Hal yang harus dipersiapkan saat monev penelitian ristek dikti

Hal yang harus dipersiapkan saat monev penelitian ristek dikti – Setiap awal tahun Kementrian riset dan teknologi melalui Ditjen Penelitian dan PKM selalu membuka hibah penelitian untuk Dosen khususnya yang di upload di sistem berbasis website dan secara online yaitu SIMLITABMAS. Setelah Proposal penelitian di setujui dan dana sudah dicairkan, maka dosen akan di monev (monitoring dan evaluasi) oleh asesor yang di tunjuk oleh Ristek Dikti.

Hal yang harus dipersiapkan saat monev penelitian ristek dikti

Pada Hari senin Kemarin tepatnya pada tanggal 12 November saya di Monev bagaimana pertanggung jawaban penelitian yang saya buat. dari hasil monev tersebut saya akan berbagi tentang hal-hal yang harus dipersiapkan saat penelitian ristek dikti. sebelum masuk ke hal yang harus di persiapkan, hanya sekedar informasi bahwa asesor untuk monev penelitian dalam SKIM PDUPT (Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi) berasal dari Institute Teknologi Bandung (ITB), beliau bernama Bapak Augie WidyoTriatmo, Phd

Hal yang harus dipersiapkan saat monev penelitian ristek dikti
Foto dengan asesor monev penelitian ristek dikti Bapak Augie W, Phd

Oke pengenalannya saya rasa cukup, kembali ke topik apa saja yang harus di persiapkan untuk menghadapi monev penelitian yaitu :

1. Persiapkan Borang Monev Penelitian

Borang penelitian adalah form penilaian yang berisi tentang luaran yang telah di lakukan oleh peneliti yang meliputi publikasi ilmiah, mengikuti konferensi dan hal-hal lain.

Berikut saya lampirkan contoh atau templete borang penelitian ristek dikti :

a. SKIM PDUPT download disini

b. SKIM PEKERTI download disini

c. SKIM PSNI download disini

d. SKIM PTUPT download disini

2. Persiapkan Slide Penelitian

Persiapakanlah slide persentasi min 5-10 lembar yang memuat Latar belakang, Tujuan Penelitian, Tahap Penelitian, Luaran-luaran. berikut saya lampirkan contoh presentasi penelitian monev penelitian disini

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Proposal Penelitian Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi PKPT

3. Persiapkan Bukti Luaran

Hal yang paling penting, dan pasti di tanyakan pada saat monitoring dan evaluasi penelitian adalah Luaran. Luaran dapat berupa jurnal baik nasional atau internasional, dokumen telah mengikuti seminar/ sebagai pemateri. buku ajar atau hal yang lainnya. ketika anda di monev persiapkan bukti-bukti luaran penelitian anda.

4. Persiapkan Dokumentasi penelitian

Pada point ke 4 ini tergantung asesor apakah meminta atau tidak, sebaiknya di persiapkan saja. seperti foto kegiatan penelitian dan lainnya.

5. Persiapkan Produk (Jika ada)

Jika anda membuat produk, sebaiknya anda persiapkan dan produk atas capaian dari penelitian anda.

6. Persiapkan laporan penelitian

Sebaiknya laporan penelitian ini ada bawa juga untuk melengkapi bukt-bukti untuk monev penelitian anda

7. Persiapkan Laporan penggunaan dana penelitian

Terkadang ada asesor yang meminta laporan keuangan untuk disajikan, dan lebih baik laporan keuangan ini anda siapkan. dari log book, catatan harian keuangan dan nota serta kuitansi.

Demikianlah artikel kampus tentang Hal yang harus dipersiapkan saat monev penelitian ristek dikti semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.