Mau Tau Berapa besaran biaya satu kantong darah di PMI

Mau Tau Berapa besaran biaya satu kantong darah di PMI – Banyak manfaat yang anda dapat rasakan sebagai pendonor darah baik untuk diri sendiri ataupun orang lain yang membutuhkan. seperti yang sering diberitahukan oleh pihak PMI, manfaat tersebut antara lain menyehatkan jantung, menimalisir penyakit kanker dan beberapa penyakit lain.

Mau Tau Berapa besaran biaya satu kantong darah di PMI
Biaya 1 Kantong darah di PMI (source pic : Republika)

Mau Tau Berapa besaran biaya satu kantong darah di PMI

Bagi anda yang ingin melakukan donor darah, sebaiknya anda datang ke Kantor Palang merah Indonesia (PMI) terdekat di daerah anda.

Apakah saya dapat langsung mendonorkan darah saya?

Secara SOP, Pihak PMI akan mengecek beberapa syarat yang di butuhkan untuk menjadi pendonor darah yaitu Tekanan darah dan Jumlah HB, serta kondisi kesehatan calon pendonor tersebut.

Beberapa yang lalu, saya sempat berbincang dengan seseorang yang beberapa bulan lalu sakit dan dibutuhkan transfusi darah. dari pembicaraan tersebut saya sedikit tercengan dengan besaran biaya satu kantong darah yang ia harus keluarkan? Biaya yang dia keluarkan sebesar Rp. 700.000 / kantongnya.

Saya menilai biayanya kok mahal banget yah, tetapi jangan su udzon terlebih dahulu. karena pada saat seorang pendonor selesai melakukan donor darah. darah tersebut tidak serta merta dapat langsung digunakan. ada beberapa proses yang harus dilakukan.

Proses setelah donor darah adalah sebagai berikut :

1. Darah di pisahkan berdasarkan jenis Golongan Darah

Setelah anda melakukan donor darah, darah pada kantong tersebut di pisahkan sesuai golongan. seperti yang kita ketahui golongan darah terdiri dari Golongan A,B, AB, dan O serta Golongan darah sesuai Rhesus-nya ada Rhesus Positif (Rh+) dan Rhesus Negatif (Rh-)

2. Pemisahan darah di laboraturium

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Gocar masuk lampung, Begini Cara daftar dan Syarat jadi driver Gocar

Kemudian setelah kantong darah di pisahkan  berdasarkan jenis golongan darah, kemudian kantong-kantong darah tersebut di masukkan kedalan Laboraturium komponen darah. Di Laboraturium ini, setiap darah dipisahkan berdasarkan  trombosit, sel darah merah, plasma, frozen plasma, serta anti hemofili.

Untuk melakukan pemisahan tersebut di lakukan dengan dua cara yaitu cara manual dan dengan mesin. untuk kantong kapasitas 450 ml menggunakan mesin otomatis dan kapasitas 350 ml menggunakan cara manual.

3. Darah diberikan Kode atau di Labelin

Kemudian setelah proses pemisahan dara selesai, tahap selanjutnya yang di lakukan adalah pemberian kode sesuai dengan standart di PMI, untuk memudahkan dalam pencarian data darah.

4. Darah di Karantina

Bagi anda yang pernah melakukan donor darah, jika kantong darah sudah penuh. petugas menuangkan darah anda di tabung kecil bukan. hal tersebut dilakukan untuk meng-karantina darah tersebut untuk mengetahui penyakit jika darah tersebut terInfeksi Menular Lewat Transfusi Darah (IMLTD) seperti Hepatitis B (HBs Ag), Hepatitis C (Anti HCV), HIV (Anti HIV) dan sifilis (TPHA). dapat segera di ketahui

Darah di karantina di suhu 2-6 derajat celcius dan Trombosit harus di simpan dalam suhu kamar 20-24 celcius.

Tahukah anda darah yang sudah di donorkan memiliki kadaluarsa?

Untuk Kantong 450 ml dapat bertahan 42 hari dan untuk Kantong 350 ml dapat bertahan 14 hari.

Dari artikel tersebut, mengapa kita mengeluarkan biaya besar untuk 1 kantong darah. karena ada banyak proses yang harus dilakukan. tetapi dengan harga tersebut masih terpikir oleh saya harga tersebut cukup besar.

Dan saya bertanya kembali kepada teman tersebut, apakah ada perbedaan jika kita membawa pendonor darah sendiri, tidak langsung mengambil dari PMI?

Baca Juga Artikel menarik lainnya :  Tarif Taksi Bandara Raden Inten ke wilayah seluruh lampung

Ternyata bisa, dan mungkin anda sering mendapatkan broadcast orang yang membutuhkan darah. karena dengan membawa langsung pendonor darah ke PMI, hal tersebut dapat menekan biaya. biaya yang dibebankan sekitar Rp. 300.000

Demikianlah artikel informasi mengenai Mau Tau Berapa besaran biaya satu kantong darah di PMI, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin