan untuk penelitian adalah Uang Rakyat, yang harus dan pastinya di pertanggung jawabkan.

Demikianlah artikel dunia kampus dan dosen kali ini tentang Deadline Laporan akhir penelitian dosen kementrian ristek dikti semoga bermafaat dan tidak lupa terimakasih untuk pak erlangga yang bersedia filenya untuk di upload di blog ini.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin