75 views

File Public html terhapus tidak bisa login ke wp admin

File Public html terhapus tidak bisa login ke wp admin – Wp admin merupakan salah satu folder yang terdapat pada cms wordpress, file tersebut berisi salah satunya adalah pengaturan login ke dashboard blog wordpress anda. anda dapat melihat folder ini di akun Cpanel anda yang diberikan oleh provider tempat anda menyewa hosting.

File Public html terhapus tidak bisa login ke wp admin
Sering-sering back up, karena back up itu penting (source pic : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Backup_festival.jpeg)

File Public html terhapus tidak bisa login ke wp admin

Beberapa hari yang lalu saya dikejutkan pada saat ingin login ke wp-admin saya, file not found dan diarahkan ke page 404. halaman page 404 adalah halaman pemberitahuan apabila anda membuka link dan link itu tidak ada atau tidak aktif lagi,

Berulang kali saya coba login ke wp-admin hasilnya nihil, tetap saya tidak bisa buka menu login wordpress saya. berusaha untuk berpikir positif, kemudian saya mencoba membuka halaman web blog saya di www.jejakdosen.com, alhamdulilah terbuka, saya agak sedikit senang

Ketika saya membuka salah satu link postingan, page 404 tampil kembali. keringat mulai berdatangan dan rasa khawatir mulai menghinggapi. kenapa saya merasa khawatir? karena jika tidak bisa di buka habis lah isi blog jejakdosen.com ini yang sudah saya rintis hampir setahun yang lalu.

Saya coba membuka dan mencari folder back up blog saya ini, memang saya akui proses back up sangat penting apabila anda memiliki data ataupun blog. folder yang saya cari di temukan, tetapi saya terakhir mem-back blog ini di bulan november.  😥

Saya sudah berpikir, postingan dari november – januari akan hilang, dan saya sudah lupa apa saja materi tersebut.

Hal selanjutnya saya lakukan ketika File Public html terhapus tidak bisa login ke wp admin saya menghubungi costumer service hosting saya yaitu domainesia. kemudian saya mulai meng-klik tombol chat yang ada di menu utama website tersebut.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara mencari niche blog banyak visitor untuk blogger pemula

Dengan sapaan awal kemudian saya jawab, kemudian saya menceritakan permasalahan saya tersebut. dan si CS-nya mengarahkan chat saya ke teknisi support, dan kembali saya menceritakan permasalahan yang terjadi dengan blog saya.

Dengan jawaban yang singkat Teknisi support tersebut berkata “Tunggu sebentar pak, akan kami cek terlebih dahulu”, dengan agak sedikit cemas saya menunggu jawaban si teknisi support tersebut. selang beberapa menit si teknisi berkata, “Pak anda menghapus folder Public_Html di Cpanel?”

Sedikit coba meng-ingat-ingat saya sudah lama sekali tidak membuka Cpanel blog saya dan ga mungkin saya menghapus folder tersebut. saya berpikir apakah ada orang iseng, atau di hack (blog kayak gini di hack kepedean saya)

Kemudian saya menjawab tidak, saya tidak menghapus folder tersebut. kemudian saya bertanya kepada teknisi tersebut, “Terus gimana ya mas jadinya blog saya”, masih dengan rasa cemas. dan si teknisi berkata : “Sebentar ya pak, kita cari file back up di hari kemarin”.

Dan tidak lama, si teknisi bilang file back upnya sudah di kembalikan, dan saya bisa login kembali ke blog saya. Saya berkata alhamdulilah dan luar biasa penyedia jasa layanan hosting domainesia ini. mereka memiliki file back up blog anda.

Dan ini menjadi pelajaran buat saya serta anda semua bahwa memback up file merupakan hal yang sepele tetapi jika file atau data tersebut hilang, bakalan runyam jadinya. apalagi tulisan-tulisan yang sudah anda buat satu tahun yang lalu. intinya back up .. back upp

Baca juga : Cara back data di wordpress

Demikianlah curhat artikel ngeblog saya tentang File Public html terhapus tidak bisa login ke wp admin semoga jadi manfaat serta pembelajaran semua orang. aaminnn

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  7 Hal yang harus dihindari jika ingin menjadi blogger profesional

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.