21 views

Komputer kamu sering not responding ini cara mengatasinya

Komputer kamu sering not responding ini cara mengatasinya – Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang pengunaanya tidak dapat di elakan lagi. saat ini siapa saja dapat menggunakan komputer sebagai kebutuhan dan penunjang pekerjaannya. yang seperti di ketahui komponen komputer ada 3 yaitu Software, Hardware dan Brainware.

Komputer kamu sering not responding ini cara mengatasinya

Komputer kamu sering not responding ini cara mengatasinya

Laptop atau komputer terkadang sering terjadi masalah yang tidak terduga, salah satunya adalah software atau aplikasi yang selalu not responding ketika di buka. ada beberapa alasan mengapa not responding pada saat membuka aplikasi atau software sering terjadi. pada artikel kali ini saya akan membahasnya satu persatu. simak yah

Komputer kamu sering not responding ini cara mengatasinya :

1. Uninstall atau hapus software/aplikasi yang tidak di perlukan

Penyebab pertama kenapa laptop atau komputer anda sering not responding adalah banyaknya aplikasi yang di install di laptop atau komputer anda. tahukah anda setiap aplikasi atau software yang terinstall baik di pakai atau tidak di pakai membutuh memory atau ram untuk menjalankannya?

Dan sebaiknya, anda simpan master program yang ada di laptop, kemudian anda uninstall aplikasi yang saat ini anda tidak pakai. sewaktu-waktu apabila di butuhkan anda dapat menginstall software itu kembali

2. Minimal jumlah shorcut icon aplikasi atau software yang ada di Dekstop

Jumlah tampilan shortcut yang ada di dekstop laptop atau komputer yang banyak kadang mempercantik tampilan laptop anda, tetapi tahukah kamu banyaknya dekstop yang ada di laptop anda akan meningkatkan kinerja laptop dan mengurangi memori. sebaiknya anda mulai hapus shortcut di dekstop laptop anda.

3. Tambah kapasitas ram laptop atau komputer anda

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Cara pertama mengatasi wordpress anda terkena hack

Salah satu alasannya sering not responding, kuranganya memory atau ram untuk menunjang kinerja laptop anda. solusi lainya adalah menambah kapasitas ram pada laptop anda. tetapi sebelum anda menambah ram anda harus mencari tahu terlebih dahulu, jumlah kapasitar RAM anda yang di support di Laptop atau komputer anda.

4. Kurangi multitasking atau membuka aplikasi yang banyak pada saat bersamaan

Tahukah kamu membuka banyak aplikasi menyebabkan jumlah kapasitas ram berkurang, sebaiknya kurangi multitasking saat anda menggunakan laptop agar not responding dapat di minimalisir. dan membuka tab yang banyak pada browser membutuhkan memory yang banyak juga.

5. Scan secara berkala komputer atau laptop anda dari virus atau malware

Ada hal lain penyebab komputer atau laptop anda sering not responding yaitu terinfeksinya laptop anda dengan virus atau malware. virus dan malware menyebabkan kinerja laptop atau komputer anda menjadi berkurang. scan dengan antivirus yang update.

6. Menghentikan aplikasi yang tidak perlu saat start up

Ada beberapa aplikasi pada saat kita menginstall secara otomatis menjalankan aplikasi tersebut pada saat start up. anda dapat memilih apakah aplikasi inipenting untuk di jalankan pada saat start up, jika tidak anda dapat menghentikan proses ini (khusus OS windows). caranya :

a. Ketik menu Run > ketik msconfig

b. Kemudian klik startup > pilih aplikasi mana saja yang ingin anda disable

7. Menghentikan aplikasi yang tidak perlu di latar belakang

Selain pada poin 6, anda juga dapat menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang caranya sebagai berikut :

a. Ketik menu Run > ketik msconfig

b. Kemudian klik service > pilih aplikasi mana saja yang ingin anda stop

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Download Aplikasi Youtube go di saat kuota menipis

8. Ganti Harddisk laptop atau komputer anda

Penyebab lain laptop anda sering not responding adalah kerusakan hardware, salah satunya harddisk solusinya anda dapat menganti harddisk anda jika memiliki budget yang lebih

9. Install aplikasi yang original

Aplikasi bajakan sering di sisip oleh virus atau malware dan hal tersebut membuat aplikasi anda menjadi berat dan mengakibatkan not responding

10. Ganti harddisk ke ssd

Dan cara terakhir, jika anda memiliki budget lagi tentunya maka anda dapat mengganti harddisk anda dengan SSD.

Demikianlah artikel singkat kami mengenai Komputer kamu sering not responding ini cara mengatasinya semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.