Jadwal Puasa Ramadhan tahun ini, Serentak atau tidak?

Jadwal Puasa Ramadhan tahun ini, Serentak atau tidak? Pertanyaan tersebut yang selalu ada dibenak kaum muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Puasa pada bulan Ramadhan adalah Puasa Wajib yaitu Rukun Islam Ke 4 setelah Syahadat, Sholat lima waktu dan membayar zakat. pada tahun 2017 ini atau 1438 H dikalender masehi Hari raya Idul Fitri 1438 H jatuh pada tanggal 25 Juni 2016. Kalau saya perhitungan kasar , jika puasa dilaksanakan 29 hari Pertama puasa jatuh 27 Mei 2017 atau jika puasa 30 hari, puasa pertama jatuh pada tanggal 26 mei 2017. hehe.. itu hitung-hitungan saya sebagai orang awam. Kita dapat mengecek website resmi Kementrian Agama untuk mengetahui jadwal Puasa tahun ini.

Jadwal Puasa Ramadhan tahun ini
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Jadwal Puasa Ramadhan tahun ini, Serentak atau tidak?

Sebenarnya, bagi umat Islam dimana saja, Jadwal Puasa Ramadhan tahun ini, Serentak atau tidak? itu tidak ada masalah, yang penting bagaimana memaknai dan menjadikan diri sendiri menjadi lebih baik dari Puasa-puasa tahun sebelumnya. Di Indonesia memiliki banyak sekali organisasi Islam, Contoh seperti Muhammadiyah atau Nahdatululama dan pemerintah melalui kementrian agama merupakan penengah. Orang lain (non muslim), memandang bahwa perbedaan jadwal puasa atau Idul Fitri merupakan ketidak kompakan umat Islam. dan Sejujurnya saya bantah Tidak Pernyataannya keliru.

Kenapa, karena semua organisasi Islam tersebut memiliki Metodologi dan cara perhitungan tersendiri yang orang muslim awam saja bingung memahaminya apalagi orang lain. Secara Garis besar, mungkin kita pernah mendengar kata Hisab dan Rukyat. Hisab adalah Cara perhitungan dengan matematis serta astronomis dimana untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan awal tanggal kalender Hijriah. Seperti di ketahui Umat Islam memiliki Kalender sendiri yaitu kalender Hijriah. Kalender Hijriah adalah Kalender yang dihitung mulainya Nabi Muhammad SAW Hijrah dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 M. Pada negara-negara yang mayoritas islam negara tersebut menggunakan Kalender Hijriah untuk sistem penanggalan Sehari-hari.

Bulan-Bulan pada Kalender Hijriah ?

1. Bulan Muharram

2. Bulan Safar

3. Bulan Rabiul Awal

4. Bulan Rabiul Akhir

5. Bulan Jumadil Awal

6. Bulan Jumadil Akhir

7. Bulan Rajab

8. Bulan Syaban

9. Bulan Ramadhan

10. Bulan Syawal

11. Bulan Dzulkaidah

12. Bulan Dzulhijjah

Selanjutnya Definisi dari Rukyat adalah Aktifitas atau cara mengamati tampaknya hilal yaitu Penampakan Bulan Sabit pertama kali setelah terjadinya Ijtimak atau konjugsi. Rukyat biasanya dilakukan pada saat matahari terbenam bisa menggunakan mata telanjang ataupun dengan bantuan alat.

Jadi, Apabila ada pertanyaan Jadwal Puasa Ramadhan tahun ini, Serentak atau tidak? Tidak Penting Menurut saya Mau Serentak atau tidak, karena sudah memiliki perhitungan dan metode sendiri serta akurat masing-masing organisasi islam. Kalau saya tetap, mengikuti pemerintah, yaitu menunggu sidang isbat. sidang isbat adalah Sidang Penentapan sesuai dalil dihadapan majelis untuk menetapkan suatu pristiwa, kalau di Pancasila yaitu Musyawarah Mufakat. Kesimpulannya, Tidak Penting kapan pertama puasanya, Tidak Penting Serentak atau tidak yang Terpenting adalah Bagaimana Selaku umat Islam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan pada tahun ini. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan untuk Umat Islam Di Indonesia..Marhaban Ya Ramdhan

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin