Kata Orang menjadi dosen enak, benarkah?

Kata Orang menjadi dosen enak, benarkah? – Salah satu profesi yang ada dimuka bumi ini adalah Dosen (huahaha). termasuk profesi saya sampai saat ini. Dosen merupakan profesi yang mirip dengan profesi guru, yang membedakan tugas dan fungsi dari seorang dosen ataupun guru.

Kata Orang menjadi dosen enak

Tugas dan fungsi seorang dosen yang saya lakukan meliputi kegiatan tridharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta pengabdian kepada masyarakat serta rutinitas-rutinitas yang lain. kemudian kalau guru setahu saya memiliki tugas dan fungsi yaitu melakukan pendidikan dan pengajaran kepada siswa dan menurut saya ini lebih berat dibandingkan dosen.

Ga tau kenapa hari ini saya mau cerita dan share tentang dosen, selain alasan udah lama ga posting di blog tercinta saya ini. hehehe

Banyak orang awam melihat pekerjaan dosen enak, bahkan saat ini banyak orang-orang berlomba untuk bekerja dan melamar di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk menjadi dosen.

Kenapa banyak orang beranggapan menjadi seorang dosen itu enak?

Kebanyakan masyarakat kita (indonesia) melihat profesi dari tampilan luarnya saja. misalnya kalau melihat seorang dosen, pakaian dan penampilan selalu nacis, kemudian membawa kendaraan roda empat yang bagus, supel dan mudah bergaul, banyak kenalan dari mahasiswa, pejabat daerah atau yang lainnya. makan di tempat yang mewah dan sebagainnya.

Dan itu pandangan dari masyarakat awam yang melihat profesi dosen dari luar, dalam kenyataannya pun tidak semuanya benar. bahkan banyak dari dosen yang memiliki uang banyak dan kendaraan mewah berasal dari pekerjaan mereka diluar sebagai dosen.

Tetapi menurut saya semua profesi pekerjaan memiliki kenyamanan dan ketidaknyamanan masing-masing. tergantung kita menyukuri profesi yang sedang digeluti.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara mengajar mata kuliah teori bobot 4 sks untuk dosen

Beberapa hal enaknya menjadi dosen dibandingkan pekerjaan yang lain menurut saya :

1. Waktu Fleksibel

Ketika anda menjadi dosen, waktu anda sangat fleksibel berbeda ketika anda bekerja diperusahaan swasta ataupun BUMN atau tempat lainnya. diluar jam mengajar anda bisa menjemput anak sekolah (jika sudah punya anak), ataupun melakukan kegiatan yang lain.

2. Banyak kenalan

Tentunya sebagai dosen, akan bertemu dengan banyak orang. bahkan saking banyaknya terkadang lupa siapa namanya. hal tersebut menjadi positif. bayangkan ketika anda bekerja disebuah perusahaan dan yang anda jumpai dikantor hanya 5-10 orang saja, anda akan merasa cepat bosan

3. Belajar terus

Menjadi dosen dituntut banyak belajar, jangan sampai nanti pengetahuan seorang dosen lebih rendah dari mahasiswanya. apalagi diera yang saat ini serba digital semua informasi cepat didapat

4. Mudah mencari audiance

Jika ada kegiatan apapun dosen dengan mudah mendapatkan audience. misalkan ada acara seminar sebagai dosen cukup untuk memanggil para mahasiswanya untuk memenuhi kuota acara seminar tersebut. 

Dan sebenarnya masih banyak lagi ke-enakan menjadi seorang dosen yang tentunya anda dapat mencobanya hehe

Demikian artikel dosen tentang Kata Orang menjadi dosen enak, benarkah? semoga bermanfaat untuk para pembaca

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.