13 Keuntungan Menggunakan CMS WordPress buat ngeblog

13 Keuntungan menggunakan CMS wordpress buat ngeblog – Beberapa bulan ini saya mulai menulis lagi di blog, blog yang saya buat baru dari cms serta hosting dan domainnya. saya membeli hosting dan domain serta menggunakan Content management system atau yang sering kita dengar yaitu CMS menggunakan WordPress. hampir 3 bulan saya menulis di cms wordpress ini, banyak hal baru yang tidak saya temui ketika saya ngeblog di blogspot.com.

Keuntungan Menggunakan CMS WordPress buat ngeblog
“Ngeblog” gunakan WordPress

13 Keuntungan menggunakan CMS wordpress buat ngeblog

Kalau di dunia ngeblog, saya sebenarnya sudah hampir 5 tahun ngeblog, dulu saya memiliki blog yang saya buat di Blogger.com dan kemudian saya beli domain di idwebhost.com dengan nama domain nama pribadi saya dan memang niat blog yang saya buat, awalnya hanya untuk branding image nama saya. blog tersebut saya buatkan domain di www.robbyyuliendra.com, pada bulan april kemarin saya mendapatkan pemberitahuan bahwa domain blog saya akan expired. saya berpikir apakah harus saya perpanjang atau tidak. akhirnya saya putuskan untuk tidak perpanjang domain blog tersebut. dan membuat blog baru di CMS WordPress.

Content Management System (CMS) adalah Aplikasi web yang sudah dibuat yang bersifat open source sehingga si user dapat mengedit atau merubah tampilannya. dan salah satu website CMS yang banyak digunakan adalah WordPress. berbeda dengan penggunaan blogspot atau blogger. menggunakan cms wordpress ini sangat mudah dan menyenangkan. saran saya, bagi kamu yang ingin memulai ngeblog, tidak ada salahnya menggunakan wordpress untuk blog kamu. dan pada artikel kali ini saya akan membahas 13 Keuntungan menggunakan CMS wordpress buat ngeblog sesuai dengan pengalaman saya 3 bulan ini.

Keuntungan menggunakan CMS wordpress ?

1. Tidak Perlu Bisa “Ngoding”

Pada dasarnya saya mengerti tentang konsep bahasa pemograman web yaitu HTML, PHP atau pun Java Script. di blogspot saya sering utak-atik file HTML karena ingin design thema atau tampilan yang menarik, search di google codingnya kemudian saya implementasi dimenu Edit HTML hasilnya : Sering Errornya¬† ūüėõ dan di wordpress kamu yang tidak bisa Ngoding dan ingin buat blog disediakan Plugin yang dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan. ow ya Plugin adalah fitur tambahan atau software tambahan yang dapat dikombinasikan dengan sistem yang ada sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem tersebut.

2. CMS Wordpres bersifat Gratis

CMS wordpress gratis, ada yang premium sebenarnya. tetapi jika untuk ngeblog wordpress free cukup oke lah. kalau ada yang bayar, mungkin biaya tersebut untuk membeli Hosting dan Domain.

3. Install dan langsung digunakan

CMS wordpress ini ketika kita install langsung bisa digunakan, apalagi ketika kita membeli domain dan hosting dan mereka menawarkan untuk membantu install wordpress. kita tinggal nunggu beberapa menit, dan cms kita dapat digunakan.

4. Tema atau Themes Gratis

WordPress menyediakan banyak sekali tema yang gratis dan juga yang premium/berbayat. seperti tema yang seperti majalah, untuk e-commerce dan lain-lain. untuk pemula yang baru ngeblog cukup untuk menggunakan tema yang free.

5. WordPress bisa di gunakan secara offline

Ketika mendesign atau memposting content di wordpress kita bisa lakukan dengan cara offline, tinggal download aplikasi Xampp dan download wordpress di https://wordpress.org/download/ kemudian jalankan dibrowser dengan aplikasi Xampp. Kemudian tinggal import databases di Cpanel wordpress online anda

6.  Keamanan WordPress kuat

Untuk keamanan wordpress sangat memperhatikan serius tentang hal tersebut. mereka sering memberikan update berkala untuk sistem keamanan.

7. Sangat Responsive (mobile)

Dengan banyak pengguna berbasis mobile baik android atau ios serta windows phone. banyak blog yang diakses oleh penggunannya lewat mobile. dan wordpress sangat responsive untuk hal tersebut.

8. Bisa digunakan Banyak user

WordPress menyediakan agar dapat digunakan banyak orang. contoh apabila kamu membuat blog tentang berita dan narasumbernya banyak, kamu tidak perlu menunggu adminstrator untuk memposting content tersebut.

9. Sangat User Friendly

Seperti yang saya jelaskan diawal selain tidak harus bisa ngoding, wordpress sangat user friendly bagi yang baru mengenal dunia CMS.

10. Dukungan Search Engine optimization (SEO)

SEO adalah hal terpenting bagi pemilik blog, karena merupakan alat untuk mempopulerkan blognya. dan di wordpress sudah terintgrasi dengan konsep seo yang terbaru

11. Proses Loading WordPress cepat

Secara umum proses loading merupakan dan menjadi perhatian para visitor diblog, dan pengalaman saya untuk proses loading, wordpress unggul. dengan catatan kita tidak meletakan banyak widget di blog.

12. Bisa membuat Postingan dari Smartphone

Dengan banyaknya pengguna smartphone, para blogger tidak harus mempostingan via laptop. tetapi dapat menggunakan Smartphone, bisa sambil jalan ataupun tidur-tiduran dikamar. simple kan

13. Banyak mendukung format file

Untuk jenis file, wordpress banyak mendukung baik format gambar JPEG, PNG dll, serta format audio serta video.

Kesimpulan dari artikel Keuntungan menggunakan CMS wordpress sesuai pengalaman saya wordpress saya sarankan untuk buat blogger pemula, jika ada biaya, biaya tersebut hanya untuk untuk menbayar dan membeli horsting dan domain.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

One thought on “13 Keuntungan Menggunakan CMS WordPress buat ngeblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin