Download Jurnal tentang Deteksi objek dengan Algoritma HOG pada Smart Room

Download Jurnal tentang Deteksi objek dengan Algoritma HOG pada Smart Room – Di Era yang memasuki era IR (Industrial Revolution) 4.0 semua bidang bergerak ke arah teknologi dan digitalisasi. IR 4.0 ini meliputi Analisis dan Big Data, Kecerdasan buatan, robot otamatis, cyber security serta Internet of Things (IOT).

Download Jurnal tentang Deteksi objek dengan Algoritma HOG pada Smart Room
Konsep internet of Things (IOT)



Download Jurnal tentang Deteksi objek dengan Algoritma HOG pada Smart Room

Beberapa bulan yang lalu, saya dan beberapa teman melakukan penelitian serta mempublikasikan hasil penelelitian kami yang berjudul “Deteksi Objek Menggunakan Histogram Of Oriented Gradient (Hog) Untuk Model Smart Room”

Pada penelitian tersebut konsep dasar adalah bagaimana proses otomatisasi didalam sebuah ruangan, baik ruangan kelas ataupun ruangan kantor. konsep ini menggunakan konsep internet of things (IOT) yang dimana seluruh benda terkoneksi dengan internet secara otomatisasi.

Untuk proses otomatisasi di ruangan, kami mendesign input untuk di kenali oleh sebuah mikrokontroler dengan menggunakan kamera. pada awalnya kamera akan mendeteksi objek, objek yang hanya terdeteksi adalah objek manusia saja selain objek manusia sistem tidak mengenali.

Kamera dapat mendeteksi objek manusia dilakukan dengan cara memasukan algoritma Histogram of Gradient (HOG). pada awalnya kami membuat sample Data training dan Data set untuk diolah. untuk library pada software C# sudah disiapkan EMGU CV untuk membantu kita dalam pengelolaan objek manusia.

Jika objek manusia dikenali, maka mikrocontroller mengirimkan pesan ke alat-alat lain. misalkan apabila manusia kedeteksi dengan kamera di dalam ruangan maka lampu pada diruangan akan menyala, Televisi akan menyala, ac akan menyala dan berbagai alat elektronik yang akan dihubungkan.

setelah dilakukan penelitian, hasil yang didapati adalah bahwa manusia dapat terdeteksi dengan menggunakan kamera menggunakan algoritma Histogram of Gradient (HOG), kekurangan yang kami dapat adalah intensitas cahaya pada ruangan akan mempengaruhi cepat atau lambat serta bisa atau tidak kamera mendeteksi objek.

Untuk lebih lengkapnya anda dapat membaca jurnal saya yang dapat didownload disini http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore/article/view/1075

Demikianlah artikel tentang publikasi atau research yang pernah saya lakukan yang berjudul Download Jurnal tentang Deteksi objek dengan Algoritma HOG pada Smart Room , semoga bermanfaat untuk para pembaca semua

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.