Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing | jejakdosen.com

Menulis merupakan salah satu tugas dari seorang dosen, menulis disini bisa dikategorikan dalam bidang tridharma yaitu pada point Penelitian. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka mewujudkan dan menambahkan nilai penelitian selain menulis jurnal seorang dosen dapat menulis Buku atau buku ajar. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing | jejakdosen.com. berat bahasannya..hehe

Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing | jejakdosen.com.

Sebelum menjelaskan bagaimana Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing | jejakdosen.com. saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya menerbitkan buku. Pada awal tahun 2010 saya sering didatangi oleh seorang teman dari penerbit besar dari Yogyakarta. Beliau menawarkan beberapa buku serta memberikan katolag, ya beliau seorang sales dari penerbit buku tsb. Banyak ngobrol dengan dia akhirnya saya berkeinginan membuat buku karangan sendiri, buku ala kadarnya, dan tulisan yang belum baik. Iseng-iseng saya bertanya dengan teman tsb, pertanyaan sederhana yang saya lontarkan adalah bisa gak ya, saya menerbitkan buku di penerbit tempat ia bekerja?

Tidak perlu menunggu waktu yang lama, teman tsb memberikan jawaban nya, bisa tentu saja bisa tapi dengan syarat, dan dia mulai menyebutkan syaratnya tulisan saya bisa dikirim ke email penerbit nanti akan di review oleh editor, kemudian bukan anda kalau ingin diterbitkan harus ada batas minimum penjualan, seinget saya buku saya harus terjual 1000 eksamplar / semester. Wow..harapan hamper pupus, Karena dengan notabene saya sebagai dosen yang tidak memiliki cukup nama dan terbilang baru. Pertanyaan saya siapa yang mau beli buku saya, dengan becanda saya kasih ke orang saja ga ada yang bakal mau. Hhehee

Selang beberapa tahun, keinginan menulis buku ajar dengan ber ISBN (Internation Standart Book Number) saya masih terkubur tetapi saya masih sedikit-sedikit membuat buku modul yang dipergunakan untuk belajar praktikum mahasiswa saya di kampus. Pada tahun 2016, fakultas saya merayakan dies natalis, singkat cerita anak-anak Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) mengundang Bapak Onno W Purbo, beliau seorang praktisi dan juga dosen di kampus swasta di Jakarta. Singkat cerita pada saat makan siang, kebetulan saya menemani beliau makan dan beliau bercerita tentang Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing.

Dari Obrolan tsb, saya baru mendengar kata self publishing (kayaknya saya kurang update hehe). Ya self publishing beliau mempertegas, kemudian saya bertanya metode apa itu pak? beliau menjelaskan Self publishing adalah metode Menulis dan menerbitkan buku sendiri dengan bantuan penerbit dengan menggunakan metode self publishing. Pada intinya buku kita bisa terbit tanpa harus memiliki target dengan batas minimal tertentu. Self publishing mengharuskan penulis buku menjadi seorang penulis, design, editor serta marketing. Hehe bergegas setelah obrolan tersebut saya mencari informasi tentang bagaimana Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing.

Pada berbincangan itu pak onno menyebutkan beberapa penerbit self publishing, salah satu yang saya ingat adalah nulisbuku.com. dan saya mulai mencari situs nulis buku di google dan membaca-baca persyaratannya. Setelah membaca syarat-syarat Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing, saya mulai berkemas mencari bahan ajar saya dan kemudian saya tulis kembali dengan format yang diberikan oleh penerbit. Saya ingat kata pak onno, bahwa untuk materi sebuah buku seorang dosen sangat banyak yaitu dari slide powerpoint bahan ajarnya. Jika satu pertemuan saja ada 50 slide maka kalikan jika 16 kali tatap muka.

Bagaimana mendaftar untuk Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing di nulisbuku.com?

Sebelum mendaftar, sebaiknya selesaikan materi buku ajarnya. Karena proses untuk mendaftar tidak sulit. Yang sulit untuk menjadi editor dan designer buku kita sendiri. Hehe ketika bahan materi buku siap, selanjutnya kita mendaftar di nulisbuku.com.

  1. Ketik di web browser alamat website : http://nulisbuku.com/
  2. Kemudian Klik menu Register dan Isi Form yang diminta :

    Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing | jejakdosen.com
    Form Registrasi nulisbuku.com (Klik gambar untuk memperbesar)
  3. Setelah Registrasi berhasil, silahkan anda log in dengan mengisi Email dan Password di Login Area : http://nulisbuku.com/users/login
  4. Setelah Login berhasi, Klik menu Upload Now http://nulisbuku.com/projects/upload
  5. Simak dan perhatikan dengan seksama persyaratan yang diminta contohnya minimal jumlah halaman, ukuran kertas dan lain-lain.
  6. Biar lebih mudah disana ada alamat email, anda bisa berkomunikasi langsung sama admin nulisbuku.com jangan khawatir responnya cepat
  7. Karena self publishing, untuk menjual buku tsb, kita dapat menentukan harga sendiri.
  8. Setelah persyaratan Oke, materi buku Oke selanjutnya pihak nulisbuku akan mencetakan 1 eksamplar buku untuk kita review. Kalau sudah oke buku tsb bisa diterbitkan di website nulisbuku.com

Apakah buku yang diterbitkan sudah memiliki International Standart number book (ISBN)?

Belum, tetapi pihak nulisbuku dapat membantu kita untuk mengurus ISBN di Perpustakaan Nasional Indonesia (perpusnas) dengan biaya tambahan.

Apakah Bisa kita mengurus sendiri International Standart number book (ISBN)?

Jawabannya bisa, dengan syarat seperti yang saya kutip di http://isbn.perpusnas.go.id/Home/InfoIsbn salah satu syarat yang agak berat kita harus memiliki bukti legalitas penerbit akta notaris minimal memiliki CV Penerbit. Kalau tidak bisa, nulisbuku bisa memfasilitasi penulis dengan membayar 200 rb. (saya dulu)

Kalau saya minta bantuan nulisbuku untuk menerbitkan ISBN, saya Bisa cek dimana ISBN nya jangan-Jangan ditipu?

Jangan Su Udzon dahulu, kita bisa cek ISBN buku anda di http://isbn.perpusnas.go.id/ akan ada menu pencarian seperti gambar di bawah ini :

Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing | jejakdosen.com
halaman mencari ISBN (Klik gambar untuk memperbesar)

Setelah buku yang ga seberapa saya terbit (hehe), saya mulai tertarik menulis buku yang lebih berkualitas dan rupanya di daerah saya sudah ada penerbit self publishing yang membantu dosen-dosen untuk menerbitkan buku. Seperti yang diketahui Mentri Ristek Dikti mengeluarkan aturan-aturan yang ketat mengenai menulis jurnal dan buku ajar. Akhir kata dengan artikel Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing | jejakdosen.com, dapat menjadi Inspirasi untuk dosen-dosen yunior seperti saya untuk memiliki buku ajar karangan sendiri. Hehe..Jika ada yang mau ditanyakan atau berbagi pengalaman bisa share di kolom komentar ya..

Robby Yuli Endra

Seorang Dosen Biasa, yang lagi belajar blog, nulis-nulis pengalaman sehari-hari sebagai dosen atau sisi lain atau pengalaman lain. berharap artikel yang sederhana bermanfaat untuk pembaca. siap menerima saran dan kritik untuk kemajuan blog ini

One thought on “Menerbitkan buku ajar dengan cara self publishing | jejakdosen.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer | Privacy policy | Term Of Service | Contact admin