Masih ingat Forum Jual beli kaskus kini banyak yang berbeda

Masih ingat Forum Jual beli kaskus kini banyak yang berbeda – Tidak sengaja tiba-tiba teringat dengan suatu forum yaitu kaskus. mencoba membuka dengan login yang saya miliki, ternyata masih bisa masuk login. dan coba membaca serta flash back dengan forum yang memiliki pengguna dan pengunjung disaat era sosial media masih belum ada dan banyak.

Masih ingat Forum Jual beli kaskus kini banyak yang berbeda

Masih ingat Forum Jual beli kaskus kini banyak yang berbeda

Dengan hal tersebut, saya merasa penting untuk mengenang kembali ketika kaskus menjadi primadona anak-anak tahun 2000 (tahun saya masih kuliah), banyak perubahan dari segi tampilan, menu kategori yang masih saya ingat.

Saya masih meraba-raba serta mengingat-ingat menggunakan kembali forum kaskus ini.

Mungkin untuk memulai mengingat kembali kaskus, saya akan memulai dari sini

Latar belakang gabung kaskus

Awal mendaftar kaskus sekitar tahun 2009, dan pada saat itu sosial media belum terlalu booming apalagi tempat jual beli online seperti bukalapak, tokopedia, shopee dan lainnya bisa di bilang tidak ada. dan pertama kali mendaftar masih tersimpan di akun kaskus saya seperti gambar di bawah ini :

Masih ingat kaskus forum jual beli yang banyak pengunjung

Di akun saya tersebut terlihat data UserID kaskus saya: 1117220, Member since: 1-10-2009 dan Total posts: 794 yang sudah saya lakukan.

Kaskus Merupakan Forum Jual Beli

Awalnya kaskus sempat menjadi forum share video dan gambar 18++ menurut saya hal tersebut terjadi karena kaskus masih baru, dan belum banyaknya moderator yang bisa di bilang sebagai satpam di setiap thread di kaskus, moderator bertugas sebagai filtering untuk setiap postingan yang masuk.

Tahu kah kamu, kaskus dulu merupakan forum jual beli yang populer di era nya, dengan sistem langsung terhubung dengan penjual dan pembeli, kaskus merupakan pelopor untuk konsep jual beli online (menurut saya), dan saya sempat beberapa kali melakukan transaksi beli online di kaskus.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Catatan Tentang pendidikan di hari pendidikan nasional tahun ini
Kaskus menggunakan domain US

Tahukah anda dulu domain kaskus sebelum berubah menjadi kaskus.co.id adalah kaskus.us  dan domain us tersebut satu-satunya domain yang menurut saya berbeda pada saat itu, banyak web menggunakan domain .com, .net dan lain-lain, kaskus muncul dengan domain .us.

Seingat saya para pendiri kaskus yang saya tahu cuma andrew darwis, berkuliah di USA alias amerika dan disana mereka membuat forum kaskus tersebut, jadi tidak lah ane ketika aplikasi kaskus ini menggunakan domain .us

Istilah yang ada di kaskus yang saat ini masih saya ingat, tanpa harus search di google.

selain tulisan dan informasi yang ada di kaskus yang menjadi menarik adalah istilah-istilah yang ada di kaskus, dan sampai saat ini masih teringat di benak saya contohnya adalah sebagai berikut :

– Pertamax => istilah user yang koment di thread di posisi pertama

– Cendol => Cendol merupakan reputasi baik yang diberikan user lain. syarat untuk dapat memberikan cendol, saya agak lupa mungkin dari jumlah postingan atau pangkat seseorang di kaskus. banyak user yang berharap mendapatkan cendol ke kulkas mereka masing-masing

– Bata Merah => Merupakan reputasi buruk alias kebalikan dari cendol tadi, apabila seorang user memiliki reputasi buruk alias banyak bata merah. jangan berharap omongannya dapat dipercaya. hehe

– Istilah level atau pangkat di kaskus, di kaskus anda akan naik level jika memenuhi aturan banyaknya posting yang anda lakukan, seingat saya istilahnya ada newbie, kaskuser, addict, gaek, legend, apalagi ya???

– Gan julukan untuk juragan

Dan masih banyak lagi istilah-istilah yang menurut saya unik di forum kaskus tersebut, sampai saat ini istilah-istilah tersebut entah masih di pakai atau tidak.

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Definisi Toleransi antar umat beragama di Indonesia

Banyak hal yang berubah dari forum kaskus ini, dari segi tampilan, penambahan kategori dan  lain-lain. kemudian konsep dari forum jual beli pun, mirip dengan toko jual beli yang ada.

Akhir kata mulai hari ini saya mencoba untuk ngaskus lagi, karena banyak informasi, buku-buku, softawere yang di share disana.

Demikianlaha artikel opini saya tentang Masih ingat Forum Jual beli kaskus kini banyak yang berbeda semoga menjadi reminder buat kaskuser gaek

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.