Download video di Youtube dengan mudah, ini caranya?

Download video di Youtube dengan mudahYoutube merupakan media yang paling banyak di kunjungi di Indonesia. memang tidak di pungkiri dengan keberadaan Youtube, setiap orang dapat belajar, menonton film terbaru, mendengarkan musik, dan mencari referensi penelitian ataupun hal yang lain. kurang lebih 49 persen pengguna internet di indonesia yang mengakses youtube. kalau misalnya pengguna internet di Indonesia ada 100 juta maka pengguna youtube sebesar 49 jutanya bahkan bisa lebih.

Download video di Youtube dengan mudah

Ketika sudah di ambil google, youtube banyak berinovasi dan menambahkan fitur-fitur di dalam websitenya. contohnya live Youtube atau youtube channel.seperti pisau bermata dua, youtube memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri bagi si user atau pengguna. keuntungan seorang user menggunakan Youtube termasuk saya sebagai dosen :

Keuntungan menggunakan Youtube menurut admin :

1. Monetisasi (mendapatkan uang dengan youtube)

Mungkin sadar ga sadar pengguna aktif youtube saat ini terus meningkat, bahkan uploader dan penonton youtube jumlahnya tidak terlalu jauh, karena Video yang di buat bisa di bayar dengan mendaftarkan diri ke Google Adsense. jangan heran, kalau melihat Youtuber berani beli kamera yang sangat mahal, karena sebanding apa yang mereka dapat dari youtube. mau coba?

2. Mudah Mendapatkan Materi Belajar / Kuliah / Penelitian

Pada saat teknologi belum merata di Indonesia, media belajar dan referensi kita hanya buku. pada saat ini banyak materi yang di share ke mesin pencari / Google serta banyak yang membuat video tutorial materi tersebut dan di upload ke Youtube. apapun materinya dan tak terbatas dari mana asalnya, di youtube kita dapat mencarinya.

3. Sebagai tempat promosi gratis

Banyak pelaku bisnis yang memulai promosi bisninya dari Youtube, saya masih ingat dulu Net.tv sempat bersiaran/menggunakan Youtube Channel untuk menontonnya. sebelum akhirnya pada saat ini bisa di akses via antena analog.

4. Kualitas Video bisa disesuaikan

Jika Kamu Menonton Youtube dengan kuota terbatas, dan tidak ingin kuota internet kamu cepat habis. di youtube bisa kamu atur dan pilih jenis kualitas video yang ingin di tonton. dan formatnya ada yang HD (High Definition).

5. Video Youtube dapat di download

Sebenarnya ketika membuka youtube tidak ada tombol untuk mendowload video, tetapi ada beberapa cara Download video di Youtube dengan mudah. Mendownload video youtube ada yang menggunakan aplikasi dan ada juga yang tidak menggunakan aplikasi. kenapa harus di download? biasanya video ingin di tonton berkali-kali, misalnya video materi perkuliahan yang tidak sekali tonton langsung dapat mengerti.

Pada Saat ini Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang di gunakan untuk mendownload video di youtube yaitu :

1. Download dengan Internet Download Manager (IDM)

Aplikasi download ini, bisa mendownload dengan lebih cepat. download idm di website resminya kemudian install di Laptop dan Kemudian setelah di Install tinggal download video youtube dengan menekan tombol download yang warna hijau. seperti Gambar dibawah ini :

Download video di Youtube dengan mudah
Tampilan IDM di Youtube

2. Aplikasi Youtube Downloader

Sama Halnya dengan internet download manager (IDM), proses donload video ke youtube harus download aplikasi tersebut kemudian di Install di Laptop atau PC.

3. Kemudian cara yang ketiga ini download youtube tidak menggunakan aplikasi, ikuti langkah-langkah download video youtube tanpa aplikasi :

a. Buka Video Youtube yang ingin anda download.

b. Kemudian edit Alamat Url yang ada di browser hapus https://www dan tambahkan huruf ss seperti contoh di bawah ini :

contoh : https://www.youtube.com/watch?v=EG05-Y_C4EU menjadi ssyoutube.com/watch?v=EG05-Y_C4EU

Download video di Youtube
Ganti Url Youtube

c. Kemudian di enter anda akan di alihkan kehalaman website yang lain, seperti gambar dibawah ini:

Download video di Youtube
Download Video tanpa aplikasi

d. Kemudian anda tinggal klik tombol download dan pilih format video yang ingin di download.

e. Tinggal Tunggu proses download.

Sangat mudah pada dasarnya untuk mendownload video youtube baik dengan menggunakan aplikasi atau hanya menggunakan link url. pastikan anda gunakan video tersebut dengan bijak karena pada dasarnya semua video yang ada di youtube mempunyai hak cipta. demikian artikel Download video di Youtube dengan mudah semoga bermanfaat.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

2 thoughts on “Download video di Youtube dengan mudah, ini caranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin