10 Hal yang dilakukan seorang dosen ketika libur kuliah

Hal yang dilakukan seorang dosen ketika libur kuliah – Semester ganjil akan berakhir, dan jeda sekitar 1 sampai dengan 1,5 bulan untuk memasuki semester genap di perkuliahan. berbeda halnya dengan guru, ketika sekolah libur maka secara otomatis juga seorang guru libur mengikuti jadwal libur, lalu bagaimana dengan dosen?

10 Hal yang dilakukan seorang dosen ketika libur kuliah
10 Hal yang dilakukan seorang dosen ketika libur kuliah (source gambar : pixabay.com)

Hal yang dilakukan seorang dosen ketika libur kuliah

Dosen dan guru memliki perbedaan mengenai tugas yang di emban. jika guru bertugas mendidik siswa/i di sekolah, tetapi dosen memiliki tugas yaitu pendidikan pengajaran, penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, yang sering dikenal dengan nama TriDharma Perguruan tinggi.

Dan banyak pertanyaan, apa kegiatan dosen atau hal yag dilakukan seorang dosen ketika libur kuliah ? mari simak pembahasan di bawah ini :

1. Koreksi hasil uas

Ketika Ujian akhir semester selesai, itu berarti tidak ada aktifitas untuk mengajar dan mahasiswa dapat dikatakan libur, tetapi berbeda bagi dosen. saat selesai uas, menjadi hari sibuk untuk dosen mengkoreksi serta merekap nilai mahasiswa.

10 Hal yang dilakukan seorang dosen ketika libur kuliah
Koreksi Hasil uas ( Source pic : www.pixabay.com)

Dari meng-koreksi hasil uas, menghitung jumlah absen, merekap nilai tugas dan lainnya. yang lebih berat jika seorang dosen memiliki banyak jam ngajar. karena pekerjaannya akan bertambah banyak.

2. Input Nilai

Setelah nilai sudah direkap, kemudian si dosen akan meng-input nilai di sistem (jika sistem akademik dikampus nya sudah online) atau akan menyetor nilai ke bagian akademik Universitas atau Fakultas.

3. Melakukan Bimbingan Skripsi/Penelitian

Pada saat akhir semester, biasa terjadwal untuk seminar skripsi ataupun laporan penelitian. dan waktu ini sangat di manfaatkan oleh para mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir dan skripsi, dan tidak ane jika dosen sering kekampus untuk melakukan bimbingan skripsi atau penelitian

4. Mengajar jika ada Semester Pendek atau Remedial

Lain halnya jika ada semester pendek atau ada remedial class, dosen akan mengajar selama waktu libur mahasiswa. sehingga waktu libur tersebut di anggap dengan hari-hari biasanya.

5. Menjadi dosen pendamping Field trip

Jika di Fakultas atau Prodi anda ada kegiatan fieldtrip biasanya dilakukan di semester genap, dosen akan disibukan akan menjadi pendamping fieldtrip ini, baik lokal maupun luar kota. waktu yang di habiskan pun bervariasi dari 7 hari sampai dengan 10 hari.

6. Prepare untuk semester baru

Selain itu kegiatan lain dosen pada saat libur adalah mempersiapkan untuk semester baru. baik meng-update materi ajar, untuk ketua program studi melakukan penjadwalan. dan biasanya pun Universitas mengadakan workshop pembekelan materi untuk semester baru, dan biasanya dosen di wajibkan untuk mengikutinya.

7. Melakukan Penelitian / Membuat proposal penelitian

Jika ada dosen yang rajin melakukan penelitian, waktu libur ini dimanfaatkan untuk melakukan penelitian. mungkin dari mempersiapkan proposal penelitian di Simlibtabmas, membuat publikasi di jurnal-jurnal lokal ataupun internasional. melakukan seminar-seminar yang di kampus lain atau bahkan ada yang membuat buku ajar.

8. Melakukan Pengabdian kepada masyarakat (PKM)

Selain penelitian, pemanfaatan waktu jeda kuliah, di lakukan oleh dosen adalah melakukan pengabdian, baik hanya sekedar penyuluhan atau sampai dengan melakukan pelatihan-pelatihan untuk masyarakat.

9. Menyusun Beban kinerja dosen (BKD)

Setiap semesternya dosen diwajibkan untuk membuat laporan Beban kinerja dosen (BKD) beserta lampirannya, dan saat jeda ini setiap dosen mulai sibuk meng-input aplikasi BKD dan mengumpulkan kembali dokumen-dokumen yang terkait dengan laporan BKD.

10. Menyusun laporan sertifikasi dosen

Salah satu fungsi laporan beban kinerja dosen adalah untuk laporan bagi dosen yang sudah tersertifkasi, jika dosen yang tersertifikasi tidak melaporkan hasil BKDnya, maka jangan berharap tunjangan sertifikasinya akan di cairkan.┬á ­čś»

Jadi kesimpulannya, walaupun libur kuliah secara teknis dosen tidak libur juga. banyak hal yang harus dikerjakan. tetapi memang saat jeda kuliah ini waktu lebih santai tidak seperti biasanya.

Demikianlah artikel singkat dosen kali ini tentang Hal yang dilakukan seorang dosen ketika libur kuliah semoga menjadi pengetahuan bagi para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin