9 Hal yang tidak boleh dilakukan dosen kamu harus tahu

9 Hal yang tidak boleh dilakukan dosen kamu harus tahu – Berbicara tugas dan fungsi dosen salah satunya adalah mendidik mahasiswa dengan hal positif, kenapa seperti itu? mau tidak mau suka dosen akan menjadi panutan dan mahasiswa akan meniru. minimal ada celetukan beliau kan dosen, kok gitu sih?

9 Hal yang tidak boleh dilakukan dosen kamu harus tahu
9 Hal yang tidak boleh dilakukan dosen kamu harus tahu (sumber pic : www.pixabay.com)

9 Hal yang tidak boleh dilakukan dosen kamu harus tahu

Dari pengalaman di kampus tetapi masih seumur jagung. saya melihat banyak hal-hal yang seharusnya tidak di lakukan oleh di dosen di kampus, baik dengan teman sejawat (dosen itu sendiri, mahasiswa atau orang-orang yang berada di dunia kampus.

Postingan ini, saya buat berdasarkan analisa saya sendiri dan beberapa berita di media sosial ataupun blog-blog yang membahas hal ini.

Berikut 9 Hal yang tidak boleh dilakukan dosen kamu harus tahu :

1. Jual beli nilai

Apapun alasannya Jual beli nilai itu “Haram” dilakukan oleh seorang dosen. mungkin ada beberapa pembaca yang kurang mudeng apa itu jual beli nilai.

Contoh-nya seperti misalkan di sebuah kampus nan jauh disana, ada seorang mahasiswa yang malas kuliah tetapi memiliki kekuatan finansial yang mumpuni, dan mahasiswa ini menjadi target “Oknum” Dosen yang ingin melakukan transaksi jual beli nilai.

Si mahasiswa tersebut di panggil dan ngobrol santai dan pada intinya Oknum dosen tersebut meminta sejumlah uang atau barang untuk mengeluarkan nilai si mahasiswa tersebut. dan jika mahasiswa tersebut setuju, wal hasil..kampus seperti pasar tempat transaksi jual beli.

2. Jual beli Skripsi

Selain pada point pertama, oknum dosen pun biasanya melakukan transaksi jual beli skripsi, apa maksudnya? mahasiswa yang sedang melakukan skripsi dan kebetulan oknum dosen tersebut yang menjadi pembimbing si Anak, jika ada kesempatan transaksi dilakukan.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Bagaimana Memilih Jurusan dan Kampus yang tepat | Menurut Jejakdosen.com?

Apa yang biasanya di lakukan, Oknum dosen tersebut yang membuat skripsi, membimbing, dan menguji si Mahasiswa tersebut. dan wal hasil si mahasiswa tersebut Lulus tanpa bersusah payah mengerjakan tugas akhirnya. Malu ah jika kamu mahasiswa seperti itu

3.Memaksa beli buku

Salah satu tugas dosen yaitu membuat buku ajar, dengan menggunakan metode self publishing atau menerbitkan buku dosen, seorang dosen dapat memiliki buku yang dia karang. permasalahan yang terjadi karena self publishing untuk menjual buku pun dilakukan sendiri.

Al hasil mahasiswa menjadi target pembelian, sah-sah saja jika menawarkan buku tersebut dengan tidak memaksa dan memberikan ancaman, biasanya yang paling sering adalah ancaman nilai atau tidak di luluskan mata kuliah Ybs.

4. Mempermudah bimbingan skripsi tetapi meminta “Mahar”

Pada point ini saling keterkaitan dengan point 2, hampir sama penjelasannya. hal ini terjadi jika kedua belah pihak menyetujui yaitu oknum dosen dan mahasiswa.

5. Mengakui hasil karya orang lain

Dan mengakui hasil karya orang lain bisa berupa tulisan, publikasi ilmiah baik di jurnal, monograp, buku ajar atau hal yang lain. mengakui ini seperti mengambil tulisan orang lain dan menulis pada tulisan tersebut dia yang menulis. Nge-blog aja ga boleh sama google plagiat, apalagi dosen.Ā  šŸ˜†

6. Nyuruh Beli fotocopian

Ini metode lama yang dilakukan oleh oknum dosen yaitu oknum dosenĀ  yang bersangkutan mem-fotocopy materinya dan di perbanyak dengan jumlah mahasiswa dikelas. dan si Oknum dosen memerintahkan mahasiswa tersebut untuk membeli fotocopian tersebut dengan harga berkali-kali lipat dari harga standar photocopian.

7. Tidak pernah masuk tetapi Absen

Pada point ini dosen tidak masuk ngajar ataupun tidak masuk kampus tetapi rekapan absennya full alias penuh. ntah ada jin apa yang bisa tanda tangani hal tersebut. di beberapa kampus kehadiran penting untuk menambah penghasilan, dan siasatnya ya absen terusssss..

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Syarat mengajukan usulan serdos | Sertifikasi Dosen

8. Diktator kampus

Diktator kampus ini maksudnya adalah seorang dosen yang tidak mau menerima pemikiran teman dosen lainnya, mahasiswa atau staff di kampus. hanya ide saja yang benar, oknum dosen seperti ini mungkin dapat anda ajak makan pecel lele.Ā  šŸ˜†

9. Nge-bossy

Artinya adalah ngebos, walaupun sebenarnya banyak dosen yang menjadi bos di bisnis di luar. tetapi ntah latah atau karakter, biasanya sifat ini di bawa-bawa ke kampus.

Demikianlah tulisan saya tentang dosen, sekali lagi ini hanya oknum-oknum yang merusak seragam dosennya sendiri. dan itu hanya segelintir saja. banyak dosen yang mengabdikan dirinya untuk almamater, mahasiswa sampai dengan 24 jam, tanpa ada tambahan sedikitpun

Dosen merupakan profesi yang menurut saya berkecukupan, jika anda berniat untuk menjadi orang kaya, saya sarankan untuk tidak mengambil profesi ini. jika ada pertanyaan, dosen saya di kampus bawa mobil mewah, uang banyak dan lain-lain.

Jika anda lihat ada dosen kaya, itu bukan hasil dari profesi dosennya, hasil dari :

1. Dosen tersebut kaya dari lahir

2. Dosen tersebut memiliki bisnis di luar kampus

3. Dosen tersebut mempunya suami/istri yang memang tajir

Sekali lagi tulisanĀ 9 Hal yang tidak boleh dilakukan dosen kamu harus tahu tidak bermaksud apa-apa dan apabila ada pihak-pihak yang tersinggung dan sakit hatinya, saya mohon maaf.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.