Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop

Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop, Bagi para developer atau pengembang aplikasi mobile berbasi android pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang dibuat oleh google yaitu androis studio. Saya sendiri sudah menggunakan dan menghasilkan aplikasi android dengan menggunakan android studio versi terbaru. bagi yang baru dan ingin memulai ngoding dengan android studio, harus tahu dulu tentang arsitektur hardware dan software yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini.

Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop
Android Studio, Untuk membuat aplikasi android

Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop

Pengguna android di Indonesia sangat besar karena trend smartphone yang memiliki Sistem operasi Android disukai oleh banyak orang di Indonesia, Kenapa disukai? Alasan pertama adalah Smartphone yang dijual dengan menggunakan dan memiliki sistem operasi android lebih murah dan terjangkau. berbeda dengan Smartphone berbasis Ios seperti Iphone atau Ipad. Alasan Kedua adalah Smartphone berbasis android bersifat free atau gratis, dan banyak pengembang aplikasi mobile lebih fokus untuk mengembangkan aplikasi android disamping aplikasi yang lain, sehingga di butuhkan tools yang baik untuk menggembang aplikasi tersebut. sehingga developer baru harus tahu terlebih dahulu tentang Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop.

Pengalaman saya pribadi, ketika pertama kali mencoba Android studio dengan laptop yang saya miliki cukup bikin keringet bercucuran, karena menunggu proses loading yang sangat lama. Spesifikasi laptop saya pada saat itu adalah Prosesor core I3 (intel) Generasi pertama, Ram saya upgrade menjadi 4 GB, VGA Standart dan Harddisk berkapasitas 320 GB. ketika saya mencoba install saya mengetahui bahwa laptop saya memenuhi Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop, setelah proses install selesai..dan saya buka android studio hampir 30 menit untuk membukanya dengan bunyi kipas prosesor saya yang keras, belum lagi saya menggunakan emulator Bluestack dengan kebutuhan ram yang cukup tinggi akhirnya not responding yang terjadi.

Akhirnya saya putuskan untuk mencari di situs resmi android studio untuk mengetahui Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop ?

1. Sistem operasi Windows yang dapat digunakan versi Windows 7, 8, 10 (32 dan 64 bit mendukung)

2. Kapasitas Ram Minimal 3 GB dan di rekomendasikan 8 GB, Lebih besar kapasitasnya lebih bagus

3. Harddisk Kosong minimal 2 GB dan di Rekomendasikan 4 GB atau lebih

4. Resolusi Gambar / Screen minimal 1280 x 800

5. VGA rekomendasi saya min 2 GB, atau 1 GB juga oke, ATI atau NVIDIA

Dengan Mengetahui Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop, dan ada rezeki saya putuskan untuk membeli laptop baru.

Beberapa saran dari saya untuk para developer/pengembang aplikasi berbasis android untuk menggunakan Android Studio :

1. Jika Ingin membeli Laptop, usahakan membeli laptop dengan spesifikasi yang di rekomendasikan Android Studio lebih baik lagi jika spesifikasinya lebih tinggi, karena perkembangan aplikasi android ini cepat dan kebutuhan hardware dan softwarenya meningkat sehingga laptop atau PC kita dapat bertahan lama mengikuti perkembangan android

2. Sebaiknya jika ingin menggunakan windows, gunakan windows yang 64 Bit

3. Gunakan Emulator yang memakan Ram Sedikit atau langsung jalankan aplikasi di Smartphone

4. jika Spesifikasi Laptop tinggi, anda bebas menggunakan emulator seperti saya menggunakan BlueStack

5. Produktif buat aplikasi, udah punya laptop bagus tapi tidak buat aplikasi sama aja boongg..hehee

Semoga artikel Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop bermanfaat untuk para pemula pengguna aplikasi android studio.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

One thought on “Kebutuhan minimum untuk install android studio di Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin