Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar

Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar – Bagi peneliti atau dosen yang sudah banyak publikasi baik dalam negeri maupun luar negeri, mungkin tidak asing lagi dengan google scholar. google scholar merupakan portal dari google yang berfungsi untuk mencari referensi baik dari segi pendidikan dan pengajaran maupun penelitian. Google Scholar akan meng-index semua penelitian seorang dosen atau peneliti yang terpublikasi secara online.

Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar

Google Scholar mungkin tekniknya sama dengan SEO yang ada di dunia per-blog-an. dengan moto “Stand on the shoulders of giants” atau bahasa indonesianya “Berdiri di pundak raksasa” mungkin itu salah satu concern google untuk dunia pendidikan dan penelitian.

Sayang sekali rasanya ketika seorang dosen memiliki publikasi dan hasil penelitian yang banyak, tetapi hanya tersimpan di folder-folder laptop atau komputernya saja, tanpa ada rasa manfaat untuk para calon peneliti atau yang baru mau belajar meneliti seperti saya. hiks..

Dan pada artikel ini saya mencoba membuat artikel bagaimana cara Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar.

agar dapat ter indeks oleh google scholar beberapa hal yang harus di perhatikan :

1. Artikel atau jurnal ilmiah sudah di publish atau di publikasikan secara online.

2. Memiliki Akun Google

Hal yang pertama di lakukan ketika anda ingin meng-indeks jurnal atau artikel ilmiah anda di googe scholar, anda harus mendaftar terlebih dahulu, berikut cara-cara untuk mendaftar Google Scholar :

1. Buka Browser anda ketik url https://scholar.google.com/ atau anda bisa mencari di mesin pencari google dengan keyword “Google Scholar” dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar
Halaman Depan Google Scholar

2. Kemudian klik tombol masuk atau sign ini (disudut kanan atas) dan anda akan diminta untuk memasukan akun google anda yaitu alamat email dan password Jika belum ada anda bisa mendaftar terlebih dahulu di Gmail

3. Langkah selanjutnya, setelah login akun google anda berhasil akan tampil seperti gambar berikut ini, dan anda sudah masuk dan memiliki akun google scholar.

Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar

Langkah selanjutnya adalah mengelola menu dan artikel di akun google scholar anda yaitu dengan tahap sebagai berikut :

1. Menambahkan artikel atau jurnal ilmiah anda ke My profile google scholar caranya adalah sebagai berikut :

a. Klik menu My Profile di akun google scholar dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar
Statistik penelitian di Google Scholar

b. Klik Icon tanda tambah (disamping menu title) : ada 4 pilihan atau settingan yang anda bisa lakukan :

=> Add article groups

=> Add article

=> Add article Manually

=> Configure article updates

c. Anda dapat memilih dari 4 pilihan tersebut, misalanya saya memilih Add article

d. Selanjutnya google scholar akan menampilkan semua artikel yang terkait dengan nama kita (my profile), dan anda bisa menambahkan artikel tersebut ke google scholar dengan cara mengklik kotak check box disebelah kiri.

e. Selanjutnya anda dapat melihat statistik dan progress penelitian yang anda lakukan setiap tahunnya seperti gambar di diatas :

Demikianlah artikel singkat saya mengenai Jurnal atau artikel ilmiah anda terindeks di google scholar semoga bermanfaat untuk kita semua.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin